Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

Cara Optimasi Database Wordpress Via Plugin

Setiap Web Developer mengetahui pentingnya menjaga web berjalan cepat dan efisien. web dengan traffic media yang padat atau tinggi dapat berjalan lambat jika database backend tidak dioptimalkan, dan akan mengarah pada pengalaman pengguna yang buruk.

Database WordPress menyimpan semua yang Anda miliki di situs web. Konten ini mencakup semua page, postingan, blog, item portofolio, form, tautan, komentar, dan jenis postingan lainnya.

Seiring pertumbuhan web, Anda menambahkan konten baru, database akan bertambah besar dengan berbagai pengaturan dan opsi dari plugin, tema, dan konten. jadi jika Anda tidak mengoptimalkan database, maka web akan turun untuk performa nya.

Pada panduan kali ini kami akan membahas Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

Kenapa Database harus di Optimasi ?

WordPress menyimpan semua data dan konten dari situs web. Ini berarti setiap konten, postingan, komentar, atau halaman yang Anda buat langsung masuk ke sistem database. Seiring berjalannya waktu, database kemungkinan akan bertambah saat Anda memperbarui dan menambahkannya. Semakin besar database, semakin lama waktu yang dibutuhkan server untuk mencari dan mengambil informasi dari tabel database.

Optimasi database dapat meningkatkan kinerja web dan mengurangi beban server. Dengan menghapus informasi lama dan tidak perlu dari web Anda, Penting untuk memastikan database telah di optimasi secara teratur untuk memastikan kinerja web yang konsisten.

Search engine juga akan menilai web dengan buruk jika database WordPress tidak dioptimasi dengan benar. search engine sangat mementingkan kecepatan web. Optimasi database WordPress yang buruk dapat menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk dan memperlambat traffic server. dengan optimasi database, akan menghapus data yang tidak perlu, mengurangi ukuran database, dan memungkinkannya beroperasi lebih cepat.

Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

Ada banyak plugin yang dapat di gunakan untuk Optimasi database WordPress. plugin ini membuat dan menjaga situs up-to-date, cepat, mudah dan responsif.

di Panduan ini kami akan membahas plugin WP-Optimize, WP-Sweep, WP Rocket serta masuk ke WP-Optimize secara detail.

Cara Optimasi Database WordPress Dengan Plugin WP-Optimize

WP-Optimize adalah salah satu plugin optimasi database paling populer untuk WordPress. dia memiliki lebih dari 900.000 instalasi aktif. Plugin ini sangat mudah digunakan dan memiliki fitur pengaturan satu tombol. Cukup klik Run Optimization di samping task pembersihan yang ingin Anda lakukan.

Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

Anda dapat menggunakan WP-Optimize untuk membersihkan post revision, draft lama, komentar yang tidak disetujui, spam, atau sampah dan pingback. Ini juga akan menampilkan rincian tabel database, termasuk ukuran data, ukuran indeks, dan overhead untuk masing-masing tabel database.

Cara Optimasi Database WordPress Dengan Plugin WP-SWEEP

WP-Sweep juga merupakan plugin keren lainnya dengan banyak isntalasi. Saat ini memiliki lebih dari 100.000 instalasi aktif. Setelah Anda menginstal plugin, buka Tools > Sweep dan Anda akan masuk ke pengaturan plugin.

Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

WP-Sweep menggunakan fungsi hapus WordPress untuk membersihkan database. Ini memastikan tidak ada data tambahan yang tersisa di database. Namun, Anda tidak dapat mengotomatiskan pengoptimalan database dengan WP-Sweep.

Cara Optimasi Database WordPress Dengan Plugin WP-Rocket

WP Rocket juga memiliki Interface intuitif pengguna yang bagus dan pengaturan yang cepat. Ini dibagi menjadi beberapa bagian untuk postingan, komentar, transien, dan pembersihan database.

Anda juga dapat mengatur pembersihan terjadwal agar berjalan secara otomatis setiap hari, minggu, atau bulan. Untuk melakukan pembersihan secara manual, pilih tugas yang ingin Anda jalankan dan tekan Save and Optimize dan WP Rocket akan mulai mengoptimasi database Anda.

Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin

Menurut kami, WP rocket adalah plugin terbaik untuk melakukan optimasi pada database, selain itu juga WP rocket memiliki konfigurasi untuk mempercepat akses website anda.

Jika anda berminat memiliki plugin ini, anda bisa langsung memesan melalui tautan berikut : https://client.jetorbit.com/cart.php?gid=26

Kesimpulan

Dengan mengoptimasi database pada wordpress, anda akan mendapatkan banyak peluang untuk bersaing di search engine.

Jadi pastikan selalu mengoptimasi database anda dan jangan biarkan banyak spam menumpuk pada database.

Demikian panduan terkait Cara Optimasi Database WordPress Via Plugin, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.