Cara Mudah Membuat Mockup Website

Keberadaan mockup tergolong penting karena membantu pembuatan desain website. Bentar, ada yang belum tahu sama sekali cara membuat mockup website? Kalem, ada banyak pilihan situs atau layanan yang siap membantu kalian, loh. Makanya, tak usah pakai lama, langsung simak sampai kelar yuk mengenai Cara Mudah Membuat Mockup Website dan 5 Rekomendasi Tools Membuat Mockup Website

Apa Itu Mockup Website?

Mockup website ini bisa diartikan sebagai desain website dalam bentuk gambar. Di dalam sebuah mockup, harus ada komponen-komponen penting, ya. Seperti content layout, color scheme, typography, spacing, navigation visuals, serta atribut-atribut visual lainnya. 

Jika kalian benar-benar ingin menampilkan website dengan tampilan yang bagus, kalian harus memperhatikan berbagai komponen tersebut secara serius, ya. 

Hal ini juga harus diperhatikan oleh para desainer mockup website. Supaya hasilnya maksimal, dan membuat pembaca betah. Secara sederhana, mockup website ini mempresentasikan seperti apa web akan dipandang oleh para pengunjungnya. 

Biasanya, banyak yang menggunakan mockup website dengan format PSD. 

Cara Membuat Mockup Website

Berikut ini beberapa mockup yang bisa digunakan dan cara membuat mockup website: 

1.  Menggunakan Placeit.net

Cara membuat mockup website pertama adalah menggunakan situs placeit.net, salah satu situs pembuat mockup website yang terkenal.  

  • Pergi ke situs placeit.net.
  • Arahkan ke tab mockups.
  • Pilih produk sesuai dengan keinginan.
  • Selanjutnya, klik upload screenshot.
  • Pilih gambar yang akan ditempatkan produk.
  • Ubah ukurannya. Bisa juga potong gambar supaya pas dengan format yang dibutuhkan oleh produk. 
  • Jika sudah selesai, klik crop
  • Tunggu beberapa saat karena situs akan mengunggah desain kalian ke seluruh market yang sudah ada. 
  • Gulir produk-produk tersebut untuk memilih salah satu yang kalian suka.
  • Jika sudah memilih, kalian bisa menyesuaikan mockup-nya dengan keinginan. 
  • Terakhir, klik menu download agar desain mockup websitenya tanpa watermark

2. Menggunakan Photoshop

Seperti yang kalian ketahui bahwa Photoshop adalah salah satu tools desain yang populer. Berikut ini cara membuat mockup website di Photoshop yang bisa dicoba:

Membuat Kanvas Baru

Pertama, silakan buat kanvas baru dulu. Caranya dengan ctrl+n atau bisa juga dengan klik menu file dan pilih yang New. Dimensinya bisa diatur menjadi 1360 x 1979.

Pilih Warna Latar Belakang

Langkah berikutnya adalah membuat later yang baru untuk menempatkan warna latar belakang. Kalian bisa menggunakan fitur paint bucket tool

Membuat Guidelines

Ketika sudah selesai menentukan warna latar belakang, sekarang atur guidelines-nya. Caranya adalah pilih view lalu pilih new guide. Lalu, pilih posisi dan orientasi sesuai dengan mockup yang akan dibuat. 

Tentukan Warna Per Seksi

Cara membuat mockup website selanjutnya adalah memilih warna yang cocok dengan latar belakang desain kalian. 

Memasukkan Teks

Okay, waktunya memasukkan teks! Sekarang bisa masukkan teks kalian ke kanvas dan memasukkan teks sesuai kebutuhan, ya. Dalam hal ini, kalian bisa memasukkan slogan atau judul. 

Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran dan jenis teks yang akan dimasukkan. 

Tambahkan Tombol Aksi

Selanjutnya, masukkan tombol atau ikon yang berisi aksi. Kalian dapat menyimpan tombol tersebut dekat teks supaya mudah terdeteksi oleh para pengunjung website. Oia, pastikan juga kalau ikon atau tombolnya menarik sesuai dengan tema yang diangkat.

Tambahkan Gambar

Posisi gambar akan lebih menarik jika diletakkan di bagian pinggir teks. Kalian bisa memasukkannya sebagai pelengkap teks, ya. Pilih gambar yang bagus sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Memasukkan Logo

Logo menjadi bagian penting juga di dalam sebuah mockup website, loh. Makanya, kalian dapat menempatkan logo ke dalamnya. 

Testimoni

Anyway, jika mockup yang sedang dibuat untuk website toko online maka bisa ditambah testimoni dari pelanggan. Testimoni ini menjadi bagian yang tergolong penting, ya. 

Oia, adanya testimoni juga akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan ke toko kalian, loh. Dalam pembuatan testimoni, usahakan untuk mengatur penempatannya sedemikian rupa. Tak usah terlalu banyak, yang penting bagus, menarik, dan mudah dibaca oleh siapa pun.

