Siapa Itu Afiliator dan Apa Saja Keuntungannya?

Selain mudah untuk memulainya, penghasilan yang diperoleh juga bisa ratusan juta dengan menjadi afiliator. Apalagi, bisa melakukannya dari rumah. Menarik, kan? Sebenarnya afiliator itu siapa sih dan pekerjaannya apa saja? Okay, tak usah pakai lama, langsung simak yuk Siapa Itu Afiliator dan Apa Saja Keuntungannya?

Siapa Itu Afiliator?

Afiliator adalah sebutan untuk orang yang mengikuti program afiliasi. Sedangkan afiliasi adalah program kerja sama suatu brand dengan orang lain yang akan memberi suatu komisi jika orang tersebut berhasil menjual produk brand yang bekerja sama.

Jadi, tugas afiliator adalah mengajak orang untuk membeli produk milik brand yang program afiliasinya kalian ikuti. 

Nah, agar orang mau membeli produk, ya harus rajin mempromosikan produk dengan social media marketing. Bisa melalui berbagai konten online, seperti postingan blog, media sosial, dan video di YouTube.

Contohnya, dengan menulis review di blog kalian tentang kelebihan suatu produk dan mengajak pembaca untuk membeli produk tersebut melalui link yang dicantumkan.

Link tersebut berisi kode referral khusus yang kalian dapatkan setelah mendaftar program afiliasi. Nah, kalian wajib menggunakan link tersebut agar mendapat komisi karena berhasil menjual produk.

Keuntungan Menjadi Afiliator

Pekerjaan afiliator menawarkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

1. Bisa Bekerja di Mana pun dan Kapan pun

Pekerjaan afiliator hanya butuh perangkat komputer untuk bekerja dan koneksi internet yang stabil. Kalian tak harus bekerja dari pagi hingga sore untuk melakukan tugas afiliator. Makanya, silakan  jadikan ini sebagai profesi sampingan. Asik, kan?

2. Memiliki Penghasilan Pasif

Keunggulan utama menjadi afiliator adalah memiliki penghasilan pasif yang jumlahnya cukup menggiurkan. Sebab, link afiliasi kalian akan terus-menerus mendatangkan uang selama tidak dihapus dari konten kalian.

Nah, poin yang tak kalah penting adalah konten kalian harus bisa mempengaruhi audiens agar membeli produk menggunakan link kalian. Makanya silakan ikuti afiliasi yang produknya memang sesuai dengan niche blog atau media sosial kalian.

Pastikan juga konten kalian mudah ditemukan audiens agar mereka tahu tentang promosi kalian, ya.

3. Tidak Butuh Modal Besar

Memulai pekerjaan afiliator adalah hal mudah! Apalagi jika kalian sudah punya kemampuan untuk membuat konten promosi yang efektif.

Selanjutnya, silakan kalian bergabung dengan suatu program afiliasi yang umumnya gratis. Agar, kalian tak perlu keluar dana untuk mulai memasarkan produk yang ditawarkan brand penyedia program afiliasi.

4. Tidak Terbatas pada Satu Program Afiliasi

Apabila kalian memang menginginkan lebih banyak penghasilan dengan menjadi afiliator, tentu boleh, dong! Hanya saja, pastikan dulu bahwa kalian punya cukup waktu dan energi untuk membuat beberapa konten sekaligus dan memantau efektifitas masing-masing promosi yang dilakukan. 

FYI, silakan pelajari syarat dan ketentuan penyelenggara program afiliasi, ya. Sebab, ada yang tidak membolehkan kalian menjadi afiliator brand lain.

Perbedaan Afiliator dengan Influencer

Berikut ini ada beberapa perbedaan dari afiliator dengan influencer:

  • Influencer dipilih oleh brand untuk mempromosikan produknya, sedangkan afiliator mendaftar secara mandiri pada suatu program afiliasi.
  • Penghasilan influencer biasanya dihitung berdasar jumlah yang disepakati dengan brand yang bekerja sama. Sedangkan pendapatan afiliator berupa komisi dari setiap penjualan yang berhasil closing.
  • Influencer mendapat bayaran sebelum membuat konten promosi yang disetujui dengan brand. Sedangkan afiliator mendapat komisi setelah mempromosikan dan berhasil menjual produk.
  • Influencer biasanya bisa menyudahi kerjasama setelah membuat konten pemasaran untuk brand pada periode tertentu sesuai ketentuan kerjasama. Sementara itu, afiliator bisa terus menjual produk sesuai keinginan selama tidak melanggar ketentuan program.

Bagaimana, Sudah Paham Siapa Itu Afiliator?

Okay, jadi bisa dikatakan bahwa afiliator adalah profesi yang menguntungkan dan mudah dijalankan. Mudah sebab hanya perlu bermodal komputer, koneksi internet, dan kemampuan membuat konten pemasaran yang baik untuk mendapat banyak penghasilan.

Dapatkan penghasilan melalui afiliasi Jetorbit, yuk! 

Siapa Itu Afiliator

Peluang mendapat jutaan rupiah setiap bulan dengan minimal pencairan yang rendah. Yuk gabung di afiliasi Jetorbit sekarang dan raih penghasilan bulanan!

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment