5 Cara Membangun Brand Awareness

Sharing is caring!

Awareness adalah upaya membuat para calon konsumen mengingat sebuah brand. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan brand baru adalah meningkatkan brand awareness. Setelah brand dikenal maka akan timbul interest dari calon konsumen untuk mencari tahu lebih dalam terkait produk brand tersebut. Kali ini Jetorbit akan membahas mengenai Cara Membangun Brand Awareness. Simak sampai selesai ya…

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk nama, gambar, logo, dan slogan-slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Setelah orang interest maka tahap selanjutnya adalah desire yang berarti si calon konsumen mulai tertarik untuk membeli. Terakhir adalah action yang artinya si calon konsumen membeli produk dari brand yang bersangkutan.

Ada 4 proses yang membuat produk menjadi laku dan laris di pasaran. Hal ini memang terkenal bagi para marketer, yaitu:

  1. Awarness = kesadaran, kenal atau terbiasa dengan sebuah nama merek.
  2. Intererst = merasa tertarik.
  3. Desire = keinginan untuk mencoba membeli produk atau jasa.
  4. Action = tindakan langsung membeli. 

Cara Membangun Brand Awareness Bisnis Anda

  1. Pemasaran Konten

Melakukan promosi melalui konten marketing sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun sampai saat ini masih banyak bisnis yang belum memanfaatkan konten marketing sebagai alat utama untuk mempromosikan brand. Padahal konten marketing memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan traffic sebuah website, menghasilkan lebih banyak prospek, dan sebagainya.

Jika Anda ingin membangun sebuah brand awareness maka membuat konten yang berkualitas secara teratur bisa menjadi trik yang sangat berpengaruh untuk perkembangan brand Anda. Memiliki website yang responsif dan menarik juga dapat membuat para pelanggan tertarik untuk membacanya.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Menemukan waktu yang tepat untuk membagikan tulisan dan promosi tentang bisnis Anda di media sosial bisa menjadi seuatu tantangan tersendiri, tetapi jika Anda melakukannya, Anda harus benar benar secara aktif berkomitmen untuk memposting dan berinteraksi dengan audien secara berkala. Dengan memposting konten yang relevan dan on-topic maka Anda akan mengumpulkan banyak audiens yang dapat menjadi prospek bagi bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk merespon para audiens Anda yang berguna untuk menambah pengikut (follower) di sosial media Anda. Ini berarti Anda harus menanggapi komentar di halaman media sosial Anda pada waktu yang tepat dan melibatkan mereka dalam percakapan.

  1. Melalui Event

Mengadakan sebuah event merupakan cara bagus untuk mendapatkan perhatian dari para klien. Hal ini bisa menjadi sebuah ajang promosi untuk pengembangan bisnis, seperti peluncuran produk atau promosi produk baru. Bahkan bisa mengadakan sebuah workshop untuk berbagi keahlian profesional Anda bagi para pengunjung event tersebut.

  1. Melalui Video

Pemasaran melalui video terus meningkat popularitasnya. Hal ini berarti jika Anda memiliki konten video yang berkualitas tentang brand Anda, ada kemungkinan Anda  akan memiliki banyak audiens yang ingin menonton dan meningkatkan follower serta jumlah like pada page media sosial Anda.

  1. Merchandise

Memberikan merchandise adalah salah satu cara untuk berterima kasih kepada para pelanggan atas kontribusi mereka pada bisnis Anda. Selain itu, hal tersebut juga cara untuk memperkuat brand awareness.

Sesuatu yang tidak biasa, dapat membuat senang si penerima dan dapat menyebabkan mereka mengekpos terkait merchandise tersebut di media sosial sehingga brand awareness bisnis Anda akan meningkat.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Sumber

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Cara Membangun Brand Awareness
Artikel
5 Cara Membangun Brand Awareness
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pernah tahu tentang Brand Awareness? Kali ini Jetorbit akan membahas mengenai Cara Membangun Brand Awareness. Simak sampai selesai ya...
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment