Cara Mengecek Kecepatan Website

Website adalah sebuah halaman yang berisi tentang informasi, Dokumen dan hal lain yang dapat di publikasikan melalui internet.

Memiliki Website yang cepat adalah keiginan semua development website baik untuk kesenangan pribadi dan juga keinginan untuk menigkatkan kualitas SEO.

Namun rasanya kurang jika hanya kita yang mengakses dan merasa kurang yakin bahwa Website yang kita memiliki sudah cukup cepat.

Maka dari itu kita juga perlu memastikan bahwa website kita dapat diakses dengan cepat secara global.

Maka dari itu pada panduan kali ini kita akan membahas beberapa website yang menyediakan tool test speed website. Disini saya telah menyimpulkan beberapa jadi silahka bisa anda simak.

1. Google PageSpeed Insights

Website resmi milik google ini berguna untuk mengukur kecepatan website anda. Google pagespeed juga terhubung langsung dengan tool milik google lainya seperti google search console, Google kit dan semua produk google lainya.

Oleh sebab itu hasil analisa dari google pagespeed akan berpengaruh pada Tool google yang terkait dengan kecepatan website.

Terdapat dua analisa dari hasil test speed google Insights ini yakni mobile dan dekstop yang keduanya terkadang memiliki skor pagespeed yang berbeda tergantung optimasi website anda.

Anda dapat langsung menguji Kecepatan website anda pada google pagespeed Insights.

2. GTmetrix.

Gtmetrix adalah sebuah website yang menyediakan alat uji coba untuk mengetes kecepatan website, dan alat ini bisa anda dapatkan secara gratis.

Website uji coba test speed ini adalah yang paling familiar dan paling banyak digunakan oleh development website untuk menguji kecepatan website mereka.

Namun dari sisi Kekurangan untuk GTmetrix terkadang memiliki antrian yang sangat panjang pada jam-jam sibuk seperti malam hari.

Sehingga kita harus menunggu terkadang sampai 5 menit hanya untuk menguji satu website saja.

jika anda penasaran, anda bisa langsung menuju ke website gtmetrix kemudian masukan nama domain anda maka Dalam sesaat akan muncul hasil analisa Kecepatan website anda.

3. Pingdom Tools

Tools lain Untuk menguji kecepatan website adalah pingdom tools. Tool ini adalah tool yang sesuai bagi anda yang Ingin mmencoba mengecek kecepatan website anda dari banyak Server. Karena pingdom tools Menyediakan 7 Server yang dapat anda gunakan secara gratis. Berikut detailnya untuk 7 server tersebut:

Sama seperti GTmetrix pingdoom tools juga menampilkan hasil analisa kecepatan website Baik dari sisi server Sampai dengan kekurangan pada website.

Bagi anda yang penasaran silahkan anda langsung melakukan analisis website anda dan melihat detail analisis Website melalui website Pingdoom tools

4. Web.Dev

Yang ketiga untuk tool uji coba kecepatan website, anda bisa menggunakan Web.dev sebagai pilihan Utama. Ini juga Menjadi pilihan terbaik saya untuk uji coba, Karena web.dev Memiliki keunggulan bukan hanya memeriksa Kecepatan website, namun juga menganalisi SEO website, Performa Website dan Aksesbilitas website.

Bagi anda yang ingin melakukan Test web speed dengan rincian SEO dan aksebilitas lengkap maka saya sangat Menyarankan menggunakan Web.dev ini.

Jika anda ingin Segera melakukan analisa website anda pada web.dev, anda dapat mengakses website web.dev secara Langsung dan melakukan analisis

Kesimpulan

Hasil analisa pada setiap tool Website mungkin akan berbeda-beda karena tergantung dari optimasi dan lokasi server dimana anda melakukan Uji coba untuk melakukan test speed.

Sekian panduan Cara Mengecek Kecepatan Website Semoga bisa bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan

Leave a Comment