Apa Itu Mockup dan Cara Membuatnya

Sharing is caring!

Para desainer grafis tidak akan asing dengan kata mockup. Mockup biasanya digunakan untuk keperluan presentasi di depan klien terkait membuat hasil desain seolah terlihat nyata. Selain itu, mockup juga digunakan sebagai alat untuk memajang sebuah desain sebelum memasuki tahap cetak atau tahap produksi. Tahap inilah yang akan memberikan sebuah gambaran nyata terkait bagaimana tampilan sebuah desain setelah diaplikasikan ke berbagai media. Bagi yang belum tahu, baca sampai selesai ya Gaes artikel tentang Apa Itu Mockup dan Cara Membuatnya.

Apa Itu Mockup?

Mockup merupakan media visual yang digunakan untuk melihat preview sebuah konsep desain. Selanjutnya diberikan efek visual sehingga hasil gambar terlihat menyerupai wujud yang sebenarnya.

Mockup akan memberikan gambaran desain sebelum diaplikasikan menjadi benda nyata sehingga memudahkan pekerjaan desainer. Mockup pun akan membantu desain terlihat nyata dan lebih menarik karena variasi dua dimensi dan tiga dimensi.

Mockup yang mempunyai tampilan menarik dan terkesan modern ini, tentu saja cocok digunakan saat presentasi atau dimasukkan ke dalam Graphic Standard Manual (buku GSM).

Apa Fungsi Mockup?

Mockup mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Melihat preview desain sebelum dicetak atau diproduksi.
  2. Biaya yang dikeluarkan hemat karena tidak perlu mencetak desain yang belum fix.
  3. Sebagai kontrol untuk menjaga display desain agar tidak melenceng dari konsep awal.
  4. Menjadi pedoman teknis perancangan desain.
  5. Dapat melihat gambaran nyata bagaimana desain Anda saat sudah diproduksi.

Kegunaan dan Keuntungan Mockup

Berikut ini merupakan kegunaan dan keuntungan menggunakan Mockup:

  1. Kreasi Tanpa Ada Batasnya

Dengan mockup maka seorang desainer dapat mengaplikasikan dan mengkreasikan desainnya ke dalam mockup sebanyak mungkin.

  1. Murah

Saat Mockup digunakan maka dibutuhkan sebuah perangkat komputer dan ditambah dengan software editing gambar, seperti Photoshop. Dengan itulah desainer bisa membuat desain terlihat nyata dengan biaya gratis.

  1. Menghemat Waktu

Desainer hanya membutuhkan beberapa menit untuk mengaplikasikan sebuah desain ke dalam sebuah mockup

  1. Seragam

Saat menggunakan mockup dengan bantuan Photoshop atau Coreldraw atau lainnya akan menghasilkan satu desain preview produk yang seragam. Anda dapat cek langsung ke toko online di bagian katalog produk.

Kekurangan Mockup

  1. Mockup Gratis Masih Langka

Mokcup dengan kualitas detail gambar yang baik sekaligus gratis sangat sulit untuk ditemukan. Mockup gratis jika bisa ditemukan, hanya berupa mockup portofolio dari desainer pembuat mockup yang memang digratiskan untuk tujuan promosi menarik konsumen membeli produk mockup yang dijualnya.

  1. Terbatas

File .PSD merupakan file dengan jenis bitmap dan ini merupakan file nya Mockup yang ditujukan untuk presentasi desain. Sehingga hanya bisa diedit dengan aplikasi berbasis bitmap, seperti Photoshop. File tidak bisa diedit melalui aplikasi berbasi pixel, seperti CorelDRAW atau Illustrator. Jika bisa diedit maka file mockup dengan eksitensi selain .PSD, seperti .CDR.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Seputar Mockup dan Cara Membuatnya
Artikel
Seputar Mockup dan Cara Membuatnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Para desainer grafis tidak akan asing dengan kata mockup. Bagi yang belum tahu, baca sampai selesai ya Gaes tentang Apa Itu Mockup dan Cara Membuatnya.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment