Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

Salah Satu Masalah paling Umum Ketika menggunakan cloudflare adalah adanya error 520: web server returns an unknown error.

Masalah error ini bisa di sebabkan oleh PC error, freeze & kemungkinan terinfeksi virus. error 520 ini juga menunjukkan masalah dengan server asal website anda berada.

Errornya akan tampil seperti di bawah ini :

Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

Ada beberapa Cara Untuk mengatasi Masalah Tersebut, Berikut akan kami Bahas Panduan Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error.

Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

Ada beberapa Cara Untuk mengatasi Error 520 ini, berikut diantaranya :

1. Disable CLoudflare

Sebelum memulai pemecahan error yang lain, Anda harus menonaktifkan Cloudflare. Ini membantu mengisolasi masalah dengan memastikan masalah dapat direplikasi tanpa Cloudflare menjadi faktor penyebab masalah tersebut.

Untuk Disabled CLoudflare anda bisa langsung menonaktifkan fitur CDN yang ada pada cloudflare, berikut untuk artikel panduan nya :

2. Aktifkan Development Mode

Jika Anda tidak ingin menjeda atau menonaktifkan Cloudflare, Anda dapat tetap menjalankannya, tetapi letakkan dalam mode Development sehingga Anda masih dapat mnyelesaikan error 520.

Login ke cloudflare dan pilih domain yang terdapat masalah 520, kemudian pilih Fitur Caching > Configuration.

Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

Sekarang anda pastikan bahwa Development Mode telah Pada Posisi ON

Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

3. Cek Error Log Pada Hosting anda

Sekarang setelah menonaktifkan, atau memasukkan Cloudflare ke mode development, Anda dapat memecahkan masalah error 520 dengan memeriksa log error di sisi server.

Menemukan log error dapat bervariasi antar host, jadi Anda Bisa memastikan pada penyedia host Untuk langkah-langkah Mengakses Error log nya.

Jika anda menggunakan Hosting dengan COntrol Panel CPANEL, maka cukup login ke dalam cpanel tersebut dan gunakan fitur ERROR Untuk melihat log Error yang terjadi.

Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error

4. Pastikan Konfigurasi DNS pada Cloudflare benar

DNS Record memainkan peran integral dalam berfungsinya situs web secara efektif.

DNS Record yang salah dapat menyebabkan respons kosong atau tidak terduga dari server web asal. Akses editor zona DNS domain Anda untuk menemukan alamat IP domain. Kemudian, masuk ke dasbor Cloudflare untuk memeriksa kembali apakah DNS Record sudah diatur dengan benar.

Hal ini sangat penting untuk di pastikan, karena salah satu angka saja, maka cloudflare tidak akan mengarahkan Web ke Server hosting yang anda gunakan.

5. Pastikan Server Hosting Dalam Keadaan Baik

Jika anda telah mengikuti langkah-langkah di atas namun masalah tetap berlanjut, maka bisa di pastikan bahwa masalah error 520 bisa berasal dari server hosting yang anda gunakan.

Silahkan pastikan bahwa server hosting yang di gunakan dalam keadaan UP tidak down.

Untuk memastikannya anda dapat menghubungi penyedia hosting tersebut, namun jika anda menggunakan jetorbit maka bisa langsung menuju ke halaman uptime di https://uptime.jetorbit.com/ dan memantau apakah server yang anda gunakan dalam keadaan UP atau down.

Kesimpulan

Error 520 terjadi karena terjadinya miss konfigurasi antara cloudflare dan juga server hosting yang anda gunakan, Maka anda cukup mengikuti langkah-langkah di atas untuk menyelesaikan nya.

Demikian panduan terkait Cara Mengatasi Error 520: web server returns an unknown error, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.