Kontak dan Media Sosial

Menambahkan kontak dan media sosial bisa membuat pelanggan mengunjungi toko yang kalian miliki. Sebab, dapat terjalin komunikasi dua arah, nih. Pihak calon pembeli akan menghubungi kalian di kontak tersebut jika memang ada beberapa hal yang ingin ditanyakan. 

Jika sudah menambahkan berbagai hal yang penting, simpan hasilnya seperti halnya menyimpan desain pada umumnya. 

3. Menggunakan Situs Smartmockups

Cara membuat mockup website yang satu ini adalah dengan menggunakan situs. Kabar baiknya, kamu bisa membuat mockup website secara gratis di sini, tanpa watermark juga, loh. Berikut ini tahapannya:

  • Buka dulu situsnya, yaitu smartmockups.com melalui browser di laptop. 
  • Klik kata kunci macbook, laptop, atau bisa juga merk laptop yang sesuai keinginan. 
  • Silakan pilih desain yang pas. Jika tertarik pada sebuah desain, tinggal klik pada desain tersebut. 
  • Klik menu upload from untuk menambahkan atau memasukkan gambar ke dalam desain. 
  • Lanjutkan dengan klik menu upload image.
  • Pilih gambar yang ada di penyimpanan maka gambarnya akan terupload dan disesuaikan oleh situs. 
  • Terakhir, klik menu download untuk menyimpannya. 

Tools Membuat Mockup Website

Selain bisa mengandalkan beberapa tools di atas, kalian juga bisa mengandalkan beberapa tools berikut ini:

1. Mockupworld.co

Mockupworld.co. merupakan salah satu pilihan tepat saat akan membuat mockup website secara gratis. Cara membuat mockup website di sini juga sangat mudah. 

Situs ini menyediakan berbagai macam tampilan mockup. Mulai dari tampilan di smartphone, watch, iPad, laptop, dan yang lainnya. Nah, bagi yang kemampuan desainnya pas-pasan, coba saja situs ini dijamin kalian akan puas!

2. Themockup.club

Cara membuat mockup website berikutnya bisa dengan menggunakan situs themockup.club. Meski termasuk tools gratisan tapi hasilnya tetap bagus sekali. Nantinya, kalian bisa memilih desain sesuai keinginan. 

Dengan demikian, kalian akan menemukan informasi terkait dengan dimensi gambarnya, lalu formatnya, sampai ukuran filenya. Berhubung di sini ada yang berlisensi juga, jangan lupa untuk mencari yang tidak ada lisensinya, ya.

3. Mockups-design.com

Kualitas desain website yang ditawarkan juga tergolong sangat bagus, bahkan hampir sama dengan yang premium. Di sini, kalian bisa menemukan banyak varian menarik. 

Sedangkan jenis file yang diperoleh adalah file ZIP yang isinya adalah varian-varian yang mereka tawarkan. Tampilannya simple sehingga mudah untuk digunakan dalam proses pembuatan.

4. Goodmockups.com

Goodmockups.com adalah sebuah website yang menyediakan banyak fitur menarik. Salah satunya adalah fitur kategorinya. Fitur ini memungkinkan untuk menemukan berbagai kategori desain sesuai keinginan. 

Nah, untuk memudahkan pencarian desain yang pas, kalian dapat menggunakan menu pencariannya mereka. Tinggal masukkan saja kata kunci ke dalam kolom pencarian dan tunggu hasilnya muncul. 

5. Canva

Siapa sih yang tidak kenal dengan tools Canva? Pasti pada kenal. Sebab, Canva adalah alat editing yang sangat menarik. 

Ada banyak sekali fitur yang akan membantu untuk menciptakan sebuah desain yang bagus, menarik, dan terkesan mahal. Menariknya, Canva juga bisa diandalkan jika ingin membuat desain website. 

Situs ini menawarkan cara membuat mockup website yang mudah dan cepat, apalagi dengan penataan fitur-fiturnya yang bagus. Anyway, kalian bisa menggunakan Canva secara gratis!

FAQ 

Apa perbedaan antara mockup dengan prototype? 

Mockup merupakan rendering statis tapi realistis. Ia menjadi gambaran bagaimana fitur digunakan nantinya. Sedangkan prototype adalah representasi kesetiaan yang menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan fitur atau produk yang baru.

Apa kekurangan mockup?

Mockup dapat membantu stakeholder untuk memperoleh gambaran awal karena berfungsi sebagai rancangan desain. Namun, gambar tersebut hanya visual, ya. Sehingga, feedback-nya bisa saja hanya fokus pada visual dibanding fungsinya.

Miliki website dan langsung online sekarang juga!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Jetorbit siap membantu onlinekan website idaman kalian dan menjadikan usaha kalian dikenal oleh seluruh dunia. Jetorbit tidak hanya membangun website atau aplikasi namun juga mengembangkan bagian bisnis kalian.

Salah satu alasan kalian harus membuat website di Jetweb adalah kami memberikan solusi pada apa yang kalian inginkan melalui website dan aplikasi dengan desain, ide, serta kemungkinan yang tak terbatas lainnya. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment