travel-blogger-indonesia

Di artikel kali ini, akan mencoba mengulik resep sukses para travel blogger Indonesia ternama. Kalian bisa mengamati hal-hal unik sekaligus sebagai daya tarik bagi pembaca. Nah, nantinya kalian bisa menerapkan berbagai resep ini untuk blog pribadi kalian, lho. Okay, yuk baca 10 Travel Blogger Indonesia Terbaik dan Inspiratif Tahun 2021

10 Travel Blogger Indonesia Inspiratif 2021

Berikut ini ada 10 travel blogger Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi:

Naked Traveler 

Trinity, ia adalah pelopor travel blogging di Indonesia. Ia mulai menuliskan catatan perjalanannya bahkan sejak blogging belum sepopuler sekarang.

travel-blogger-indonesia-1

Kisah perjalanannya disampaikan dengan kata-kata yang begitu ringan dan mudah dipahami. Selain petualangannya menjelajah Indonesia, ia juga telah menjelajah banyak negara. Buku-buku perjalanannya sudah berkali-kali terbit dan bisa ditemukan di toko-toko buku.

Tidak hanya membagikan kisah perjalanan, ia pun membagikan tips-tips traveling yang bermanfaat.

Backpackstory

Walaupun bekerja sebagai pekerja kantoran, Ariev  Rahman selalu menyempatkan untuk traveling, Guys.

Sudut pandang yang ia ambil di perjalanannya terbilang unik, yang mana mungkin saja tak pernah terpikirkan orang lain.

Tulisan di blog Ariev ada cerita tentang perjalanan yang mengubah hidupnya, yakni tentang perjalanan perdananya saat tengah mengalami patah hati, tentang perjalanannya yang sedang mengenang alhmarhum ayahnya, dan tentang perjalanan bersama ibunya. Di tiap poin ia jelaskan bagaimana perjalanan tersebut sungguh mengena di hatinya. 

Journal Kinchan

Ia adalah seorang pengamat yang baik karena memperhatikan setiap bagian terdetail dari perjalananannya. Cara bertutur yang sederhana merupakan senjata ampuhnya.

travel-blogger-indonesia-2

Ia juga piawai dalam menyusun kata-kata untuk menceritakan hal yang ia temukan selama perjalanan, seperti yang ia ceritakan tentang kisah laki-laki yang ia sebut Buppak. Laki-laki yang mengangkatnya sebagai anak angkat saat Kinchan mendapat penempatan mengajar di Bawean. 

Dua Ransel

Ransel telah memberikan banyak pelajaran kehidupan kepada Dina dan Ryan, pasangan suami istri yang telah berkeliling 40 negara.

travel-blogger-indonesia-3

Salah satu kisah mereka di Kampung Phluk, Kamboja, yang mana membuat hati sedikit miris. Penduduknya hidup di perairan yang begitu luas pada musim hujan yang menjadi habitat ular tawar paling besar di Asia Tenggara. Kampung ini sering mendapat kunjungan turis asing. Turis asing = banyak uang. Itu pandangan penduduk Kampung Phluk sehingga setiap ada turis asing, anak-anak mendekat. Bukan untuk mengucapkan ‘halo’ atau tersenyum namununtuk meminta dolar dari turis.

Blog ini juga mengajak pembacanya untuk merenungi kehidupan, lho, Guys.

Whatever I’m Backpacker

Jenis travel blog seperti ini masih terbilang langka. Blog ini diasuh M. Takdis. Gayanya yang slengekan lalu dengan bahasa yang juga ringan, akan membuat pembaca akan terkekeh.

travel-blogger-indonesia-4

Salah satu tulisannya di Makigaya, Jepang. Tanpa panduan jelas dan tak tahu akan kemana, ia tetap melangkah. Ia terlunta-lunta dan tidur pun menggembel. Jadi, ia mengunjungi tempat-tempat hanya berdasar tempat tersebut memiliki nama bagus atau tidak (menurutnya)! Sampai akhirnya perjalanan tersebut membawa dia ke sebuah Desa Makigaya yang masih begitu hijau nan asri.

Lost Packer

“Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu,” merupakan pesan yang menginspirasi Sutiknyo, penulis di balik LostPacker.com, dari sang kakek.

