10 Strategi SEO Jitu untuk Website Baru

Kalian pemilik bisnis atau website? Pasti harapan kalian adalah muncul di peringkat teratas halaman pertama mesin pencari seperti Google. Namun, jika website masih baru tentu bukan hal mudah. Makanya, perlu strategi SEO yang tepat. Tak usah lama–lama, langsung simak yuk 10 Strategi SEO Jitu untuk Website Baru

Mengapa SEO penting untuk Website Baru?

Bisa dibilang website baru masih kosong, tidak ada halaman index, tidak ada backlink, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan user. Nah, kalian harus terus mengisi website tersebut supaya semakin mudah dikenal Google.

Teknik mengisi website inilah yang harus diperhatikan. Kalian harus melakukannya dengan strategi SEO yang tepat supaya website anda dapat menjadi andalan secara spesifik.

Strategi SEO untuk Website Baru

Dengan penerapan SEO yang tetap, lama-lama website bisa terus berkembang bahkan bersaing dengan situs-situs besar lainnya. Yuk tempuh 10 langkah strategi SEO untuk website baru kalian.

1. Pilih domain yang tepat

Jika sudah memiliki produk khusus, membuat website atau landing page adalah langkah terpenting berikutnya.

Silakan pastikan memilih domain website yang sesuai dengan brand sebab kalian tidak bisa mengubah-ubah domain sebebasnya. Dengan domain baru, kalian memulai teknik SEO dari nol.

2. Pilih provider website hosting yang cepat

Semisal kalian sudah menerapkan teknik SEO yang tepat dan rajin membuat konten, nih. Nah, permasalahannya adalah semua itu tidak akan berarti jika website bermasalah.

Pastikan website kalian user-friendly ya dan dapat melakukan loading dengan cepat. Google juga menilai kecepatan website dalam memuat konten. Semakin lambat konten dimuat, Google akan menilai buruk website.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. 

3. Siapkan Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu fitur yang disediakan Google untuk membantu meningkatkan SEO website. Ada beberapa hal yang bisa dicek, seperti:

  • Masalah page speed
  • Organic keyword yang sesuai dengan website Anda
  • Angka click through rate (CTR)
  • Sitemap submission
  • Crawl dan index error
  • Page performance

Saat sudah membeli domain, memasang Google Search Console dan memiliki host yang cepat, tandanya kalian sudah mencapai tahap minimal website berkualitas. Selanjutnya, kalian perlu menyiapkan strategi SEO.

4. Pelajari SEO kompetitor 

Silakan lakukan pencarian di Google untuk produk atau jasa yang kalian sediakan lalu perhatikan website atau iklan yang muncul di halaman pertama.

Perlu lho melakukan riset kecil-kecilan jika ingin bersaing dengan website-website tersebut. Ketika melakukan analisis, silakan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Seberapa mirip website tersebut dengan website kalian? Seberapa besar perbedaannya? Perhatikan unique selling points mereka.
  • Topik apa yang ditulis di website tersebut?
  • Keyword apa yang berhasil mereka dapatkan ranking teratasnya?

Tentunya tidak semua website menjadi pesaing kalian ya. Jadi, lakukan identifikasi untuk website yang menjual benda atau jasa serupa, menulis konten yang sama, dan mengambil keyword ranking yang kalian bidik.

5. Lakukan riset keyword

Keyword merupakan inti dari strategi SEO. Keyword yang menghubungkan kueri pencarian user dengan konten yang tersedia di website kalian. Hal ini termasuk salah satu bagian strategi digital marketing.

Cara kerja Google adalah menggunakan keyword yang dicari user untuk mengidentifikasi dan menyajikan informasi yang paling cocok dengan user. Inilah yang disebut search intent.

Kalian harus memastikan bahwa website kalian memang dapat memenuhi search intent tersebut. Oleh karena itu, penting melakukan riset keyword dengan tools yang dapat dipercaya.

Ketika memilih keyword, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Apakah keyword tersebut benar-benar cocok dengan produk atau jasa kalian?
  • Apakah keyword tersebut sesuai dengan pertanyaan yang dilontarkan calon customer dalam buying journey mereka?
  • Seberapa tinggi level kesulitan keyword atau tingkat persaingan tersebut?
  • Seberapa besar search volume untuk keyword tersebut?
  • Website apa yang muncul di halaman pencarian Google? (blog, landing page, atau home page)

6. Ciptakan kalender konten

Jika domain dan hosting sudah pas, riset keyword juga sudah oke, semuanya tidak akan berarti jika tidak membuat konten secara konsisten.

Google akan semakin menyukai website yang relevan dan terus menyediakan konten yang dibutuhkan. 

Jadi, silakan rancang kalender konten dan penuhi jadwal tersebut. Kalian bisa menulis blog post yang sesuai, lakukan secara rutin, optimalkan konten, dan lakukan pelacakan ranking keyword tersebut.

7. Struktur URL yang optimal

URL juga cukup berpengaruh dalam pencarian Google loh meski tidak terlalu signifikan. Pastikan konten dan URL kalian terletak dengan rapi di website. 

8. Review core web vitals dan page experience

Membuat konten secara rutin dengan keyword yang sesuai mungkin bisa membuat kalian mendapatkan rating tinggi di Google. Eitss, kalian harus terus memastikan bahwa kualitas website kalian memang terjaga.

Jadi, silakan lakukan pengecekan secara rutin, gunakan fitur-fitur yang tersedia. Jika menemukan masalah seperti loading page terlalu lama atau semacamnya, ranking Google bisa kena dampak, loh.

9. Perhatikan aksesibilitas

Aksesibilitas adalah level kemudahan user dan mesin pencari untuk mengakses informasi di website kalian. Jika informasi makin mudah ditemukan maka kualitas website makin bagus.

Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan:

  • Web harus mobile friendly karena saat ini hampir semua orang mengakses internet melalui handphone.
  • Pastikan tampilan website rapi ya.
  • Gunakan warna dan kontras yang sesuai.
  • Label setiap elemen dengan sesuai, misalnya tombol-tombol dalam web.
  • Pastikan ukuran font kalian cukup besar dan mudah dibaca.

10. Promosi dan iklan

Oia, jangan sampai konten website kalian tidak terjamah sama sekali, ya. Jadi, silakan sesekali siapkan budget untuk beriklan dan melakukan promosi.

Kalian tak perlu terus-menerus melakukan promosi kok, budget yang disiapkan juga tak perlu terlalu besar. Silakan kalian gunakan Google Ads, sesuaikan dengan kebutuhan kalian, dan siapkan iklan yang sesuai.

Gimana, sudah siap untuk mengaplikasikan strategi SEO untuk website baru kalian? Menarik untuk dicoba kan?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment