10+ Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Website

10+ Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Website

Ada berbagai macam contoh TLD dan fungsinya pun berbeda-beda. Jika kalian ingin tahu contoh tld terbaik untuk keperluan bisnis, kalian wajib menyimak artikel 10+ Contoh Top Level Domain Terbaik untuk Website. Check it out!

10+ Contoh Top Level Domain Terbaik Bagi Website 

Kalian tentu sudah tahu beberapa contoh top level domain sebagai berikut:

  • .COM: ekstensi domain paling populer. Biasanya untuk penggunaan komersial.
  • .ORG: nama domain untuk organisasi nonprofit.
  • .NET: top level domain untuk perusahaan teknologi jaringan, seperti penyedia jasa internet.
  • .CO.ID: tujuan code top level domain untuk website dengan perusahaan di Indonesia.
  • .BIZ: domain untuk website toko online sampai startup.

Eitss, masih ada lagi, loh.! Yuk kita bahas satu persatu.

1. .ID

Domain .ID adalah country code top level domain (ccTLD) yang digunakan oleh website bisnis di Indonesia. Kalem, sebenarnya website personal seperti blog pun bisa memakai domain ini, kok.

Oleh karena itu, salah satu kelebihan domain .ID adalah tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk pemakainya. 

2. .CO.ID

Domain .CO.ID khusus untuk website dengan perusahaan di Indonesia yang sudah diakui secara hukum. Oleh sebab itu, harus mengumpulkan persyaratan, seperti scan SIUP/TDP, surat kepemilikan merk, dan sebagainya.

FYI, domain .CO.ID juga dapat membantu perusahaan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sebab, hanya bisnis dengan legalitas hukum saja yang bisa memperolehnya.

3. .OR.ID

.OR.ID merupakan singkatan dari organisasi Indonesia. Artinya, hanya organisasi sah dari Indonesia saja yang bisa menggunakannya.

contoh top level domain terbaik

4. .COM

Umumnya, isi website .COM memang ditujukan untuk kebutuhan komersial dan pemasaran.

contoh top level domain terbaik

Selain perusahaan, individu pun bisa juga memakai top level domain .COM, seperti blog atau website portfolio.

5. .CO

Top level domain .CO biasa digunakan untuk keperluan bisnis, baik startup, perusahaan, atau jenis usaha lainnya.

Waahh, untungnya sih apapun jenis industri website boleh memilih menggunakan DOMAIN .CO. Baik web perusahaan kuliner, pendidikan, teknologi, dan sebagainya.

6. .STORE

Kalian bisa jadi sudah tahu bahwa fungsi domain .STORE adalah untuk menunjang website bisnis. Sebab, .STORE berasal dari kata “store”, yang artinya adalah toko.

Uniknya, isi website dengan domain .STORE tidak harus merujuk ke lokasi geografis tertentu secara spesifik. Sehingga, website kalian bisa memilih target audiens secara nasional maupun internasional.

7. .TECH

Domain .TECH adalah TLD yang tepat untuk website perusahaan teknologi. Saat orang-orang mendengar domain dengan ekstensi .TECH, mereka langsung menebak bahwa pemilik website tersebut bergerak di industri teknologi. Iya, kan?

8. .EDU

Domain .EDU diambil dari kata education. Sesuai fungsinya dong ya jika nama domain .EDU memang untuk kepentingan situs pendidikan. Maka, biasanya penggunanya adalah situs sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya.

9. .BLOG

Ada yang sedang ingin memperkuat personal branding sebagai seorang blogger? Yups, TLD .BLOG bisa menjadi ekstensi domain yang tepat.

Baca Juga: Cara Membuat Blog

10. .XYZ

Apakah contoh top level domain .XYZ masih terdengar asing bagi kalian? Padahal nih ya, domain ini dibuat sebagai alternatif domain .COM, loh.

Domain .XYZ adalah kumpulan inisial dari tiga julukan generasi usia. Generasi X, Y, dan Z.

Oleh karena itu, dengan menggunakan domain ini, bisa membantu memberi kesan yang lebih unik, modern, dan merangkul berbagai kalangan usia. 

11. .GOV

Domain TLD .GOV berasal dari kata government. Makanya nama domain ini memang terbatas untuk situs pemerintahan saja.

12. .ORG

Domain .ORG adalah generic top level domain (gtld). Pemilik website yang menggunakan nama domain ini biasanya organisasi nonprofit atau nonkomersial.

FYI, isi website dengan TLD ini biasanya bertujuan untuk mendukung misi kemanusiaan. Bisa juga untuk mendukung kegiatan komunitas.

13. .NET

Domain .NET merupakan ekstensi untuk perusahaan atau organisasi yang berkaitan dengan jaringan (network). Baik website jaringan internet maupun bisnis teknologi jaringan lainnya. 

Eitss, tenang, karena sebenarnya kalian bisa menggunakan nama domain ini kok untuk berbagai jenis website bisnis maupun pribadi.

14. .BIZ

Domain .BIZ diambil dari kata business. Artinya, fungsi TLD .BIZ adalah untuk memperkuat branding situs sebagai website bisnis.

Jadi, jika kalian ingin membuat toko online, situs bisnis, maupun website startup, silakan kalian menggunakan domain .BIZ.

Jadi, Mana Top Level Domain yang Paling Cocok Bagi Kalian?

Bisa dikatakan bahwa fungsi tiap TLD itu berbeda-beda dan tidak semua nama domain bisa digunakan begitu saja, ya. Sebab, beberapa nama top level domain memiliki syarat tertentu.

Selain jenis TLD, sebelum kalian membeli domain, kalian juga harus memperhatikan kualitas penyedia domainnya. Jika membeli ekstensi dari penyedia domain abal-abal, bisa jadi membayar dengan harga lebih mahal untuk domain yang kurang tepercaya.

Makanya, yuk pakai Jetorbit saja sebab menyediakan berbagai domain murah yang pastinya cocok untuk kebutuhan bisnis kalian.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like