Maka tak heran jika tulisan di blognya sangat kental dengan kisah pengalaman pribadi yang bernilai human interest

travel-blogger-indonesia-5

Deskripsi yang begitu apik juga diimbangi oleh visual yang sama cantiknya. Di blog Lost Packer, kalian bisa temukan banyak sekali foto pemandangan yang memanjakan mata. Ada juga video liputan yang kualitasnya setara (bahkan lebih) dengan acara-acara televisi. Maka tak heran, kalau Sutiknyo menjadi kontributor di sejumlah majalah ternama, seperti Jalan-Jalan, National Geographic Traveler Indonesia, Femina, Eve, Travel Fotografi, Travel Xpose, dan sebagainya.

Travel Mulu

Ketika membuka halaman depan blognya, akan nampak warna-warni foto dan judul artikel bertema traveling. Beberapa artikel andalan juga muncul di bagian paling atas dalam wujud slider. Ketika salah satu judul di klik, halaman akan dibagi menjadi dua. Sisi kiri memuat judul, lengkap dengan latar belakang foto. Sedangkan di sisi kanan terdapat konten utama, baik dalam bentuk tulisan maupun foto.

travel-blogger-indonesia-6

Travel Mulu bisa digolongkan sebagai travel blog yang sederhana. Hal ini karena hanya ada dua jenis konten yang diunggulkan, yaitu tulisan dan foto. 

Wira Nurmansyah

Di WiraNurmansyah.com, kalian akan menjumpai tampilan yang begitu lengkap. Saking lengkapnya, serasa mengunjungi sebuah portal berita atau majalah online khusus travel. 

travel-blogger-indonesia-7

Meski tampilannya nampak riuh, kesan serupa akan hilang ketika kalian sudah mengklik salah satu artikel. Terima kasih pada latar belakang putih yang benar-benar membantu mata untuk rileks. Ditambah lagi, Wira nampaknya juga suka menulis paragraf yang pendek-pendek. Hal ini juga menambah kenyamanan ketika membaca tulisan-tulisan Wira. 

Gaya videonya juga begitu estetis dan sangat sesuai dengan selera anak muda. Nampaknya, ceruk pasar inilah yang sengaja diraup oleh Wira. 

Jennifer Anandary

Jennifer memang sudah gemar berwisata ke tempat-tempat unik di seluruh dunia. Namun, selama ini ia mempublikasikan perjalanannya melalui Instagram. Atas saran dari followers-nya, akhirnya ia membuat blog. 

travel-blogger-indonesia-8

Kesan estetis langsung terasa ketika Anda berkunjung ke halaman depan blog Jennifer. Nuansa warna-warna cerah menghiasi hampir seluruh halaman. Judul-judul artikel blog pun yang mana ditemani potongan ilustrasi, sama apiknya.

Berbicara tentang tulisan dia, artikel-artikel Jennifer sangat enak untuk dibaca, ringan, dan mengalir. Ia bisa menggabungkan elemen cerita personal dan detail-detail wisata dengan seimbang. 

Jalan Pendaki

Jalan Pendaki diasuh oleh Acen, seorang yang mampu menceritakan pendakian seberat apapun dengan ringan dan sangat fun!

travel-blogger-indonesia-9

Selain cerita pendakian, Acen juga sering berbagi tips mendaki sehingga akan sangat berguna bagi kalian yang baru memutuskan untuk mulai mencoba mendaki.

Guyonan-guyonan ringan (dan kadang tak terduga) khas Acen, membuat cerita perjalanannya tak monoton. 

Okay Guys, kalian bisa banyak belajar nih dari travel blogger Indonesia ternama, mulai dari membuat konten yang original, unik, menarik, dan berkualitas. Bahkan sampai cara monetisasi blog untuk mendulang uang lebih banyak, lho. Cobain, yuk!

Good luck

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “10 Travel Blogger Indonesia Terbaik dan Inspiratif Tahun 2021”

  1. bobby riviwer Avatar

    kapan ya blog saya bisa masuk list blog disini hehe…

    1. silvia Avatar

      Semangat terus ya Kak untuk berkarya dan senantiasa belajar serta berdoa :),, semoga bisa senantiasa kasih manfaat ke banyak kalangan,, terima kasih juga Kak, udah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment