Tren Desain Website Tahun 2021: dari Dark Mode ke Motion

Tren Desain Website Tahun 2021: dari Dark Mode ke Motion

Sharing is caring!

Desain web telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Praktik ini ada di persimpangan antara kreativitas dan teknologi sehingga tidak mengherankan jika teknik dan tren desain web baru terus bermunculan. Jadi, tren desain web mana yang akan menggemparkan dunia web desain tahun depan? Yuk baca sampai selesai Tren Desain Website Tahun 2021: dari Dark Mode ke Motion

Tren Desain Website Tahun 2021

Dark Mode

desain-website-2021-1

Untuk waktu yang lama dalam desain web, latar belakang putih dianggap sebagai satu-satunya cara untuk membuat ruang kosong di situs atau aplikasi. Sementara beberapa desainer mulai menambahkan tema dan elemen yang lebih gelap beberapa tahun lalu. Tren Dark Mode benar-benar menguasai industri pada tahun 2020 dan kita berharap untuk melihatnya berlanjut hingga tahun 2021.

Apa Itu Dark Mode?

Digunakan oleh brand besar, seperti Apple, Hublot, bahkan untuk portofolio individual, dark mode adalah cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan modern dan elegan ke situs manapun. Selain memungkinkan desainer untuk bermain dengan elemen yang lebih kreatif, seperti pastel dan neon, penelitian juga menunjukkan bahwa dark mode lebih baik untuk masa pakai baterai dan penglihatan kita dengan mengurangi paparan blue light.

Selain ramping, cantik, dan lebih enak dipandang, dark mode juga bagus untuk meningkatkan kontras dan membuat elemen desain lebih terlihat. Anda bahkan dapat menambahkan dark mode toggle ke situs Anda untuk memungkinkan pengunjung menyesuaikan pengalaman mereka.

Collage & Mixing Mediums

Collage adalah salah satu tren terbesar yang mengambil alih landscape media sosial dan desain grafis tahun ini lalu dengan cepatnya menjadi populer di dunia desain web. Gaya media campuran kembali menjadi sorotan karena artis digital dan influencer media sosial serta diadopsi juga oleh banyak brand dan desainer web.

Apa Itu Collage?

desain-website-2021-2

Collage adalah tentang mencampurkan media, seperti foto, ilustrasi, grafik, motion, dan teks untuk menciptakan estetika yang menginspirasi dan menarik.

Sekarang setelah pindah ke dunia digital, tren collage telah berkembang menjadi media campuran, seperti collage animasi, font dekoratif besar, tekstur artistik, bahkan teks animasi terdistorsi, yang menghasilkan beberapa hasil yang sangat unik.

Collage adalah tren yang berpasangan dengan baik dengan desain UX minimal atau bahkan anti-design jika Anda ingin mendorong batasan tersebut. Mengintegrasikan media campuran dan collage ke dalam desain situs Anda adalah cara yang pas untuk menambahkan percikan kreativitas ke pengalaman biasa, yang membuat brand atau bisnis Anda menonjol.

Anti-Design

Anti-design adalah tren yang dipicu oleh kebangkitan Brutalisme pada tahun 2019 dan gaya kontroversial yang baru-baru ini mulai mencakup ke ranah media sosial, pop-culture, web, dan desain grafis.

Apa Itu Anti-Design?

Menampilkan tata letak eksperimental dan asimetris, melebih-lebihkan, distorsi, pelapisan, dan elemen tradisional yang ‘jelek’, yang berarti tidak semua orang akan merasa cocok. Namun jika Anda adalah seseorang yang suka menonjol dibanding yang lain, tidak dapat disangkal bahwa situs anti-design adalah alat yang sangat efektif untuk melakukan hal itu.

desain-website-2021-3

Meskipun gaya ini selalu menonjol (semoga ini merupakan alasan yang tepat), desain web yang efektif adalah tentang keseimbangan. Jadi, jika Anda memilih untuk menggunakan anti-design di UI Anda, penting untuk memastikan bahwa UX situs Anda masih sederhana, fungsional, dan ramah pengguna.

Minimalis

Tren desain ini merupakan tren yang benar-benar menolak untuk berhenti, minimalis ibaratnya telah menjadi roti dan mentega karya desainer web selama dekade terakhir. Namun apa itu desain web minimalis? Dengan gaya visual yang memang kurang dan lebih banyak prinsip desain, desain minimalis didasarkan hanya menggunakan elemen penting untuk menciptakan sesuatu yang sederhana, fungsional, dan mudah diingat.

desain-website-2021-4

Banyak brand telah mengeksekusi tren minimalis dengan indah dalam desain web mereka. Meskipun biasanya dikaitkan dengan monokrom dan white space tetapi minimalis tidak hanya sekedar hitam dan putih. Faktanya, colorful minimalism sedang meningkat dalam desain web dan grafis, menampilkan warna blok dan latar belakang yang berani, font sans serif sederhana dan tipografi minimalis serta elemen desain minimal untuk membuat desain situs yang sederhana namun menakjubkan.

Tren yang bertujuan tidak hanya untuk menyederhanakan desain visual situs tetapi kegunaan dan fungsionalitas desain web minimalis akan terus menjadi komponen kunci dari desain UI modern untuk tahun-tahun mendatang.

Desain Organik

Tren ini merupakan salah satu tren desain terbesar tahun 2020. Desain organik adalah tentang menggunakan alam dan dunia di sekitar kita sebagai inspirasi. Meskipun sering terlihat dalam desain produk, desain interior, dan desain grafis, tren ini sekarang mulai mendapatkan momentum di dunia desain web juga.

Tren desain Organik dipengaruhi oleh peningkatan fokus pada keberlanjutan dan lingkungan, yang menampilkan warna hangat dan bersahaja, bentuk alami, dan tekstur raw organic.

desain-website-2021-5

Warna-warna netral meniru natural palette lingkungan kita dan merupakan salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menambahkan nuansa yang lebih organik ke situs Anda. Selain warna coklat lembut, beige dan putih, pink pudar, biru, dan hijau juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk palette warna netral, yang bisa digunakan sendiri atau dipasangkan dengan warna yang lebih cerah untuk membuatnya menonjol.

Illustration

Illustration benar-benar meledak tahun ini di seluruh desain grafis, media sosial, dan desain web. Banyak brand, bisnis, dan pencipta yang mengikuti popularitas ilustrasi dan seni digital, dengan saat ini banyak yang mengintegrasikan elemen hand-drawn ke dalam desain situs mereka.

desain-website-2021-6

Sebagai lanjutan dari desain organik, illustration sangat bagus untuk menambahkan sentuhan otentik yang mahir ke desain web Anda dan memberikan kesan ramah pada situs Anda.

Fungsionalitas, Inklusivitas, dan Aksesibilitas

Fungsionalitas situs selalu menjadi aspek kunci dari desain web. Namun, seiring dengan load times yang cepat, pagespeed, dan desain yang ramah seluler, peningkatan fokus pada inklusivitas dan aksesibilitas telah menciptakan kebutuhan yang semakin besar terkait desain web untuk memperhitungkan kebutuhan penyandang disabilitas, membuat situs dapat diakses, dan berfungsi untuk semua. 

desain-website-2021-7

Untungnya, desain web yang dapat diakses diadopsi oleh lebih banyak brand dan bisnis serta memiliki situs yang fungsional, dapat diakses, dan ramah pengguna yang dapat di navigasi dengan mudah oleh setiap pengunjung saat ini memang penting untuk memberikan pengalaman online yang efektif.

Mengoptimalkan situs Anda agar lebih fungsional, dapat diakses, dan inklusif tidak hanya baik untuk layanan pelanggan (hal ini juga meningkatkan konversi, meningkatkan SEO Anda, dan memperluas jangkauan audiens Anda).

Beberapa cara untuk membuat situs Anda lebih inklusif dan mudah diakses meliputi:

  • Menciptakan kontras warna yang kuat antara teks dan background.
  • Menambahkan indikator fokus, seperti rectangular outline yang muncul di sekitar tautan saat menggunakan navigasi keyboard.
  • Menggunakan label dan instruksi dengan form fields daripada teks placeholder low-context.
  • Menggunakan alt tags fungsional untuk gambar.
  • Menampilkan salinan jargon-free, mudah dipahami, dan lugas.

Motion dan Interactivity

Video terbukti menjadi bentuk konten online yang paling menarik sehingga tidak mengherankan jika motion juga menjadi tren besar dalam desain web. Dapat digunakan di mana saja, motion dan animasi dalam desain web adalah cara sederhana untuk membuat halaman web biasa menjadi lebih.

Dengan nada yang sama, banyak brand dan bisnis, seperti YouTube Rewind, mulai menambahkan lebih banyak elemen interaktif ke situs mereka, termasuk kuis, permainan, jajak pendapat, dan survei. Contoh yang bagus adalah Estee Lauder, yang situsnya menampilkan game arcade interaktif yang disebut ‘THE ANRCADE’.

desain-website-2021-8

Selain menjadi tambahan yang menyenangkan untuk pengalaman online, interaktivitas merupakan cara yang bagus untuk melibatkan pengunjung Anda sekaligus mempelajari lebih lanjut tentang mereka. Namun, penting untuk mencapai keseimbangan dan memastikan motion atau elemen interaktif Anda tidak mendominasi atau mengganggu tujuan situs Anda.

3D dan Desain Geometris

Pola geometris dan elemen sering digunakan dalam dunia desain web modern, termasuk bentuk datar klasik, seperti polygon, diamond, triangle, rectangle, dan sesekali belah ketupat. Namun, tren desain web geometris telah berkembang untuk menyertakan juga elemen yang lebih modern, seperti bentuk 3D, objek yang mengambang (floating objects), dan gridlines yang terlihat.

desain-website-2021-9

Penggunaan bentuk 3D dan objek yang mengambang dalam desain geometris memadukan surreal motion dengan objek realistis, menciptakan efek futuristik yang memukau. Ini sempurna untuk menambahkan lapisan atau dimensi lain ke desain web Anda, untuk memastikan situs Anda memikat pengunjung Anda.

desain-website-2021-10

Berbeda dengan sifat kompleks 3D dan objek yang mengambang, penggunaan gridlines yang sederhana, borders, dan elemen struktural lainnya juga menjadi style yang sedang tren di ruang desain web.

WordPress Page Builders dan Template Kits

Dalam beberapa tahun terakhir, template situs swalayan dan page builders semakin populer. Pembuat situs seperti Elementor dan WordPress Gutenberg sangat berarti saat ini, bahkan orang yang paling paham teknologi atau design-minded dapat membuat situs profesional dalam waktu singkat.

desain-website-2021-11

Pembuat halaman yang cepat, bebas kode, dan sepenuhnya fleksibel, menawarkan layouts profesional dan kustomisasi tanpa batas bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan pengkodean atau desain.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Tren Desain Website Tahun 2021: dari Dark Mode ke Motion
Artikel
Tren Desain Website Tahun 2021: dari Dark Mode ke Motion
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Tren desain web mana yang akan menggemparkan dunia web desain tahun depan? Yuk baca sampai selesai Tren Desain Website Tahun 2021
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like