Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

500 Internal Server Error adalah kode status HTTP yang sangat umum yang berarti ada yang tidak beres pada server web anda, namun masalah ini juga tidak sepenuhnya di pengaruhi oleh server anda.

Pada panduan Kali ini kami akan membahas masalah Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

Beberapa Pesan 500 Internal Server Error

Pesan error mungkin terlihat dalam banyak cara karena setiap web diizinkan untuk menyesuaikan pesan.

Berikut adalah beberapa pesan error HTTP 500:

  • 500 Internal Server Error
  • HTTP 500 – Internal Server Error
  • Temporary Error (500)
  • Internal Server Error
  • HTTP 500 Internal Error
  • 500 Error
  • HTTP Error 500
  • 500. That’s an error

Berikut Lebih Detailnya :

KodePenjelasan
500.0Terjadi kesalahan modul atau ISAPI.
500.11Aplikasi dimatikan pada server web.
500.12Aplikasi sibuk memulai ulang di server web.
500.13Server web terlalu sibuk.
500.15Permintaan langsung untuk Global.asax tidak diperbolehkan.
500.19Data konfigurasi tidak valid.
500.21Modul tidak dikenali.
500.22Konfigurasi ASP.NET httpModules tidak berlaku dalam mode Managed Pipeline.
500.23Konfigurasi ASP.NET httpHandlers tidak berlaku dalam mode Managed Pipeline.Konfigurasi ASP.NET httpHandlers tidak berlaku dalam mode Managed Pipeline.
500.24Konfigurasi peniruan identitas ASP.NET tidak berlaku dalam mode Managed Pipeline.
500.50Terjadi kesalahan penulisan ulang selama penanganan pemberitahuan RQ_BEGIN_REQUEST. Terjadi kesalahan konfigurasi atau eksekusi aturan masuk.
500.51Terjadi kesalahan penulisan ulang selama penanganan pemberitahuan GL_PRE_BEGIN_REQUEST. Terjadi kesalahan konfigurasi global atau eksekusi aturan global.
500.52Terjadi kesalahan penulisan ulang selama penanganan pemberitahuan RQ_SEND_RESPONSE. Eksekusi aturan keluar terjadi.
500.53Terjadi kesalahan penulisan ulang selama penanganan pemberitahuan RQ_RELEASE_REQUEST_STATE. Terjadi kesalahan eksekusi aturan keluar. Aturan dikonfigurasi untuk dieksekusi sebelum cache pengguna keluaran diperbarui.
500.100kesalahan ASP internal.

Karena 500 Internal Server Error dihasilkan oleh web yang di kunjungi, Anda dapat melihatnya di browser apa pun di sistem operasi apa pun,

Mungkin untuk tampilan error nya akan berbeda-beda namun akan tetap menunjukan satu error yang sama, yakni 500 Internal Server Error,

Penyebab 500 Internal Server Error

Seperti yang kami sebutkan di atas, pesan Internal Server Error menunjukkan bahwa ada sesuatu yang error secara umum.

berarti ada masalah dengan halaman atau pemrograman website, di panduan ini nanti akan kami sampaikan beberapa solusi yang bisa anda jalankan satu persatu.

Namun masalah ini biasanya terjadi karena adanya miss konfigurasi antara web dan juga server hosting yang di gunakan.

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

Seperti yang kami singgung di atas, 500 Internal Server Error adalah error sisi server, artinya masalahnya mungkin bukan pada komputer atau koneksi internet Anda, melainkan pada server situs web.

Namun anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk memastikan bahwa Error tersebut benar-benar terjadi pada sisi server anda.

  • Muat ulang halaman web. Anda dapat melakukannya dengan memilih tombol refresh/muat ulang, tekan F5 atau Ctrl+R, atau coba lagi URL dari bilah alamat.
  • Kosongkan cache browser Anda. Jika ada masalah dengan versi cache dari halaman yang Anda lihat, itu bisa menyebabkan masalah HTTP 500.
  • Hapus cookie browser. Anda dapat memperbaiki error 500 server error dengan menghapus cookie yang terkait dengan web tempat Anda mendapatkan error tersebut.

Nah itulah 3 cara umum yang dapat anda lakukan untuk mengatasi error 500, Namun jika error ini masih terus berlanjut, maka anda bisa mengikuti panduan untuk mengatasi error 500 ini secara mendalam.

Untuk mengatasi Masalah yang lebih mendalam ini tentunya anda harus mengerti terkait masalah server, karena seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa error 500 ini kemungkinan terjadi pada sisi server.

Namun anda juga harus memastikan bahwa beberapa konfigurasi antara web dan server sudah terkoneksi dengan baik, berikut beberapa langkah mendalam untuk mengatasi Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

  • Ada Kesalhan di Izin File. Dalam kebanyakan kasus, 500 Internal Server Error disebabkan oleh izin yang salah pada satu atau beberapa file atau folder. Dalam sebagian besar kasus tersebut, izin yang salah pada skrip PHP dan CGI yang harus disalahkan. Ini biasanya harus diatur pada 0755 (-rwxr-xr-x).
  • Waktu Proses Php Habis. Jika script Anda terhubung ke resource eksternal dan resource tersebut habis, error HTTP 500 dapat terjadi. Aturan timeout, atau penanganan error yang lebih baik dalam script Anda, akan membantu jika ini adalah penyebab error 500.
  • Coding Yang salah Pada .htaccess. Meskipun tidak biasa, pastikan untuk memeriksa bahwa file .htaccess situs Anda terstruktur dengan benar.

Kesimpulan

500 Internal Server Error bisa terjadi baik dari sisi front end maupun backend dari Website dan server anda, maka dari itu pastikan anda telah mengecek langkah demi langkah sesuai dengan panduan di atas.

Jika belum terselesaikan anda bisa menghubungi support server hosting yang anda gunakan.

Demikian panduan terkait Cara Mengatasi 500 Internal Server Error, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.