Google Drive tentu tidak akan kalah baik dengan layanan penyimpanan cloud yang lain sebagai salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh Google. Hal tersebut telah dibuktikan dengan adanya berbagai fitur keren yang ada di Google Drive tetapi tidak ada di layanan penyimpanan lain. Selain itu, google juga memberikan penyimpanan yang cukup besar, yaitu 15GB untuk setiap akun dan tentunya gratis. Baca selengkapnya yuk tentang Kelebihan dan Kekurangan Google Drive.

Selain itu, dengan disediakannya aplikasi Google Drive versi mobile tentu akan membuat para penggunanya mudah dalam mengakses dan upload file ke Google Drive. Fitur unggulan lain yang diberikan oleh Google adalah telah disediakannya fitur API’s.

Dalam hal layanan, Google Drive mempunyai persamaan dengan layanan penyimpanan Dropbox, yakni adanya layanan berbayar. Perlu Anda ketahui bahwa Google Drive ini tidak selamanya gratis. Apabila telah menghabiskan kapasitas 15GB yang telah diberikan oleh Google maka untuk menambah kapasitas penyimpanan tersebut hingga 100TB, Anda wajib membayar dengan jumlah tertentu.

Kelebihan Google Drive

  • Menggunakan aplikasi Google Drive yang ada di smartphone Android memungkinkan setiap orang untuk mengakses foto, video, dan dokumen lain yang sebelumnya telah disimpan di Google Drive.
  • Dapat menyimpan berbagai macam file yang Anda punya di satu tempat yang tergolong aman serta bisa mengakses file tersebut kapan pun dan di mana pun asalkan terhubung dengan internet.
  • Anda dapat langsung download dan upload file maupun dokumen langsung dengan perangkat PC dan Android.
  • Membuat file dan folder yang tersedia secara offline sehingga dapat mengakses file tersebut bahkan saat tidak terhubung dengan internet
  • Memungkinkan setiap orang untuk membuat dokumen dan dapat mengeditnya.
  • Bisa upload dan mengubah file menjadi format Google Docs.
  • Dapat diakses kapan pun dan dimana pun anda berada.
  • Mendukung bagi pengguna Android v3.0+ (Honeycomb) dan Tablet.
  • Menyimpan setiap file Anda di tempat yang tergolong aman.
  • Dapat melakukan perubahan yang cepat untuk spreadsheet.
  • Lebih dari suatu penyimpanan kolaborasi.
  • Penelusuran yang menarik dan canggih.
  • Membuka dan melihat file dengan apapun.

Kekurangan Google Drive

Kekurangan Google Drive adalah sangat bergantung sekali kepada jaringan atau koneksi internet. Di Indonesia sendiri masih ada beberapa tempat yang akses internetnya tidak lancar bahkan ada yang sampai koneksinya sering hilang. Hal inilah yang membuat orang-orang di pelosok daerah atau pedesaan belum dapat mengoptimalkan layanan Google Drive.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.5 / 5. Jumlah rate 13

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

3 responses to “Kelebihan dan Kekurangan Google Drive”

  1. fikriassidiqq Avatar

    terima kasih informasinya

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment