upgrade-ram

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade RAM

Sharing is caring!

Menambahkan lebih banyak memori adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja desktop atau laptop Anda. Yuk baca 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade RAM

Upgrade RAM bukan keputusan langsung karena bergantung pada sejumlah faktor upgrade  limit. Dalam artikel ini, Anda dapat memeriksa setiap faktor dengan benar sehingga bisa mempersempit pilihan Anda.

Ketahui RAM Anda dan Kapasitas Maksimalnya

Sebelum melakukan upgrade, dapatkan pengetahuan yang tepat tentang RAM komputer Anda dan batas maksimal RAM yang dapat didukung. Artikel ini juga membantu Anda menentukan kecepatan processor clock Anda dan apakah laptop memiliki DDR3 atau DDR4 RAM karena kedua nilai tersebut dapat mengatur keputusan pembelian Anda.

Faktor-faktor yang Mengatur Batas Upgrade RAM

Setiap chipset komputer memiliki limit terkait RAM yang dapat didukung. Jumlah akhir RAM yang dapat Anda upgrade bergantung pada faktor-faktor berikut.

  • Jumlah memory slot

Ketahui apakah motherboard Anda memiliki dua, tiga atau empat memory slot. Untuk mengurangi stres pada komputer, sebaiknya membagi RAM Anda menjadi banyak slot. Prosesor harus dapat mengakses semua slot yang tersedia secara bersamaan. Oleh karena itu, untuk motherboard dua-slot, RAM 2 × 8 GB selalu lebih unggul dibanding RAM 1 × 16 GB.

upgrade-ram-1
  • Sistem operasi

Sistem operasi Anda memberikan indikasi RAM yang dapat diupgrade secara maksimal. Misalnya, Windows 10 Professional dapat mendukung hingga 2 TB dibandingkan dengan 128 GB untuk Windows 10 Home. Namun, batasan sistem operasi ini sebatas hanya teoretis. Pada akhirnya, semua bermuara pada seberapa banyak prosesor dan memory slot Anda dapat mengakomodasi. Nilai RAM aktual akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan limit sistem operasi Anda.

  • Kecepatan clock

Jika Anda menambahkan lebih banyak RAM ke mesin Anda, pastikan RAM yang baru saja Anda tambahkan berjalan pada kecepatan clock yang sama dengan RAM yang ada.

Jika Anda mengganti RAM yang ada dengan satu set RAM baru, pastikan RAM yang Anda upgrade sesuai dengan kecepatan clock prosesor Anda. Ketika mereka tidak sama, prosesor harus menunggu sampai RAM memasok instruksi, menghabiskan waktu komputasi yang berharga.

Ada yang mengatakan bahwa beberapa jumlah overclocking diizinkan dalam batas-batas tertentu. Jika prosesor berjalan pada kecepatan clock 2666 MHz untuk DDR4 maka Anda dapat dengan mudah menemukan 2666 MHz DDR4 RAM online.

Namun satu hal ini bukan aturan yang sulit. Jika kecepatan clock RAM Anda tidak sesuai dengan kecepatan clock prosesor Anda, tidak perlu risau. Hal tersebut tidak akan banyak mempengaruhi kinerja komputer Anda.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade RAM
Artikel
3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade RAM
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Menambahkan lebih banyak memori adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja desktop atau laptop. Yuk baca 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade RAM
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo