7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda

Sharing is caring!

Anda adalah orang yang memiliki bisnis dan memanfaatkan website untuk mengembangkan bisnis Anda? Atau Anda baru akan memulai membuat website demi melebarkan sayap ke kancah bisnis internasional? Perlu Anda ketahui bahwa kinerja website juga sangat berpengaruh pada bisnis Anda. Oleh karena itu, kali ini Jetorbit akan sedikit mengulas terkait 7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda. Simak yuk sampai selesai.

7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda

  1. Pengguna Online Memiliki Rentang Perhatian yang Pendek

Mitos di dunia marketing digital bahwa rentang perhatian (attention span) manusia telah menurun. Masyarakat modern dikelilingi berbagai gadget dan setiap gadget memiliki begitu banyak konten. Semua konten bersaing berebut perhatian dari pengguna sementara waktu yang dimiliki pengguna sangat terbatas.

Akibatnya, para kreator konten berlomba-lomba menarik perhatian pengguna secepat mungkin.

Masyarakat sebenarnya masih mampu memberi perhatian pada konten hanya saja cenderung ke sikap lebih memilih

Ketika internet dan smartphone belum menjamur, kita hanya bisa mengkonsumsi konten di media televisi dan terpaksa menikmati konten apapun yang ada meski sebenarnya tidak berminat.

Setelah ada YouTube, Twitch atau Netflix, kita bisa menentukan sendiri apa yang kita tonton dan mengabaikan semua konten yang tidak kita minati.

Dulu penikmat musik terbatas dengan saluran radio atau kaset. Sekarang semua bisa diakses melalui Spotify dan Apple Music.

Tingkat perhatian dipengaruhi niat konsumen

Tingkat perhatian konsumen saat berada di depan layar bisa berbeda-beda. Berdasarkan riset Google dan Ipsos, ini dipengaruhi oleh niat, atau “mode” yang aktif saat kita mengonsumsi konten. Mode ini terbagi menjadi dua, yaitu lean-forward dan lean-back.

Lean-forward adalah mode konsumsi konten secara serius sehingga tubuh kita condong ke arah layar. Mode ini terjadi ketika kita:

  • Mempelajari cara melakukan sesuatu
  • Mencari informasi
  • Melakukan riset sebelum pembelian
  • Mencari ide

Lean-back adalah mode konsumsi yang lebih ringan sehingga kita melihat layar sambil bersandar. Mode ini terjadi saat sedang:

  • Mengonsumsi hiburan
  • Bersantai-santai
  • Menghabiskan waktu

Masyarakat cenderung lebih sering lean-forward saat menonton video online dan cenderung lean-back saat menonton televisi. Mereka juga cenderung lebih fokus ketika dalam mode lean-forwardArtinya mode lean-forward harus kita incar sebagai tempat menarik perhatian konsumen dalam strategi marketing.

Kita harus beradaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen. Jangan terkungkung oleh mitos tentang turunnya attention span. Ciptakan konten yang relevan di tempat yang tepat maka konsumen akan dengan senang hati memberi perhatian padamu.

  1. Situs Web Berkinerja Buruk Dapat Mempengaruhi Posisi Organik Anda

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah website memiliki banyak sumber yang dapat mendatangkan pengunjung untuk website mereka. Salah satu yang paling banyak mendatangkan pengunjung adalah pencarian secara organis melalui Google.

Namun menjadi yang tertinggi dalam pencarian Google bukanlah hal mudah. Statistik mengatakan bahwa 83% dari pencarian organik menempati urutan ke 4 dalam halaman pertama dalam satu kategori di search engine. Itu sebabnya untuk mencapai urutan pertama di halaman pertama Google pastinya membutuhkan upaya yang cukup besar.

Google selalu memperbarui algoritma ketika ada perubahan atau perkembangan di berbagai bidangnya. Ini jugalah yang membuat konten kita harus mampu beradaptasi sesuai dengan algoritma terbaru Google.

Bisa menerapkan hal-hal berikut dalam membuat konten yang ramah di Google:

  • Memastikan bahwa sudah menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang
  • Membuat sebuah konten yang tahan lama
  • Menggunakan gambar
  • Optimalkan konten dengan sebuah landing page
  • Memperbaiki meta description
  1. Situs Web yang Lambat Dapat Membunuh Konversi

Banyak “A/B testing” yang telah dilakukan oleh para ahli tingkat konversi menunjukan korelasi yang positif antara website yang lambat dengan tingkat konversi yang rendah.

Satu statistik yang yang kini terkenal menyatakan bahwa penundaan 1 detik dapat menyebabkan berkurangnya 7% konversi.

Saya tahu, marketing online saat ini sulit dan mahal dan terkadang tingkat keberhasilannya tidak lebih dari 5%. 5% tersebut hanya orang-orang yang berhasil Anda yakinkan untuk melihat website Anda, belum tentu membeli produk Anda.

  1. Anda Berpotensi Memiliki Pemirsa Global

Untuk dapat establish dalam persaingan pasar, produk perlu dibuat dengan kemasan yang bagus dan layanan support yang fantastis. Sebuah kekurangan adalah salah satu hal yang dapat membuat bisnis Anda rapuh.

Website Anda adalah nilai wajah Anda maka pertimbangkan untuk dapat menjaga website Anda aktif setiap saat dengan performance yang optimal. Hal ini dikarenakan dinamika pasar tidak memungkinkan Anda untuk hanya sekedar menjadi bagus.

Bisnis yang sukses memprioritaskan kecepatan website dan pentingnya kebersamaan dengan fungsi lainnya.

  1. Situs Web yang Berkinerja Buruk Dapat Berakibat Buruk Terkait Word of Mouth

Di ranah digital sudah ada software yang dapat memantau segala macam WOM yang berseliweran mengenai merek Anda.

WOM bisa memberikan input yang cukup berharga bagi suatu merek karena sering kali WOM adalah opini yang paling jujur dan apa adanya dari konsumen.

Promosi WOM yang berasal dari orang lain yang dipercaya oleh seorang pelanggan dapat menjadi berkah tersendiri bagi para marketer. Hampir setiap organisasi mengetahui benar value dan dampak yang dapat ditimbulkan promosi dari pihak lain yang sudah sangat dipercaya oleh pelanggan, termasuk konten yang terdapat di website.

Pasar zaman sekarang sudah banyak terfragmentasi. Hal ini membuat para pembeli dan pembuat keputusan tidak bisa menjatuhkan pilihan mereka hanya dengan melihat iklan atau advertising yang diluncurkan secara massal bahkan di website sekalipun. Mereka sering kali tidak percaya lagi pada promosi massal yang memenuhi media. Ini berarti cara lain harus ditempuh agar perhatian dan hati mereka bisa dimenangkan.

  1. Bounce Rate Anda Dapat Meningkat

Load time website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan tersebut, seperti elemen-elemen CSS, elemen-elemen HTML, elemen-elemen javascript, kecepatan akses internet, image, dan lain-lain.

Load time website sangat penting karena bisa mempengaruhi “kepuasan” pengunjung. Jika website kita gagal ditampilkan dalam beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website.

Sebuah penelitian online menyebutkan bahwa 75 % pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog atau situs yang load time-nya lebih dari empat detik. Penyebab utama lamanya website ditampilkan adalah besarnya gambar atau animasi yang dimilikinya.

Apabila wesite Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website Anda.

Berkaitan dengan hal ini adalah pemilihan Hosting dan Domain. Pemilihan jenis dan letak hosting yang telah teruji handal. Pemilihan hosting sangat menentukan kestabilan sebuah website. Pertimbangan biaya juga patut diperhatikan bagi kalangan menengah ke bawah. Nama domain diusahakan singkat dan mudah diingat.

  1. Raw Traffic Tidak Sama dengan Konversi

Kalau kita mempromosikan website kita ke tempat yang salah, walaupun banyak pengunjungnya namun konversinya akan rendah. Misalkan website kita berjualan produk aksesoris laptop namun dipromosikan ke komunitas hijaber. Kurang nyambung kan?

Konversi Web adalah Presentase kunjungan website yang mengikuti seluruh aktivitas website Anda. Sedangkan Conversion Rate adalah prosentase kunjungan yang mengikuti ataupun melakukan apa yang ada pada website Anda.

Anda pasti mengerti akan “Subscribe” yang mana pengunjung mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan informasi dari email yang di dapat dari website Anda.

Semakin banyak pengunjung maka semakin besar kesempatan untuk mendatangkan pengunjung website Anda. Oleh karena itu, banyak web yang menggunakan fasilitas Subscribe untuk meningkatkan Konversi web mereka demi menunjang traffic websitenya.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Sumber

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda
Artikel
7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kali ini Jetorbit akan sedikit mengulas terkait 7 Alasan Kinerja Situs Web Penting Bagi Bisnis Anda. Simak yuk sampai selesai.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment