windows-defender

Akankah Windows Defender Cukup untuk PC Anda?

Sharing is caring!

Hingga peluncuran Windows 8, pengguna Windows yakin tentang perlunya software antivirus. Mereka jauh lebih percaya diri untuk menangani hal-hal rahasia ketika mereka memasang paket antivirus tepercaya di perangkat. Yuk baca selengkapnya artikel Akankah Windows Defender Cukup untuk PC Anda?

Namun, setelah peluncurannya, dimulailah perselisihan mengenai apakah kita memerlukan software antivirus pihak ketiga untuk PC Windows. Hal itu karena Microsoft telah mengintegrasikan MSE ke dalam Microsoft Windows yang disebut sebagai Windows Defender. Windows Defender ditambahkan sebagai metode bawaan untuk melawan berbagai jenis ancaman online dan offline. Tentu saja, integrasi yang erat ke level OS memiliki signifikansi yang sama.

Bahkan sekarang, orang masih bingung apakah Windows Defender cukup untuk PC mereka.

Bagaimana Windows Defender Bekerja?

Windows Defender terintegrasi erat dengan aspek Keamanan Windows OS. Ini berlaku untuk semua rilisnya dari Windows 8, termasuk Windows 10. Mengingat Anda belum menginstal antivirus pihak ketiga, Anda akan melihat Windows Defender sebagai pelindung antivirus default untuk komputer Anda. Hanya setelah penginstalan seperti itu, itu akan dinonaktifkan.

Windows Defender menikmati banyak keuntungan sebagai solusi keamanan in-built. Bagian antivirus akan memiliki akses ke area komputer Anda yang biasanya tidak dikenal. Jadi, kemungkinan besar, Anda mungkin menemukan beberapa virus tersembunyi di area yang tidak biasa tersebut. Ini juga berjalan lebih cepat sebagai program asli di Windows. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah kenyataan bahwa algoritma Windows Defender harus cukup kuat untuk melakukan itu.

windows-defender-1

Hal kedua yang mengesankan tentang Windows Defender adalah User Interface. Jika dibandingkan dengan rangkaian antivirus lainnya, UI-nya sangat sederhana, tidak banyak tombol atau bagian untuk dijelajahi. Hanya ada beberapa tab dan bagian khusus untuk Settings.

Apakah Windows Defender Melindungi Perangkat Anda?

Pertanyaan ini memiliki jawaban yang berbeda. Hal itu bergantung pada jenis perlindungan yang Anda harapkan. Misalkan, Anda adalah pengguna PC yang menghabiskan sebagian besar waktunya secara offline. Dalam kondisi seperti itu, Anda dihadapkan pada lebih sedikit ancaman. Dalam hal ini, Windows Defender dapat menawarkan Anda suatu perlindungan standar.

Lain halnya jika Anda adalah pengguna PC yang aktif. Anda menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas online dan mencoba bereksperimen dengan hal-hal yang tidak aman, seperti download barang bajakan, software dari sumber yang tidak dikenal.

Kondisi tersebut tentunya keterpaparan Anda terhadap berbagai ancaman menjadi terlalu tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak dapat benar-benar mengandalkan Windows Defender karena alat tersebut tidak memiliki banyak fitur.

Pun ketika Anda membutuhkan browser khusus untuk transaksi keuangan. Windows Defender tidak memiliki yang seperti itu. Satu-satunya hal yang dilakukan adalah memberikan lapisan perlindungan ekstra untuk Microsoft Edge dan Internet Explorer.

Intensitas Perlindungan

Salah satu cara untuk memahami tingkat perlindungan Windows Defender adalah dengan memperhatikan peringkat AV-Test. Menurut hasil, Windows Defender merupakan salah satu pilihan perlindungan terburuk. Windows Defender dapat melawan sebagian besar virus yang biasa terlihat dan malware lain, seperti ransomware. Namun, ketika sampai pada kasus ancaman zero-day, Windows Defender tertinggal dari solusi lain.

Akankah Windows Defender Cukup?

Jawaban sangat bergantung pada penggunaan PC Anda. Beberapa orang yang masih bergantung pada Windows Defender tetapi mereka tidak terlalu menyukai web dan aktivitas online. Namun, orang lain yang terkena ancaman selalu mengandalkan software pihak ketiga.

Apabila Anda menyukai dunia web yang sangat luas, ada baiknya memiliki program antivirus pihak ketiga. Kami merekomendasikan menggunakan premium antivirus suite daripada program antivirus gratis agar penggunaan PC lebih aman ke depannya.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Akankah Windows Defender Cukup untuk PC Anda?
Artikel
Akankah Windows Defender Cukup untuk PC Anda?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Hingga peluncuran Windows 8, pengguna Windows yakin tentang perlunya software antivirus. Yuk baca selengkapnya Akankah Windows Defender Cukup untuk PC Anda?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo