8 Channel YouTube dengan Konten Ramah Anak

Sharing is caring!

Di momen pandemi saat ini, mau tak mau orang tua sedikit melonggarkan penggunaan gadget pada anak. Meski demikian, para orang tua juga harus tetap bijak ya. Jika si anak gemar menonton konten di media sosial YouTube maka orang tua wajib memberikan pengawasan. Oke, yuk baca 8 Channel YouTube dengan Konten Ramah Anak

Pastikan channel YouTube yang ditonton si anak mempunyai konten ramah anak. Nah, selain melakukan setting parental controls pada akun YouTube, para orang tua juga bisa membuat daftar channel YouTube yang cocok ditonton si anak.

8 Rekomendasi Channel YouTube Ramah Anak

Nah, berikut ini ada 5 rekomendasi channel YouTube ramah anak. Tak hanya menghibur tapi juga memiliki unsur edukatif. 

Aqilla’s Diary

Aqilla merupakan salah seorang YouTuber cilik asal Indonesia. Dalam channel YouTubenya, bocah perempuan ini kerap membagikan momen bersama adik dan ibundanya dengan beragam aktivitas.

Saat ini Aqilla telah memiliki lebih dari 3 juta subscriber lho, Guys. Selain bermain, Aqilla dan yang lainnya juga kerap menampilkan cerita lucu yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tontonan ini lebih cocok bagi anak berusia 5 tahun ke atas. Selain karena kegiatan yang ia lakukan memang lebih aktif, pembahasan yang ada di dalamnya pun lebih dipahami dan cocok untuk anak di usia tersebut.

Nussa Official

Channel YouTube ini berisi tontonan kartun anak. Di dalamnya, terdapat tayangan dengan cerita keseharian yang diperankan oleh Nussa bersama adiknya, Rara. Cerita yang diangkat di sini dianggap sebagai konten edukasi, yang mana anak diajarkan mengenal agama Islam yang dirangkum serta disajikan dengan ringan.

Sejak awal, tokoh Nussa dan Rara ini memang berhasil mencuri perhatian. Cerita yang dibawakan oleh Nussa dan Rara juga dianggap sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, anak yang menonton bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Meski begitu, orang tua tetap harus mendampingi anak saat menontonnya, ya. Hal ini berguna agar si anak tak salah persepsi dan dapat diberikan pengertian jika ada hal yang dianggap di luar kemampuan nalarnya.

Lagu Anak Indonesia Balita

Channel YouTube yang ramah anak lainnya, yaitu Lagu Anak Indonesia Balita. Channel yang saat ini memiliki lebih dari 6 juta subscriber ini berisi kumpulan video animasi hewan yang bernyanyi.

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari channel ini lho. Selain membuat anak menjadi lebih aktif mengenal berbagai jenis hewan, channel YouTube ini juga dapat membuat anak memiliki lebih banyak pengetahuan soal lagu.

Dengan karakter animasinya yang lucu, tontonan ini dapat ditonton oleh anak dari usia yang lebih kecil. Tayangan ini juga diisi dengan banyak warna yang kontras. Oleh karena itu, orang tua perlu mengatur jarak pandang anak dengan gadget agar matanya tak terganggu, ya.

National Geographic Kids

Channel YouTube ini memang tidak menggunakan Bahasa Indonesia. Meski begitu, channel ini juga menjadi salah dari saluran YouTube yang terkenal dan sering ditonton oleh anak-anak.

Untuk kalian ketahui nih, ini merupakan channel yang secara khusus dibuat oleh National Geographic. Di dalamnya terdapat banyak video menarik tentang hewan-hewan yang mengagumkan dengan menampilkan wujud asli, bukan animasi.

Selain itu, penyampaian ilmunya yang menyenangkan serta perjalanan yang dilakukan juga penuh warna sehingga anak yang menonton akan terus tertarik dan tidak merasa bosan.

De Edutainment Channel

Channel YouTube ini dikelola oleh seorang wanita yang tak pernah menampilkan sosoknya secara langsung. Ia hanya menampilkan beberapa eksperimen sains ringan.

Seperti halnya Aqilla’s Diary, channel ini juga menjadi tayangan yang lebih cocok bagi anak-anak berusia lebih dewasa. Channel YouTube tersebut saat ini telah memiliki lebih dari 1.000 subscriber, lho. Eksperimen sains yang ia tampilkan tidak berbahaya kok, salah satunya cara membuat perahu yang berjalan dengan tenaga sabun.

Cocomelon

Channel Cocomelon merupakan salah satu channel youtube anak yang berisi video edukasi animasi untuk anak-anak. Channel yang dibuat sejak September 2006 ini memiliki karakter utama yaitu bayi laki-laki yang menggemaskan.

Channel ini direkomendasikan untuk anak-anak usia prasekolah. Salah satu yang tidak asing didengar oleh anak-anak adalah lagunya yang paling terkenal “ABC Song”.

Manfaat yang bisa didapatkan anak-anak dengan menonton video ini adalah anak-anak lebih mudah mengingat huruf, nama anggota tubuh, dan juga mengenai hewan. Orang tua bisa mengajarkan pembelajaran kepada si buah hati dengan menonton video-video pada channel Cocomelon ini bersama-sama.

Lagu-lagu anak klasik, lagu original Cocomelon, dan kompilasi lagu dengan tema hewan laut disajikan dalam animasi 3D. Ada pula lagu anak-anak yang mengenalkan alfabet dan huruf kecil dengan animasi 2D yang tentunya membuat si buah hati semakin semangat untuk belajar.

Make Me Genius

Para orang tua pasti menginginkan anak-anaknya memiliki kemampuan luar biasa dalam berpikir dan mencipta. Nah, tidak ada salahnya orang tua memberikan tontonan pada channel youtube Make Me Genius ini ke anak-anak. Channel yang dikemas dengan Bahasa Inggris ini dapat menjadi sarana untuk si buah hati belajar bahasa asing, lho.

Channel youtube Make Me Genius berisi penjelasan mengenai sains yang dikemas dengan animasi yang menarik dan tentu menyenangkan untuk anak-anak. Melalui channel youtube ini anak-anak dapat belajar memahami kejadian sehari-hari di sekitar mereka seperti, bagaimana lampu bisa menyala, bagaimana tubuh bisa mencerna makanan, musim-musim di dunia, dan lain-lain. Channel yang edukatif, ya.

Channel ini sudah memiliki lebih dari 30 ribu pengikut dengan unggahan lebih dari 300 video. Yuk,ajari anak-anak belajar sains dengan menyenangkan!

Pinkfong

Siapa yang tidak kenal dengan lagu yang berjudul “Baby Shark”? Yups, channel yang terkenal karena lagu itu adalah channel YouTube Pinkfong. Lagu “Baby Shark” yang viral itu tidak hanya disukai anak-anak bahkan orang dewasa juga ikut menyanyikannya karena lagunya yang asyik untuk menari dan bergerak-gerak.

Channel youtube dengan lebih dari 50 juta subscribers ini menampilkan karakter yang menggemaskan dan mengajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar tentang alam, hewan, transportasi, dan sebagainya pada channel ini.

Selain rutin mengunggah konten anak-anak pada channel YouTubenya. Pinkfong juga mempunyai aplikasi khusus untuk anak, mainan, dan juga buku edukasi untuk anak. Yuk, temani tumbuh kembang si buah hati dengan menonton tayangan yang memiliki nilai edukasi!

Nah, jadi itu Guys, 8 rekomendasi channel YouTube yang ramah anak. Kalian bisa merekomendasikan ke ponakan, adik, sepupu, siswa bimbingan belajar, bahkan anak kalian sendiri jika memang sudah memiliki momongan 🙂



Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Channel YouTube dengan Konten Ramah Anak
Artikel
8 Channel YouTube dengan Konten Ramah Anak
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Jika si anak gemar menonton konten di YouTube maka orang tua wajib mengawasi. Oke, yuk baca 8 Channel YouTube dengan Konten Ramah Anak
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment