Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Marketing Objectives

Sharing is caring!

Sebagian besar dari kita ingin tahu apa tujuan kita sebelum kita memulai suatu proyek. Menciptakan strategi pemasaran sebelum menentukan tujuan pemasaran Anda, itu seperti halnya menempatkan kereta di depan kuda. Makanya, yuk baca Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Marketing Objectives

Oleh karena itu. kita akan melalui semua yang perlu Anda ketahui untuk memastikan Anda menyiapkan bisnis Anda untuk sukses dengan tujuan pemasaran yang efektif dan dapat ditindaklanjuti.

Apa Itu Tujuan Pemasaran?

Tujuan pemasaran adalah target yang dapat ditindaklanjuti yang dirancang untuk memberikan tidak hanya arahan secara keseluruhan tetapi juga tindakan yang jelas dan spesifik. Mereka spesifik (specific), terukur (measurable), dapat dicapai (attainable), relevan (relevant), dan berbasis waktu (time-based) atau sering disebut SMART goals.

Tujuan pemasaran harus dikaitkan dengan kesuksesan perusahaan secara keseluruhan, bukan hanya angka yang sewenang-wenang. Akan tetapi, bagaimana Anda akan sampai di sana dan apa tujuan trafik itu?

Tujuan menguraikan lebih dari sekedar angka tertentu tetapi juga bagaimana Anda berencana untuk mencapai angka itu dan dampak apa yang akan diakibatkan titik akhir terhadap perusahaan secara keseluruhan.

Goals dan objectives adalah dua sisi dari koin yang sama. Secara umum, sasaran bisnis menentukan titik akhir, sementara objectives adalah garis besar yang lebih spesifik tentang bagaimana tim pemasaran Anda akan sampai di sana. marketing-objectives-1

Istilah-istilah ini sering digunakan secara bergantian dan mungkin memiliki definisi berbeda di perusahaan yang berbeda. Namun untuk pemasar digital, mereka memiliki perbedaan tersendiri:

  • Marketing objectivesadalah tujuan spesifik dan terukur yang dirancang untuk memberikan instruksi dan target.
  • Marketing goals adalah tujuan yang lebih luas yang dirancang untuk menguraikan bagaimana bisnis Anda dapat memperoleh manfaat dari upaya pemasaran digital.

Mengapa Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives) Sangatlah Penting?

Tanpa tujuan yang jelas, marketing goals Anda akan kurang jelas dan tidak dapat ditindaklanjuti.

Ketika pemasar digital tidak meluangkan waktu untuk menguraikan tujuan dan mengukur dampaknya, mereka tidak dapat memastikan apakah upaya mereka memiliki dampak.

Apa Saja Fitur Utama dari Marketing Objectives yang Efektif?

Marketing objectives harus mengikuti filosofi SMART agar efektif. marketing-objectives-2

Specific: Metrik khusus harus digunakan dalam marketing objectives Anda. Jangan hanya mengatakan Anda ingin meningkatkan penjualan tetapi katakan seberapa besar Anda ingin meningkatkan penjualan.

Measurable: Tujuan harus dapat diukur dan Anda harus menjelaskan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan. Tujuan Anda mungkin untuk meningkatkan brand awareness tetapi tujuan Anda harus mencakup bagaimana Anda akan mengukurnya, misalnya dengan mengukur peningkatan pencarian merek organik, social mentions, atau social followers.

Attainable: Anda mungkin ingin meningkatkan penjualan hingga 200% tetapi apakah tujuan itu benar-benar dapat dicapai? Pastikan tolok ukur yang Anda tetapkan masuk akal dan dapat dicapai. Selain itu, garis besar langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Relevant: Salah satu kelemahan utama dari tujuan adalah mereka menguraikan tujuan tetapi tidak pada poin seberapa mencapai tolok ukur itu akan berdampak pada strategi pemasaran secara keseluruhan. Sasaran harus relevan dengan tujuan menyeluruh bisnis Anda.

Time-Based: Sebagian besar tujuan pemasaran didasarkan pada tahun atau kuartal keuangan tetapi itu mungkin berbeda berdasarkan tujuan dan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tolok ukur.

 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Marketing Objectives
Artikel
Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Marketing Objectives
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebagian besar dari kita ingin tahu apa tujuan kita sebelum kita memulai suatu proyek. Yuk baca Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Marketing Objectives
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment