Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu

Sharing is caring!

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd, yakni perusahaan milik Mark Shuttleworth. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah dipakai secara luas. Jetorbit akan sedikit mengulas mengenai Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu.

Ubuntu berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia.” Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Mengapa Ubuntu?

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux dan tersedia secara bebas.

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu, yaitu:

  • Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya.
  • Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik.
  • Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik. Bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kelebihan Ubuntu

  1. Open source

Artinya adalah bebas digunakan tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi. Dengan memakai Ubuntu, nanti akan terbiasa dengan lingkungan Linux dan command-command yang sering digunakan pada berbagai keperluan, seperti untuk mengelola server sendiri. Hal ini dikarenakan Ubuntu juga salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan untuk server.

  1. Minim Terkena Virus

Linux khususnya Ubuntu juga tidak menutup kemungkinan bisa terkena virus juga namun angkanya sangatlah kecil dan jarang sekali terjadi.

  1. Aplikasi Bawaan Cukup Lengkap

Pada Ubuntu ada banyak sekali aplikasi yang bisa langsung digunakan bahkan sudah standar office. Ubuntu sudah tersedia office bawaan, yaitu LibreOffice. Mengenai lisensinya, it’s free. Ubuntu fresh install juga sudah terinstall browser, yaitu Mozilla Firefox.

Bahkan untuk hiburan sudah terdapat game bawaan, yaitu AisleRiot Solitaire. Anda dapat memanage email karena sudah ada ThunderBird Mail.

  1. Boot Time dan Shutdown Time Relatif Lebih Cepat

Ketika pertama kali boot, Ubuntu relatif lebih cepat. Apalagi dengan shutdown time-nya.

  1. Security

Ubuntu relatif “lebih” dalam hal security atau kemananan. Hal tersebut terbukti dari sangat minimnya angka infeksi virus dalam Ubuntu. Walaupun virus yang diciptakan untuk Linux itu mungkin saja ada namun kemungkinannya kecil.

Kekurangan Ubuntu

  1. Belum User Friendly

Ubuntu akan menjadi sesuatu yang kurang familiar, terutama bagi pengguna Windows. Hal ini dikarenakan UI-nya sangat berbeda jika dibandingkan dengan Windows.

  1. Aplikasi Masih Sedikit

Aplikasi yang tersedia memang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi Windows atau Mac. Namun hal ini bergantung dari penggunanya itu sendiri mengingat kebutuhan dari setiap orang berbeda.

  1. Minimnya Ketersediaan Game

Hal ini pun kembali lagi ke penggunanya karena memang Ubuntu tidak dirancang untuk “gaming.

  1. Koneksi Internet

Untuk update dan install Ubuntu membutuhkan koneksi internet sedangkan di Indonesia internet terbilang mahal.

  1. Terbatasnya Pengetahuan tentang Linux Baik dari Formal atau Nonformal

Hal ini dikarenakan Indonesia kurikulum pendidikan masih lebih banyak OS dari MS. Apabila ingin mengetahui apa itu Linux, biasanya belajar dari internet atau forum.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Sumber

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu
Artikel
Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Jetorbit akan sedikit mengulas mengenai Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu. Ketahui lebih lanjut yuk ke Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment