Apa Itu Backlink? Cari Tau Yuk…

Sharing is caring!

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebuah link yang ditanamkan di berbagai website lain dan mengarahkan ke website Anda atau website lain yang sedang dioptimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk  meningkatkan tingkatan website Anda di mesin pencari dan dapat meningkatkan popularitas website Anda serta menaikkan page rank .

Backlink adalah inbound link yang mana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman atau website. BackLink sangat penting untuk navigasi sebuah website sebelum adanya search engine.

Jumlah backlink merupakan indikator dari popularitas sebuah situs, asal backlink tersebut terkait dengan kontent yang berkualitas, website yang berkualitas, dan bukan berasal dari website spam. Jika Anda ingin membuat website berkualitas, Anda kunjungi saja Jetorbit. Jetorbit menyediakan hosting dengan teknologi SSD dan Webserver Litespeed yang menjamin website Anda lebih cepat diakses, disertai dengan garansi uptime 99,9%, dan cloud backup menjadikan Anda lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas pada website Anda.

Berikut ini merupakan daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink:

  1. Juice Link: saat sebuah halaman web nge-link ke artikel atau beranda situs web Anda atau sering disebut sebagai inbound link. Juice link ini dapat membantu meningkatkan peringkat artikel dan meningkatkan otoritas domain.
  2. Nofollow Link: saat sebuah situs web link ke website lain tetapi link memiliki tag nofollow maka link ini tidak dianggap sebagai juice link. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan. Contoh, link dari komentar di blog lain.
  3. Dofollow Link: secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow dan ini akan lulus juice link.
  4. Linking Root Domain: link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Apabila sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali maka itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
  5. Low-Quality Link: link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs otomatis, situs spam atau situs-situs porno. Link tersebut melakukan jauh lebih berbahaya daripada baiknya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.
  6. Internal Link: link yang pergi dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut link internal dan proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Contohnya adalah saat Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya.
  7. Anchor Text: teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan anchor text bekerja saat Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

Manfaat dari Backlink

Backlink mempunyai manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan page rank dari website tersebut.
  • Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  • Meningkatkan jumlah pengunjung.

Banyak cara untuk mendapatkan backlink, yakni dengan White Hat dan Black Hat. Cara White Hat biasanya seperti BlogWalking, Tukar Link, Comment, dan lain-lain. Cara Black Hat ada Blog Dummy, Pyramid, Link Wheel, dan lain-lain.

Anda dapat menilik lebih jauh terkait SEO dan SEM di link berikut https://www.jetorbit.com/blog/perbedaan-seo-dan-sem/

Apakah Perbedaan dari Backlink (External Link) dengan Internal Link

  1. External link (Backlinks)

Merupakan link atau tautan yang mengarah ke website lain. Faktanya adalah banyak ahli SEO mengatakan bahwa external linking merupakan suatu metode yang sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan ranking power.

External link memiliki “Juice Link” berbeda dari internal link karena mesin pencari,  seperti Google, Yahoo, dan Bing, dan lain-lain menganggap sebagai rekomendasi dari pihak lain untuk mempercayai bahwa link tersebut relevan.

  1. Internal Link

Internal Link adalah hyperlink yang menunjuk pada domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber). Dalam istilah awam, tautan internal adalah tautan yang mengarah ke laman lain di situs web yang sama.

Pada dasarnya internal link juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan selalu menautkan konten yang saling berkaitan ke dalam artikel website atau halaman web. Hal ini dapat membantu mesin pencari dalam menganalisis banyaknya halaman pada situs Anda.

 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

1 thought on “Apa Itu Backlink? Cari Tau Yuk…”

Leave a Comment