Rata-Rata Umur Baterai Laptop

Sharing is caring!

Masa pakai rata-rata baterai laptop semestinya dapat membantu Anda bekerja dengan lancar. Bahkan ultraportable tipis pun dengan chassis yang disegel, dapat mengesankan kinerja baterai karena jauh dari stop kontak. Ketahui lebih detail yuk dengan baca Rata-Rata Umur Baterai Laptop

Di artikel ini, kami ingin membantu Anda membedakan antara 2 jenis masa pakai baterai. Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa saran laptop untuk menunjukkan berapa lama baterai laptop baru dapat bertahan. Terakhir, kami akan menunjukkan cara menentukan apakah baterai laptop Anda perlu diganti dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

Berapa Lama Seharusnya Baterai Laptop Bisa Diharapkan?

Daya tahan baterai laptop berkaitan dengan jangkauan dan dapat membantu Anda menentukan berapa lama baterai dapat bertahan setelah pengisian penuh. Masa pakai rata-rata baterai laptop adalah 1 hingga 6 jam dari stop kontak.

Faktor-faktor yang akan mengurangi angka tersebut adalah kecerahan layar, jumlah program yang Anda jalankan pada satu waktu, apakah Anda menggunakan koneksi WiFi aktif untuk menjelajah internet, serta saat menggunakan laptop untuk hiburan (seperti menonton video, mendengarkan musik, dan bermain game). Aktivitas-aktivitas tersebut akan menurunkan rata-rata waktu kerja baterai laptop.

Berapa Lama Baterai Laptop Akhirnya Dapat Digunakan?

Seiring waktu, kapasitas baterai laptop akan semakin berkurang sehingga waktu pengoperasian menjadi lebih singkat.

mAH (milliamp hour) adalah ukuran kapasitas total baterai. Baterai dengan nilai 1500 mAH biasanya akan bertahan lebih lama daripada baterai yang hanya memiliki 1250 mAH. Variabel luar, seperti bagaimana Anda menggunakan laptop, usia baterai, dan suhu tempat baterai bekerja juga akan mempengaruhi umur panjang dari baterai. Untuk baterai Lithium Ion rata-rata di laptop modern, setara dengan sekitar 300 hingga 500 pengisian penuh (full charges), atau biasanya 1 hingga 2 tahun.

Masa Pakai Baterai Laptop Terbaik

Laptop dengan daya tahan baterai terlama adalah Lenovo Yoga C930 dengan daya tahan lebih dari 17 jam. Alasan orang-orang melihat penyempurnaan terkait masa pakai baterai laptop adalah karena arsitektur CPU yang lebih hemat daya, yang ditunjukkan dalam generasi Intel Coffee Lake dari CPU seluler (yang akan Anda temukan di hampir semua laptop baterai  yang tahan lama).

Di bawah ini ada 8 laptop dengan masa pakai baterai yang lama, yakni dapat bertahan hingga 8 jam atau lebih tanpa stop kontak AC. Daya tahan baterai adalah salah satu aspek laptop yang paling sulit diukur sehingga di sini pilihan didasarkan pada penggunaan rata-rata untuk membantu Anda mendapatkan daya tahan baterai paling banyak.

LAPTOPBATTERY LIFECPU
Lenovo Yoga C93017-hours1.6GHz Intel Core i5-8250U
Lenovo ThinkPad X1 Carbon16-hours1.6GHz Intel Core i5-8250U
HP EliteBook x360 1030 G314-hours1.9GHz Intel Core i7-8650U
Microsoft Surface Pro 613-hours1.6GHz Intel Core i5-8250U
LG Gram 1512-hours1.8GHz Intel Core i7-8550U
Lenovo Yoga 92011-hours1.8GHz Intel Core i7-8550U
Dell XPS 13 937010-hours1.6GHz Intel Core i5-8250U
Dell Latitude 7390 (Certified Refurbished)9-hours2.2GHz Intel Core i3-8130U

Laptop Gaming dengan Masa Pakai Baterai Terbaik

Laptop gaming memiliki kartu grafis yang kuat, yang dapat menghabiskan masa pakai baterai yang sangat tinggi. Hal ini membuat hampir tidak mungkin menemukan laptop gaming yang tahan lama. 

Sudah disampaikan bahwa masa pakai baterai bergantung pada kesehatan baterai, siklus pengisian daya, kecerahan layar, dan di konteks ini kekuatan gaming rig secara keseluruhan.

Memprioritaskan masa pakai baterai daripada kinerja dari laptop itu sendiri, berarti sama saja Anda menyia-nyiakan fitur yang ada pada laptop. Jika Anda menyia-nyiakan beberapa kinerja untuk masa pakai baterai, maka Anda mungkin bisa mendapatkan model laptop yang harganya lebih murah. Hal tersebut akan lebih baik daripada Anda menghabiskan uang Anda untuk fitur yang Anda sia-siakan.

Di bawah ini ada 6 laptop terbaik untuk gaming yang masih memperhatikan daya tahan baterainya.

3 rig pertama adalah laptop gaming yang tepat, yaitu, laptop yang dibuat khusus untuk bermain game. Sedangkan 3 pilihan terakhir adalah laptop mainstream dengan kualitas gaming yang pasti.

LAPTOPBATTERY LIFECPUGraphics
Acer Predator Helios 3002-hours2.8GHz Intel Core i7-7700NVIDIA GTX 1060
MSI GS65 Stealth3-hours2.2GHz Intel Core i7-8750UNVIDIA GTX 1070 Max-Q
Gigabyte Aero 15x6-hoursIntel Core i7-8750HNVIDIA GTX 1070 Max-Q
Dell Inspiron i5577-7359BLK-PUS4-hourIntel Core i7-7700HQNVIDIA GTX 1050tI
Asus ZenBook UX331UA-AS515-hours1.6GHz Intel Core i5-8250UIntel HD Graphics 620
Lenovo ThinkPad T4807-hours1.6GHz Intel Core i5-8250UIntel HD Graphics 620

Kapan Mengganti Baterai Laptop

Jika baterai hanya mampu menampung daya 25% atau kurang dari kapasitas maksimumnya maka saatnya untuk mengganti. Atau saat baterai laptop dapat diisi tetapi tidak bertahan lama.

Laptop hadir untuk menawarkan opsi komputasi yang lebih mobile dibandingkan desktop. Artinya, itu semua tidak berguna jika tidak dapat mengisi daya. Untuk mengetahui apakah sudah waktunya baterai laptop Anda diganti, silahkan download:

  • Battery Eater, merupakan aplikasi yang membandingkan kapasitas baterai laptop Anda saat ini dengan perkiraan kapasitas dengan melakukan stress stest.
  • Coconut Battery adalah utilitas yang dirancang khusus untuk MacBook Anda yang akan mencapai hal yang sama.

Catatan: Pastikan untuk menonaktifkan semua fitur hemat daya (power saving) sebelum menjalankan salah satu tes tersebut.

Jika Anda menentukan bahwa Anda memang membutuhkan baterai utama yang baru untuk menyalakan laptop Anda, pastikan untuk mendapatkan baterai yang benar jika Anda berbelanja dengan pengecer pihak ketiga.

HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMBELI BATERAI DARI PENJUAL PIHAK PIHAK KETIGA

Anda dapat memverifikasi spesifikasi di bagian bawah baterai itu sendiri atau dari produsen laptop dengan cara mencari:

  • Jenis Baterai Laptop: Nicad, NiMH, Lithium.
  • Produsen Baterai Laptop: pastikan Anda bisa membeli pengganti dari pihak ketiga.
  • Voltase: jumlah ini bervariasi tergantung pada baterai.
  • mAH: ini juga bervariasi tergantung dari baterainya.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Rata-Rata Umur Baterai Laptop
Artikel
Rata-Rata Umur Baterai Laptop
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Masa pakai rata-rata baterai laptop semestinya dapat membantu Anda bekerja dengan lancar. Ketahui detailnya yuk Rata-Rata Umur Baterai Laptop
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo