Cara Melakukan Traceroute di Windows

Apa Itu Trace Route (Tracert)? Traceroute adalah fungsi yang melacak jalur dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Ini memungkinkan kita untuk mendiagnosis sumber atas banyaknya masalah.

Catatan: Agar efektif, traceroute harus dijalankan saat Anda mengalami masalah, dari komputer yang mengalami masalah. Oleh karena itu, Anda harus mencoba menghubungkan ke situs Anda kembali tepat sebelum Anda menjalankannya. Jika masalah tidak lagi terjadi, Anda harus menunggu sampai masalah berikutnya terjadi (jika ada waktu berikutnya) sebelum menjalankan traceroute Anda.

Cara Melakukan Traceroute di Windows

Untuk menjalankan traceroute di Windows, Anda dapat melakukan langkah berikut ini:

  1. Buka command prompt.
  • Start => Run
  • Ketik cmd lalu tekan tombol Enter
  • Ini akan memunculkan command prompt window. Selanjutnya akan muncul hasil yang terlihat seperti ini dengan kursor berkedip di sebelah simbol> traceroute-1
  1. Di command prompt, ketik “tracert(spasi)hostname”, yang mana hostname adalah nama koneksi server yang Anda uji. traceroute-2
  2. Anda mungkin harus menunggu hingga satu menit atau lebih untuk menyelesaikan tes. Ini akan menghasilkan daftar koneksi di sepanjang jalan dan beberapa informasi tentang kecepatan langkah-langkah di sepanjang jalan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan

Leave a Comment