Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Uptime server adalah hal yang harus sangat anda perhatikan, Karena dengan uptime yang baik maka akan berdampak baik juga untuk Website anda.

Kami contohkan jika terdapat downtime pada server web dalam beberapa menit bahkan jam. pasti akan sangat berpengaruh pada halaman atau Postingan website anda pada search engine.

Ketika Terdapat downtime pada Server maka google menganggap Website tersebut tidak aktif, Jika ini terjadi jelas banyak halaman web anda yang akan mengalami penurunan posisi rank.

Pada panduan kali ini kami akan membahas Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot, dengan cara ini anda bisa mengetahui kapan server down dan berapa lama proses down time nya.

Kenapa Melakukan Monitoring Uptime pada Server Web ?

Server yang digunakan oleh perusahaan hosting berkualitas buruk sering down dan tidak aktif selama beberapa menit atau bahkan berjam-jam. Sementara banyak perusahaan WordPress Hosting menjanjikan uptime server 99,9%,tapi terkadang tetap terdapat downtime berkepanjangan pada Server mereka.

bagi anda yang menjalankan blog, toko online, atau jenis web lainnya, downtime dapat mempengaruhi bisnis, reputasi web, dan experience user Anda.

berikut Yang terjadi ketika Terjadi downtime pada Server :

  • Penghasilan menurun : Jika web Anda tetap tidak dapat diakses untuk jangka waktu yang lama, maka Anda pasti akan kehilangan pendapatan.
  • User Experience menurun : Semakin banyak down pada web, maka Semakin buruk juga pendapat visitor terkait web anda.
  • mempengaruhi Search engine : Jika web sering down, maka search engine mungkin menganggap bahwa web Anda terlalu tidak dapat diandalkan untuk direkomendasikan.

Karena beberapa hal di atas, anda wajib melakukan monitoring pada Server web anda. Jika sering terjadi downtime maka anda bisa melakukan komplain ke perusahaan hosting tersebut. atau bahkan mencari penyedia hosting lain.

Nah Berikut adalah salah satu cara untuk melakukan monitoring pada server web anda menggunakan uptime robot.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

UptimeRobot adalah tools monitoring web yang menawarkan paket gratis yang memeriksa web Anda setiap 5 menit dan paket Pro yang memeriksa setiap 60 detik.

Harga pro mulai dari $7,00 per bulan dan termasuk  Sms,voice call, email, dan peringatan lainnya.

Jika anda ingin memonitorong Web Maka uptime robot ini merupakan pilihan yang tepat. Berikut langkah-langkah untuk melakukan setting monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

1. Resgister Akun Uptime robot

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi web UptimeRobot. Sesampai di sana, klik tombol ‘Register for FREE‘ di bagian atas layar.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Lakukan registrasi dengan memasukan nama, email dan juga password.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Jika anda rasa data sudah lengkap. berikutnya langsung saja Klik Register Now.

Kemudian anda akan menerima Pesan untuk membuka kotak email dan melanjutkan proses verifikasi pendaftaran akun.

2. Verifikasi akun Uptime Robot

Setelah proses registrasi di atas selesai, langkah berikutnya adalah anda membuka email yang tadi anda lakukan pendaftaran. kemudian lakukan verifikasi.

Untuk mempermudah Anda dapat mencari email dengan subject UptimeRobot – Account Activation.

3. Menambahkan Website Yang akan di Monitoring

Setelah melakukan verifikasi akun dengan mengklik link, Ini akan membawa Anda kembali ke web UptimeRobot. Anda dapat mengklik tombol ‘Upgrade Now’ untuk mendapatkan diskon pada paket Pro, atau tautan ‘maybe later’ untuk memilih paket gratis.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Di panduan ini kami hanya menggunakan paket Free atau gratisan 🙂

Berikutnya untuk menambahkan website yang akan di monitoring, anda bisa melihat Fitur Add New Monitor

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Ini akan memunculkan popup di mana Anda dapat mengkonfigurasi monitor.

Pilih ‘HTTP(s)’ untuk jenis monitor dan kemudian tambahkan nama dan URL situs web Anda. Pastikan mengatur interval pemantauan menjadi 5 menit jika memiliki paket gratis, atau 1 menit jika Anda adalah pengguna Pro.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Saat scrool popup ke bawah, Anda perlu mencentang kotak di sebelah alamat email sehingga Anda diberi tahu saat situs down.

Jangan lupa untuk mengklik Create Monitor Jika semua telah selesai di Konfigurasi.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Pengguna pro dapat memilih periode maintenance yang memungkinkan Anda menonaktifkan pemantauan secara otomatis untuk periode yang telah ditentukan, seperti saat melakukan maintenance di web Anda.

UptimeRobot sekarang akan mulai memantau uptime server web Anda.

Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot

Dan sekarang anda dapat melakukan monitoring Server web. dan jika terdapat down pada server maka anda akan langsung menerima email notifikasi pada akun email yang tadi anda daftarkan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan Uptime robot, anda bisa melakukan monitoring pada server web secara langsung. jadi jika terdapat down anda bisa langsung menghubungi penyedia hosting untuk segera melakukan pengecekan pada server web tersebut.

Demikian artikel terkait Cara Monitoring Uptime Server Web Dengan Uptime Robot, Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.