membeli-laptop-baru

Seberapa Sering Anda Harus Membeli Laptop Baru? Mari Kita Perhatikan 4 Tanda Penting Ini.!

Sharing is caring!

Laptop Anda menjadi lebih sering bermasalah akhir-akhir ini dan Anda bertanya-tanya apakah sudah waktunya untuk upgrade. Jika laptop Anda berjalan sangat lambat atau menunjukkan tanda-tanda tidak seperti biasanya atau laptop tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, mungkin inilah saatnya untuk memulai pencarian laptop baru. Yuk cari tahu lebih lanjut dengan baca Seberapa Sering Anda Harus Membeli Laptop Baru? Mari Kita Perhatikan 4 Tanda Penting Ini.!

Apakah Memang Secepat Itu?

Mengingat kerumitan membeli laptop baru dan mentransfer semua data Anda ke software baru, haruskah Anda tetap memiliki dan hanya memperbaiki laptop atau membeli mesin baru? Seberapa sering Anda harus membeli laptop baru? Beberapa pertanyaan penting yang patut dipertimbangkan tentunya.

Umur Rata-rata Sebuah Laptop

Para ahli mengatakan bahwa laptop harus bertahan 3 hingga 5 tahun. Namun, perkiraan ini dipengaruhi oleh banyak faktor:

  • Jika Anda menggunakan laptop Anda pada setting berkinerja rendah, yang tidak terlalu membebani CPU, mungkin akan bertahan lebih lama.
  • Membersihkan debu dan memeriksa kipas pendingin juga menjamin laptop Anda akan bertahan lebih lama.
  • Menyimpan laptop Anda di tempat yang kering dan sejuk juga akan memperpanjang masa pakainya. Perubahan suhu yang ekstrim akan memberikan efek negatif pada cara kerja laptop.
  • Singkatnya, jika Anda cukup memperhatikan perawatannya, laptop Anda bisa bertahan hingga 8 tahun. Namun, ini bukanlah masalah utama yang dihadapi pengguna laptop.

Tidak seperti PC desktop, terkadang sulit untuk upgrade komponen laptop. Beberapa hardware (terutama yang ada di laptop yang lebih murah), soldered langsung ke motherboard. Artinya, laptop Anda mungkin masih berjalan tetapi tidak sesuai dengan persyaratan sistem dari program dan aplikasi terbaru, seperti game PC.

Anda disarankan untuk memeriksa aplikasi yang sering Anda gunakan. Jika Anda merasa laptop Anda tidak dapat mengimbangi mereka, itu pertanda laptop Anda akan diganti.

Tanda-Tanda Bahwa Anda Perlu Mengganti Laptop Anda

Sangatlah penting untuk selalu memperhatikan kesehatan dan efisiensi sistem Anda. Berikut ini beberapa tanda yang mungkin berarti sudah waktunya untuk mengganti laptop Anda:

  • Sistem Berjalan Rendah

Jika laptop Anda terlalu lama untuk boot dan mati, sekaranglah saatnya untuk mengganti laptop Anda. Anda juga dapat menentukan ini dengan memperhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan program untuk load.

Beberapa hal tidak melambat secara tiba-tiba tetapi Anda akan dapat melihat perubahan seiring berjalannya waktu. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dapat upgrade komponen untuk meningkatkan kinerja laptop. Namun, setelah beberapa saat, mengganti laptop akan menjadi lebih terjangkau dibandingkan Anda terus-menerus memperbaiki masalah.

  • Laptop Mendadak Mati

Tanda lain bahwa mungkin sudah saatnya mengganti laptop adalah kepanasan. Laptop yang terlalu panas tiba-tiba akan mati. Hal ini terjadi saat kipas tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika kipas lebih berisik dari biasanya atau laptop Anda terlalu mudah panas, Anda dapat mencoba memperbaikinya dahulu. Namun dalam beberapa kasus, memperbaiki kipas tidak akan berfungsi dan Anda hanya perlu mengganti laptop. Melihat layar biru atau Blue Screen of Death (BSoD), juga merupakan tanda pasti bahwa laptop gagal dalam beberapa hal.

  • Software Baru Tidak Dapat Dimuat

Meskipun laptop Anda sedang beroperasi, mungkin tetap terasa tidak optimal, yakni saat Anda mencoba upload program baru sedangkan laptop Anda tidak memenuhi persyaratan sistem minimum. Kondisi tidak optimal atau tidak semestinya inilah yang mungkin harus Anda pertimbangkan untuk upgrade atau replacement.

Game dan program software baru, semakin kesini membuat sistem dituntut agar lebih baik lagi sehingga bisa memenuhi persyaratan minimum suatu program atau aplikasi. Laptop lama Anda mungkin bisa mengatasinya dan mungkin juga tidak. Ini bisa menjadi masalah nyata jika Anda membutuhkan program software yang berat untuk sekolah atau kantor.

  • Sistem Keamanan yang Kadaluarsa (Outdated Security)

Di dunia ini, kita paham betapa pentingnya melindungi data kita dari penjahat dunia maya. Saat kita menjelajah online (browsing), kita terus-menerus menjadi sasaran virus, software jahat, dan peretas (hackers).

Pastikan software laptop Anda diperbarui dengan benar. Laptop dengan kondisi yang baik, tentunya dapat menerima security software update untuk melindungi Anda dan sistem Anda tanpa masalah.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Anda Membeli Laptop Baru

Jika Anda telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengganti laptop, ada banyak model dan tipe yang dijual di pasaran. Namun jika Anda memasuki proses pembelian laptop tanpa pengetahuan apapun, justru hal ini bisa berakhir dengan sistem yang hampir tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Bahkan bisa saja Anda membeli laptop dengan fitur yang tidak akan pernah Anda gunakan. Jika Anda memutuskan sudah waktunya untuk laptop baru, berikut adalah beberapa spesifikasi penting yang harus Anda pertimbangkan:

Ukuran

Dari 11 hingga 17 inci, ada berbagai macam model untuk dipertimbangkan. Jika portabilitas adalah masalah mendasar, prioritaskan laptop dengan footprint yang lebih kecil. Mereka akan lebih nyaman untuk dibawa-bawa.

Laptop 12 inci dan 13 inci menawarkan opsi tampilan yang bagus dan merupakan teman yang baik jika Anda selalu bepergian. Salah satu terobosan laptop sebagai teman terbaik bagi wisatawan bisnis adalah Lenovo ThinkPad 14, yang merupakan laptop dengan ukuran 14 inchi, yang dapat Anda lihat detailnya di sini.

Laptop yang lebih besar biasanya memiliki hardware yang lebih canggih, seperti kartu grafis khusus, bukan terintegrasi. Mereka sangat cocok untuk menuntut program software dan game PC. Laptop dengan ukuran yang lebih besar, juga memiliki lebih banyak port serta dengan ukuran yang lebih besar maka area tampilan pun akan lebih besar.

Tipe

Selain laptop tradisional, ada versi yang lebih baru yang sesuai dengan kebutuhan yang berbeda yang disebut ultrabook. Biasanya ultrabook sangat ringan dan sangat efisien dalam hal daya dan masa pakai baterai.

Netbook menawarkan keseimbangan antara daya dan portabilitas sehingga mewakili investasi yang baik jika Anda menginginkan laptop tangguh yang dapat Anda pindahkan dengan mudah. 

Netbook merupakan laptop yang sengaja dirancang agar lebih kecil dan lebih murah daripada sistem lain di kelas tersebut. Untuk menemukan “sweet spot” dengan biaya rendah di pasar, netbook memiliki beberapa perbedaan utama dibandingkan laptop, yakni dari segi prosesor, penyimpanan (storage), serta fitur.

Laptop 2-in-1 cukup populer saat ini karena Anda dapat menggunakan laptop sebagai tablet setelah melepas atau membalikkan keyboard ke belakang layar. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda menonton film di layanan streaming.

Pada dasarnya, laptop 2-1 dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yakni hybrid dan convertible. Hybrid adalah laptop yang mana layar bisa benar-benar terlepas dari keyboard dan berfungsi sebagai touchscreen. Sebagai dasarnya yaitu keyboard, berisi fungsi yang lengkap seperti port USB dan baterai sendiri. Sedangkan convertible laptop adalah layar bisa dibalik atau diputar yang membuat laptop berbentuk tablet. Layar dan keyboard tidak bisa dilepaskan namun layar touchscreen biasanya diberikan untuk menjadikannya sebuah tablet.

Kualitas Layar

Layar sentuh sangat praktis jika Anda menggunakan laptop hibrida dan ingin mengakses berbagai fungsi tanpa menggunakan keyboard. Namun, layar sentuh cenderung memiliki layar glossy yang sangat memantulkan cahaya di lingkungan yang cukup terang. Ini mungkin mempengaruhi pengalaman Anda jika Anda menonton atau mengedit konten video.

membeli-laptop-baru-1

Sebagian besar laptop menawarkan opsi tampilan Full HD, yang saat ini merupakan layar utama yang selalu kami rekomendasikan. Layar 4K juga tersedia tetapi cenderung membuat laptop lebih mahal.

Jika Anda seorang editor video atau fotografer, Anda mungkin tertarik dengan model kelas atas ini. Jika Anda menyukai game, Anda harus mempertimbangkan kecepatan refresh dan waktu respons tampilan. Ini akan memberi Anda keunggulan kompetitif, terutama saat Anda bermain game online.

Keyboard

Anda ingin memastikan bahwa keyboard menawarkan pengalaman yang layak dengan tata letak yang nyaman dan tombol berukuran penuh. Keyboard dengan lampu latar sangat praktis, terutama jika Anda cenderung menggunakan laptop dalam kondisi pencahayaan yang buruk.

CPU

Kualitas prosesor menjadi perhatian besar saat membeli laptop baru. Jika Anda berpikir tentang laptop dengan Prosesor Intel Core, Anda harus mempertimbangkan laptop dengan CPU Core i5 atau Core i7.

Anda bisa mendapatkannya dengan Core i3 jika aktivitas komputer Anda tidak terlalu menuntut. Namun secara keseluruhan, mereka tidak sepraktis itu karena mereka sering tidak dapat mengoperasikan program perangkat lunak yang paling canggih.

Saat ini, laptop dengan prosesor Core i9 akhirnya telah tersedia. Laptop tersebut menawarkan kinerja seperti halnya desktop namun harganya lebih mahal. AMD Ryzen Mobile APU pun menarik bagi para gamer karena dapat memasangkannya dengan kartu grafis AMD untuk sebuah pengalaman bermain yang berkualitas.

RAM

Anda memerlukan setidaknya 8 GB RAM untuk mengoperasikan program perangkat lunak penting dan multitasking dengan lebih dari beberapa tab. Jika Anda pengguna yang mahir, pertimbangkan setidaknya 16 GB RAM. Saat ini sudah mulai ada laptop dengan RAM hingga 32 GB dengan harga yang sama.

Penyimpanan (Storage)

Saat Anda membeli laptop tipis dan ringan, hard drive yang lebih besar bisa menjadi masalah. Namun, cukup banyak laptop tipis dan ringan yang muncul di pasaran dengan penyimpanan SSD 512GB. Dan dalam banyak kasus, laptop dengan SSD cepat dipasangkan dengan 1TB MHD (hard drive mekanis) untuk performa yang optimal.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Seberapa Sering Anda Harus Membeli Laptop Baru? Mari Kita Perhatikan 4 Tanda Penting Ini.!
Artikel
Seberapa Sering Anda Harus Membeli Laptop Baru? Mari Kita Perhatikan 4 Tanda Penting Ini.!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Laptop sering bermasalah akhir-akhir ini? Yuk baca Seberapa Sering Anda Harus Membeli Laptop Baru? Mari Kita Perhatikan 4 Tanda Penting Ini.!
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo