Pengertian DNS over TLS dan DNS over HTTPS Serta Cara Pakainya

pengertian dns over tls dan dns over https

Saat ini banyak beredar Penyedia layanan-layanan DNS yang bersebaran di Internet, mulai dari yang gratis, hingga berbayar.

Dan Dari sekian banyak nya DNS, terdapat dua jenis DNS, yakni DNS over TLS dan DNS over HTTPS.

Lalu apa sih DNS dan perbedaan dari dua DNS over TLS dan DNS over HTTPS?

Berikut adalah artikel yang akan membahas Pengertian DNS over TLS dan DNS over HTTPS Serta Cara Pakainya.

Pengertian DNS

Domain Name System (DNS) adalah buku telepon Internet. Manusia mengakses informasi secara online melalui nama domain, contohnya jetorbit.com atau bagipakai.com. Web browser berinteraksi melalui alamat Internet Protocol (IP). DNS menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga browser dapat memuat resource Internet.

Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP unik yang digunakan mesin lain untuk menemukan perangkat. Server DNS menghilangkan kebutuhan manusia untuk mengingat alamat IP seperti 192.168.1.1 (dalam IPv4), atau alamat IP alfanumerik baru yang lebih kompleks seperti 2400:cb00:2048:1::c629:d7a2 (dalam IPv6).

Pengertian DNS over TLS dan DNS over HTTPS Serta Cara Pakainya

Cara Kerja DNS

Proses resolusi DNS melibatkan konversi nama host (seperti www.example.com) menjadi alamat IP yang ramah komputer (seperti 192.168.1.1). Alamat IP diberikan ke setiap perangkat di Internet, dan alamat itu diperlukan untuk menemukan perangkat Internet yang sesuai, seperti alamat jalan yang digunakan untuk menemukan rumah tertentu. Saat pengguna ingin memuat halaman web, terjemahan harus terjadi antara apa yang diketik pengguna ke browser web mereka (example.com) dan alamat yang diperlukan untuk menemukan halaman web example.com.

Untuk memahami proses di balik resolusi DNS, penting untuk mempelajari tentang berbagai komponen perangkat keras yang harus dilewati kueri DNS. Untuk browser web, pencarian DNS terjadi “di belakang layar” dan tidak memerlukan interaksi dari komputer pengguna selain dari permintaan awal.

Apa itu DNS over TLS?

DNS over TLS, atau DoT, adalah standar untuk mengenkripsi kueri DNS agar tetap aman dan pribadi. DoT menggunakan protokol keamanan yang sama, TLS, yang digunakan situs web HTTPS untuk mengenkripsi dan mengotentikasi komunikasi. (TLS juga dikenal sebagai “SSL.”) DoT menambahkan enkripsi TLS di atas user datagram protocol (UDP), yang digunakan untuk kueri DNS. Selain itu, ini memastikan bahwa permintaan dan respons DNS tidak dirusak atau dipalsukan melalui serangan path.

Apa itu DNS over HTTPS ?

DNS over HTTPS, atau DoH, adalah alternatif untuk DoT. Dengan DoH, kueri dan respons DNS dienkripsi, tetapi dikirim melalui protokol HTTP atau HTTP/2, bukan langsung melalui UDP. Seperti DoT, DoH memastikan bahwa penyerang tidak dapat memalsukan atau mengubah traffic DNS. traffic DoH terlihat seperti traffic HTTPS lainnya.

Pada Februari 2020, browser Mozilla Firefox mulai mengaktifkan DoH untuk pengguna AS secara default. Kueri DNS dari browser Firefox dienkripsi oleh DoH dan pergi ke Cloudflare atau NextDNS. Beberapa browser lain juga mendukung DoH, meskipun tidak diaktifkan secara default.

Mana yang Terbaik, DoT atau DoH?

Dari sudut pandang keamanan jaringan, DoT bisa dibilang lebih baik. Ini memberi administrator jaringan kemampuan untuk memantau dan memblokir kueri DNS, yang penting untuk mengidentifikasi dan menghentikan traffic berbahaya. Kueri DoH, sementara itu, disembunyikan dalam lalu lintas HTTPS biasa, yang berarti mereka tidak dapat dengan mudah diblokir. tanpa memblokir semua traffic HTTPS lainnya juga.

Namun, dari perspektif privasi, DoH bisa dibilang lebih disukai. Dengan DoH, kueri DNS disembunyikan di dalam aliran lalu lintas HTTPS yang lebih besar. Ini memberi administrator jaringan lebih sedikit visibilitas tetapi memberi pengguna lebih banyak privasi.

Cara Menggunakan DNS over TLS dan DNS over HTTPS

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menggunakan DNS over TLS dan DNS over HTTPS. disini terdapat dua provider lokal buatan indonesia yang menyediakan DNS over TLS dan DNS over HTTPS yakni https://puredns.org/ dan https://doh.tiar.app/

Cara Menggunakan DNS over TLS

Untuk menggunakan DNS Over TLS Anda bisa mengikuti Guide panduan yang telah di sediakan oleh dua penyedia DNS Tersebut.

Berikut Link keduanya :

Cara Menggunakan DNS over HTTPS

Untuk menggunakan DNS Over HTTPS Anda bisa mengikuti Guide panduan yang telah di sediakan oleh dua penyedia DNS Tersebut.

Berikut Link keduanya :

Kesimpulan

DNS sangatlah berpengaruh terhadap selancar anda di internet, dengan protocol DNS yang berbeda-beda maka banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, sebagai contohnya membuka situs-situs yang telah di blokir oleh ISP.

Demikian artikel terkait Pengertian DNS over TLS dan DNS over HTTPS Serta Cara Pakainya, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.