Ketahui tentang Screaming Frog untuk Meningkatkan Performa Website

Ketahui tentang Screaming Frog untuk Meningkatkan Performa Website

Tahukah kalian bahwa ada sebuah tools SEO yang bisa kalian pertimbangkan untuk peningkatan performa SEO? Yups, tool tersebut adalah Screaming Frog. Tools ini cukup ramai digunakan oleh kalangan penulis website dan SEO specialist, loh. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak saja yuk Ketahui tentang Screaming Frog untuk Meningkatkan Performa Website

Pengertian Screaming Frog

Screaming Frog merupakan sebuah tools yang membantu untuk meningkatkan performa SEO website secara on-page. Alat ini akan memberikan sebuah Indikasi kekurangan atau hal apa saja yang perlu ditambahkan pada website agar Google dapat membaca dan menemukan website kalian. Screaming Frog juga akan memberi tahu data-data yang lengkap untuk kebutuhan website kalian.

Alat ini dapat menunjukkan beberapa indikasi, antara lain struktur website, metadata, kode sumber, gambar yang dibutuhkan, dan beberapa aspek dari sebuah website lainnya. 

Screaming Frog berusaha untuk memastikan website kaian mampu terdeteksi dengan baik oleh Google. Jika hal tersebut terjadi maka Google dapat untuk menaikkan peringkat website kaian menjadi yang teratas agar dapat dilihat oleh pengguna.

Screaming Frog juga berusaha untuk memastikan website memiliki tampilan yang ramah terhadap pengguna. Hal ini akan membuat pengguna akan merasa lebih nyaman saat menggunakan website Anda. 

Layanan SEO ini bisa digunakan secara gratis untuk meningkatkan ranking website. Oia, kualitas yang ditawarkan juga lumayan cukup baik dalam membantu meningkatkan performa SEO website Anda. Akan tetapi, untuk dapat mengakses semua fitur yang tersedia Anda harus berlangganan pada versi yang berbayar. Dengan fitur berbayar, layanan SEO lainnya seperti Page Speed, integrasi terhadap Google Analytics, dan sebagainya.

Ingin menggunakan tools ini? Kaian harus mendownload dan menginstallnya dulu sebelum mampu menggunakannya. Alat ini berbasis aplikasi sehingga dapat disimpan dengan baik dalam perangkat kalian. Pada versi gratisnya sendiri pengguna hanya dibatasi hingga 500 kali Crawl. Tools ini sangat cocok jika menginginkan alat SEO yang gratis dengan kualitas yang baik.

Fitur-Fitur Screaming Frog

Berikut ini beberapa fitur screaming frog yang dapat membantu dalam dalam mengembangkan website kalian.

Screaming Frog dapat memeriksa status sebuah link yang ada pada website dan dapat memastikan website kalian apakah masih dapat diakses oleh pengguna lain melalui tautan yang ada. Jika adanya kerusakan pada sebuah link maka Screaming Frog dapat segera menandai link-link yang tidak dapat diakses tersebut. Tentunya hal ini akan memudahkan untuk memperbaikinya. 

  1. Memeriksa relevansi Judul Halaman dan Metadata

Screaming Frog juga berusaha untuk memberi tahu apakah judul halaman yang dibuat sudah cukup relevan dengan keyword yang dituju. Alat ini juga memastikan bahwa metadata yang dibuat juga cukup ringkas untuk ditampilkan dan dipahami oleh pembaca.

Fitur ini sangat krusial dan cukup membantu dalam mengembangkan website. Kecocokan judul halaman dan meta deskripsi yang diberikan akan sangat berpengaruh bagi menarik pengguna untuk datang ke website kalian.

  1. Audit Tautan

Tools ini juga memiliki sistem analisisnya sendiri dalam memeriksa beberapa broken link yang ada. Screaming memastikan bahwa tautan yang harus disediakan tidak ada yang kurang, seperti backlink, internal link, dan redirect link. Oia, alat ini juga akan mampu memberikan indikasi atau informasi jika kalian belum menambahkan sama sekali di antara salah satu jenis link tersebut.

  1. Memeriksa Plagiasi

Plagiasi tentunya akan sangat fatal dalam pengaruh perkembangan SEO pada website. Alat ini akan mulai mendeteksi dari judul halaman, metadata, isi konten, bahkan hingga setiap kalimat hingga website bersih dari plagiasi.

Kalian bisa dengan mudah merevisi isi konten jauh lebih mudah dan dapat membuat konten juga jauh lebih orisinil dengan adanya bantuan dari Screaming Frog.

  1. Mendeteksi Robot.txt Secara Langsung Di Screaming Frog

Website kalian tidak muncul ke permukaan mesin pencarian? Terkadang tidak selalu disebabkan oleh performa SEO, loh. Website juga akan tidak dapat muncul jika sedang diblokir dengan Robot.txt. Melalui fitur ini, dapat mengetahui link mana saja yang sedang diblokir oleh robot sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna secara normal.

  1. XML Sitemap

Fitur ini memudahkan konten halaman kalian secara terus-menerus relevan dan terlihat oleh pengguna-pengguna lainnya. Hal ini disebabkan karena alat ini akan memungkinkan agar bot crawler akan secara mudah melakukan indeksasi terhadap website kalian. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya Sitemap. Dengan XML, website juga akan secara berkala semakin dan stabil dapat muncul di pencarian.

  1. Screaming Frog Terhubung Langsung dengan GA,GSC, dan PSI

Screaming Frog juga dinilai cukup akurat dalam memastikan performa SEO berada dalam kondisi terbaik, loh. Sebab, alat ini terhubung dengan baik pada fitur-fitur google lainnya, seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Page Speed Insights.

  1. Pemeriksaan Struktur Website

User experience akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap traffic suatu website. Screaming Frog akan membantu untuk memastikan struktur website untuk tetap optimal dan nyaman bagi pengguna. Fitur ini akan memastikan struktur website tersusun dengan rapi, mulai dari judul halaman hingga akhir.

Okay, jadi jika kalian berprofesi sebagai marketer atau SEO specialist maka alat ini dapat menjadi pilihan terbaik karena sangat efektif dalam memberikan penerapan SEO dengan efektif.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like