Cara Mengatasi Error : “The response is not a valid JSON response” Pada WordPress

Bagikan

Salah satu error yang sering dialami oleh para pengguna wordpress pada saat membuat artikel adalah The response is not a valid JSON response.

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah The response is not a valid JSON response mulai dari plugin,SSL yang conflict dll.

Di panduan ini kami akan membahas terkait Cara Mengatasi Error : “The response is not a valid JSON response” Pada WordPress.

Cara Mengatasi Error : “The response is not a valid JSON response” Pada WordPress

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda ikuti untuk mengatasi The response is not a valid JSON response :

1. Nonaktifkan Blok editor Dan Gunakan Classic Editor

Error β€œThe response is not a valid JSON response.” sangat terlihat di block editor baru yang disebut Gutenberg.

Cara termudah untuk mengatasi error pembaruan adalah dengan menonaktifkan Gutenberg dan beralih kembali ke classic editor.

Anda bisa coba menonaktifkan plugins editor gutenberg terlebih dahulu kemudian menginstall plugin classic editor dan bisa di lihat apakah untuk errornya masih terjadi.

2. Sertifikat SSL Error

Sertifikat SSL adalah salah satu hal yang sangat penting untuk saat ini, Apalagi untuk sekarang google chrome mewajibkan Website menggunakan SSL https.

Pastikan website anda Sudah terinstalll full SSL di menu dan beberapa sub konten pada website anda.

Silahkan anda install plugin Really SImple SSL Kemudian klik tab setting pada plugin tersebut, dan pastikan konfigurasinya seperti ini :

Cara Mengatasi Error : "The response is not a valid JSON response" Pada WordPress

Pastikan dua konfigurasi tersebut di centang agar SSL juga dapat terpasang di konten-konten Mix.

Setelah menyimpan perubahan, kembali ke pos yang sedang Anda kerjakan dan coba simpan pos atau halaman Anda. seharusnya tidak lagi mengalami The response is not a valid JSON response.

3. Terdapat Plugin yang Konflik

Semakin banyak jumlah plugin yang Anda gunakan di WordPress, semakin tinggi kemungkinan konflik antar plugin. Beberapa konflik ini juga dapat menyebabkan The response is not a valid JSON response.

Sebagai contoh, di website klien, plugin Yoast SEO menyebabkan The response is not a valid JSON responseN.

Jadi, untuk mengesampingkan konflik plugin, Anda harus menonaktifkan semua plugin di situs website. Jika diperlukan, gunakan plugin  Health Check and Troubleshooting untuk menonaktifkan plugin di backend sementara di front end tetap sama untuk pengunjung website Anda.

Jika The response is not a valid JSON response hilang saat Anda menonaktifkan semua plugin, berarti salah satu plugin menyebabkan error tersebut. Sekarang, Anda harus mengaktifkan plugin satu per satu. Jika error berulang saat mengaktifkan plugin tertentu, ini berarti bahwa plugin ini adalah penyebab nya.

Kesimpulan

3 tips diatas seharusnya sudah cukup untuk mengatasi error The response is not a valid JSON response, Karena pada umumnya kesalahan ini terjadi karena tidak responsive nya web yang di sebabkan oleh suatu bug/konflik.

Demikian panduan Cara Mengatasi Error : “The response is not a valid JSON response” Pada WordPress, semoga bermanfaat πŸ™‚

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *