tips customer loyal

Hallo, Guys! Semoga selalu sehat dan berlimpah rejeki yang bermanfaat, ya. Guys, tentunya kalian sudah paham bahwa customer loyalty memang sangat dibutuhkan oleh pebisnis. Dengan memiliki customer loyalty ini maka dapat membantu kalian untuk terus mengembangkan bisnis bahkan meningkatkan laju bisnis hingga mengalami kemajuan yang lebih cepat lagi. Okay, simak sampai selesai yuk Tips Agar Customer Loyal dengan Bisnis Kita.

Loyalitas ini terbangun atas beberapa faktor. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hingga customer kalian akhirnya menjadi loyal. Sebagai pebisnis, tentu saja loyalitas ini sangat dibutuhkan. Kalian perlu membangunnya sejak bisnis dijalankan. Iya, kan? Nah, cara mewujudkan customer loyalty ini akan disampaikan di bawah ini.

Karakteristik Loyalitas Pelanggan

Memiliki konsumen yang loyal memang sangat menyenangkan. Konsumen ini biasanya tidak terpengaruh oleh harga atau ketersediaan produk. Konsumen hanya tertarik untuk mengeluarkan biaya selama konsumen mengetahui kualitas produk dari brand yang sudah dikenalnya.

Kecenderungannya adalah tidak terpengaruh dengan penawaran dari pebisnis lain. Ketika konsumen sudah jatuh cinta dengan sebuah brand maka pelanggan akan terus bertahan sampai akhirnya menemukan produk bermutu yang dirilis oleh brand tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu karakter utama dari customer loyalty. Selain itu, pelanggan tampaknya tidak terlalu aktif untuk melakukan pencarian produk di tempat lainnya.

Meski telah mendapatkan penawaran dari perusahaan lain, pelanggan ini ternyata tidak terlalu banyak mengambil penawaran tersebut. Pelanggan setia hanya akan mengambil penawaran dari perusahaan yang diikutinya.

Sedangkan saat terjadi sebuah permasalahan, pelanggan tidak segera lari. Sebaliknya, pelanggan percaya bahwa brand tersebut mampu memperbaikinya.

Selanjutnya, pelanggan juga sering memberikan feedback untuk mendukung peningkatan layanan dari brand. Saat pelanggan mulai membutuhkan sesuatu, pelanggan tidak segan untuk melakukan pembelian di tempat yang sama secara berulang.

Tips Membangun Loyalitas Konsumen

Konsumen yang loyal akan menemani perjalanan bisnis hingga bisnis tersebut mengalami kemajuan. Jika berharap untuk mendapatkannya, semoga tips berikut ini dapat membantu bisnis kalian.

Ciptakan Pengalaman yang Baik

Menciptakan suasana yang nyaman dan aman di tempat bisnis sangatlah penting. Hal ini akan memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan. Salah satunya adalah terus meningkatkan pelayanan. Begitu pula kalian juga bisa terus menjaga kualitas produk.

Pelayanan dan kualitas produk yang terbaik membuat pelanggan tidak pernah kecewa. Bahkan, pelanggan akan bersyukur lantaran telah menemukan tempat yang cocok untuk mendapatkan produk.

Untuk melakukannya, kalian harus terbuka dengan pelanggan, ya. Dengarkan apa yang dikeluhkan oleh pelanggan lalu segera ambil solusi dan informasikan pada pelanggan. Dengan begitu, konsumen akan merasa bahwa keinginannya dipenuhi sehingga membuatnya mau bertahan.

Buat Program Loyalitas

Cara selanjutnya adalah dengan menciptakan program loyalitas. Program ini dapat dicetuskan dengan membuat sistem poin dengan reward.

Setiap pelanggan dapat mengumpulkan poin setiap kali melakukan pemesanan atau aktivitas lain yang kalian sediakan. Setiap kali poinnya sudah terkumpul maka pelanggan berhak memperoleh reward. Tentunya sesuai dengan kebijakan yang kalian tetapkan.

Reward ini bisa beraneka macam, mulai dari potongan harga di tiap pembelian dalam jumlah tertentu hingga gratis ongkir dan sebagainya.

Bangun Hubungan Emosional

Cara lain yang paling sering dilakukan adalah dengan terus menjalin komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi ini sifatnya lebih personal. Contohnya adalah mendoakan saat hari besarnya, seperti ulang tahun dan lain-lain.

Tidak hanya itu, kalian juga dapat terus menjaganya dengan mengirimkan pesan pengingat, rekomendasi produk yang sesuai, hingga mengirimkan newsletter bulanan. Semuanya dilakukan untuk menghasilkan interaksi yang lebih baik lagi.

Okay Guys, jadi bisa dikatakan bahwa customer loyalty ini bisa dibangun dengan memberikan pengalaman pelanggan yang tidak mengecewakan. Jika kalian mampu melakukannya maka pelanggan ini akan setia dan tidak jarang akan merekomendasikan brand kalian ke orang lain secara gratis. 

Oia, ada info, nih. Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment