Cara Setting SSL di Cloudflare

Mengenal SSL

apa itu SSL ? SSL atau Secure Socket Layer adalah komponen yang wajib dalam sebuah website dimana komponen ini memiliki peran yang penting.

Salah satu peran utama dari SSL  adalah memberikan protokol HTTPS pada website, hal ini membuat website yang kita miliki Secured saat diakses.

Selain itu fungsi SSL juga membuat website kita lebih cepat diakses dan membuat nilai SEO suatu website menjadi lebih baik.

Namun perlu anda ketahui bahwa SSl juga ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

sebagi contoh kita sering mendengar SSl dari Cloudflare, SSL ini dapat kita dapatkan dan gunakan secara gratis tanpa membayar.

Keunggulan SSL dari cloudflare

Berdasarkan pengalaman pribadi saat saya menggunakan SSL dari cloudflare terdapat banyak benefit atau keuntungan yang bisa saya dapatkan.

Yang pertama adalah layanan nya yang gratis kita nikmati tanpa biaya sedikit pun, walaupun beberapa fitur memang di haruskan membayar tapi kurang lebih untuk layanan SSl nya sudah bisa kita nikmati tanpa membayar.

Yang kedua kita dapat memilih suatu saat ingin di pakai atau tidak untuk layanan SSl dari cloudflare.

Cara Setting SSL di Cloudflare

sebelum kita memulai panduan Setting SSl dari cloudflare terlebih dahulu anda harus mendaftarkan domain anda pada layanan cloudflare.

Jika anda belum mendaftarkan domain anda pada cloudflare, anda dapat mengikuti panduan berikut :

Cara Setting Cloudflare di Cpanel

Jika sudah mari kita lanjut.

1. Login ke Dashboard Cloudflare.

Yang pertama anda dapat login ke dashboard cloudflare terlebih dahulu, anda dapat menggunakan tautan berikut Untuk login Dash.cloudflare.com. masukan email dan password anda kemudian login.

2. Pilih Domain Yang Akan Di Manage.

Jika anda memiliki banyak nama domain dalam satu akun cloudflare maka anda Dapat memilih salah satu yang akan Di tambahkan dan Diubah DNS nya ( menu ini tidak ada Jika anda hanya memiliki satu domain jadi langsung ke Langkah no. 3).

3. Pilih fitur SSL/TLS

Berikutnya akan terdapat fitur-fitur dari cloudflare, Disini anda akan mengelola DNS jadi silahkan anda pilih Fitur “SSl/TLS”.

4. Setting SSL Cloudflare

kemudian akan terdapat 4 pilihan Mode SSL seperti pada gambar berikut :

Berikut penjelasan dari setiap pilihan mode SSL :

  • OFF

Jika Menonaktifkan koneksi HTTPS antara Cloudflare dan penyedia Server. Pengunjung hanya dapat melihat website Anda melalui HTTP. Setiap koneksi yang dicoba melalui HTTPS akan menghasilkan HTTP 301 redirect ke HTTP yang tidak terenkripsi.

  • Flexible SSL

Pada Flexible SSL ini menggunakan SSL dari Cloudflare dan juga dari layanan serverdari website kita, dengan konfigurasi ini kita tidak perlu mempunyai layanan SSL pada server kita namun Client akan tetap melihat Https saat mereka mengakses website kita.

Fleksibel tidak disarankan jika situs web Anda mengandung informasi sensitif. anda bisa menggunakan Fleksibel hanya sebagai pilihan terakhir jika Anda tidak dapat mengatur SSL di Layanan Server anda.

  • FULL

Full memastikan koneksi yang aman antara pengunjung dan domain Cloudflare Anda.

Opsi FULL SSL tidak memvalidasi keaslian sertifikat SSL di layanan server anda.jadi hanya menggunakan full ssl dari penyedia cloudflare.

  • Full (strict)

memastikan koneksi yang aman antara pengunjung dan domain Cloudflare dan antara Cloudflare dan server Hosting Anda.

Untuk Rekomendasi dari saya lebih baik menggunakan Flexible SSL agar website bisa memilih menggunakan SSL dari cloudflare maupun dari penyedia layanan hosting anda.

Kesimpulan

pemilihan SSL yang baik akan berpengaruh besar pada Website anda, apalagi sistem Browser yang selalu mendeteksi protokol sebelum website dapat diakses.

Jika tidak ingin menggunakan SSL dari cloudflare anda dapat memilih Mode “Off”.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan

Leave a Comment