Pengertian dan Cara Mendaftarkan Akun di Gravatar

Bagikan

Dalam media  internet kita pasti mengenal yang namanya sebuah profile, Dalam profile terdapat gambar yang bisa memberi tahu siapa kita.

Contohnya pada facebook dan twitter kita bisa memasang foto kita disana agar orang lebih mengenal kita.

Sama halnya dengan website seperti wordpress dan Website juga terdapat profile yang bernama gravatar, Lalu apa itu gravatar ?

Pengertian dan Fungsi Gravatar

Gravatar atau globally recognized avatar adalah avatar yang terhubung dengan email yang kamu gunakan, Sehingga ketika kamu menggunakan alamat email tersebut maka gambar yang sudah kamu gunakan akan muncul pada situs yang sudah mendukung gravatar.

Singkatnya seperti ini :

anda mengunjungi website yang terhubung dengan gravatar dan anda mengomentari postingan pada website tersebut maka profile anda akan muncul disitu

Sebagai contoh Pada gambar berikut :

Pada gambar diatas keduanya saling berkomentar, karena sudah terhubung dengan gravatar maka terdapat profile dan gambar profile masing-masing.

Keuntungan Menggunakan Gravatar

Ketika menggunakan gravatar tentu akan meningkatkan reputasi online, karena secara tidak langsung orang akan mengingat dan mengenal karena melihat profile dan gambar yang anda gunakan.

Selain itu memudahkan untuk memasarkan produk atau perusahaan jika anda memanfaatkan gravatar sebagai gambar profile bisnis, maka secara tidak langsung anda mempromosikan nya

Cara Membuat Garavatar

Sebenarnya untuk membuat gravatar ini sangatlah mudah, Sama seperti ketika kita mendaftar pada sosial media seperti facebook dan sosial media lain nya berikut tata caranya :

1. Membuat akun Gravatar

Pertama anda harus membuat akun Gravatar terlebih dahulu, anda bisa menggunakan tautan berikut En.gravatar.com kemudian anda klik create your own Gravatar.

Kemudian anda bisa masukan Email, username dan password anda.

Anda juga dapat menggunakan akun google atau apple yang sudah ada dengan klik “lanjutkan dengan” pada bagian bawah. Setelah itu klik Buat akun

2. Konfirmasi Pendaftaran

Berikutnya anda bisa memeriksa email untuk konfirmasi pendaftaran pada WordPress untuk mulai Mengkonfigurasi akun, Anda tidak Dapat login ke halaman Garavatar sebelum memverifikasi pendaftaran

3. Memberikan Izin Akses ke Wodpress .

Jika anda mendapatkan notif atau pesan seperti dibawah ini maka anda bisa langsung klik approve saja untuk melanjutkan.

Jika anda sudah klik  approve diatas otomatis anda mengijinkan Gravatar untuk mengakses wordpress anda.

4. Menambahkan Foto Gravatar

Pada bagian my gravatar  anda bisa mulai menambahkan Gambar gravatar dan juga menambahkan beberapa email tambahan, Klik add new Untuk mulai menambahkan Gambar.

Akan terdapat 4 pilihan untuk meng-upload foto gravatar anda, silahkan bisa anda sesuaikan sendiri.

Akan terdapat 4 pilihan rating yang bisa anda sesuaikan berikut beberapa sedikit penjelasan dari rating-rating tersebut :

  1. G rated : Gravatar yang cocok di tampilkan di semua di tipe website dan tipe pengguna.
  2. PG rated : GRavatar yang mengandung sedikit propokatif.
  3. R rated : Gravatar ini dapat berisi hal-hal seperti sumpah serapah yang kasar, kekerasan intens, ketelanjangan, atau penggunaan narkoba.
  4. X rated : Gravatar yang berisi gambar sexsual.

Untuk website umum saya sarankan untuk memilih G rated saja.

Kesimpulan

Anda telah selesai membuat Akun gravatar, dan sekarang anda bisa mulai menggunakan nya untuk pada website wordpress maupun website yang lainya.

Perlu diingat gambar gravatar akan tampil jika Website yang anda kunjungi juga terintegrasi dengan gravatar.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment