Plugin Cache WordPress Terbaik

Sharing is caring!

Kalian sudah tahu dong ya bahwa salah satu cara untuk mempercepat loading website, yaitu dengan memanfaatkan Plugin Cache. Nah, kalau kalian menuju repository plugin WordPress, kalian bisa menemukan banyak sekali plugin cache lho. Okay deh, yuk baca Plugin Cache WordPress Terbaik

Apa Itu Cache?

Cache adalah kumpulan data yang disimpan sementara untuk akses cepat berdasarkan permintaan. Di komputer, informasi ini biasanya disimpan di hard disk. Ketika diminta, komputer perlu menjalankan beberapa proses sebelum informasi dapat disajikan.

Caching memecahkan masalah ini dengan memproses informasi yang sering diminta lalu menyimpannya di penyimpanan atau memori sementara. Hal ini memungkinkan komputer untuk mengakses file tersebut dengan cepat.

Konsep caching yang sama juga dapat digunakan oleh situs web WordPress untuk meningkatkan kinerja dan membuat situs web kalian memuat lebih cepat.

Plugin Cache WordPress Terbaik

Berikut ini 6 Plugin Cache Terbaik untuk WordPress yang bisa kalian gunakan:

WP Rocket

plugin-cache-wordpress-1

WP Rocket adalah plugin cache premium terbaik yang bisa digunakan untuk mempercepat loading website. Plugin ini merupakan plugin premium, artinya plugin ini merupakan plugin berbayar.

Bukan hanya sebagai plugin caching namun plugin ini memiliki banyak fitur, seperti Minify File, Lazy Load, CDN, dan sebagainya. Beberapa manfaat menggunakan WP Rocket adalah :

  • Lazy Load diterapkan ke gambar kalian, artinya gambar kalian akan dimuat ketika terlihat oleh pengunjung kalian di browser mereka.
  • Fitur minify file yang membuat file, seperti HTML, CSS, dan JS akan disederhanakan sehingga page size lebih kecil dan membuat website lebih cepat diakses.
  • Pengaturan CDN pada WP Rocket membantu kalian dalam integrasi CDN di website kalian.

Harga WP Rocket: mulai dari Rp 686.000,- untuk satu lisensi situs

W3 Total Cache

plugin-cache-wordpress-2

W3 Total Cache adalah salah satu plugin caching gratis terbaik dan terpopuler untuk WordPress. Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja server kalian dengan cara caching setiap aspek website kalian dan juga menawarkan integrasi CDN.

Plugin ini menawarkan dukungan untuk Accelerated Mobile Pages (AMP) dan Secure Socket Layer (SSL). Pengembang mengklaim bahwa plugin dapat menawarkan penghematan bandwidth hingga 80% melalui Minify file.

Harga W3 Total Cache: Gratis

WP Super Cache

plugin-cache-wordpress-3

WP Super Cache adalah plugin Cache dari WordPress.com dan plugin caching yang populer. Plugin ini membantu kalian menghasilkan file html statis dari blog WordPress dinamis kalian. 

Plugin akan memproses skrip WordPress yang relatif lebih berat terlebih dahulu dan akan menyajikan file HTML statis untuk sebagian besar pengunjung situs web kalian.

WP Super Cache menyajikan caching file dalam 3 cara:

  • Sederhana: merupakan metode caching file yang paling direkomendasikan karena kalian tidak perlu lagi mengedit file PHP dan tidak perlu di konfigurasi file .htaccess.
  • Expert: merupakan metode caching file tercepat untuk menyajikan super-cache HTML File kepada pengguna tapi cara ini membutuhkan modifikasi file .htaccess kalian.
  • WP Super Caching: merupakan metode caching website untuk pengguna yang dikenal seperti visitor website, meninggalkan komentar, dan lain-lain. Meskipun ini adalah metode caching yang paling fleksibel namun sedikit lebih lambat dibandingkan dengan metode lain.

Harga WP Super Cache: Gratis

Sucuri Firewall

plugin-cache-wordpress-4

Sucuri adalah firewall dan plugin keamanan WordPress terbaik. Sebagai firewall situs web, Sucuri hadir dengan opsi bawaan untuk men-cache konten situs web kalian dan mengaktifkan kompresi gzip dengan mengklik tombol.

Ini adalah opsi terbaik untuk situs web apapun karena Sucuri adalah firewall tingkat DNS. hal ini berarti bahwa mereka dapat menyajikan konten yang di-cache kepada user kalian bahkan sebelum permintaan mereka mencapai situs web kalian. Tentunya ini bisa memberi situs web kalian peningkatan kinerja yang luar biasa.

WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan plugin caching WordPress gratis yang bisa kalian gunakan juga lho untuk optimasi website. Plugin ini hadir dengan lebih sedikit pengaturan konfigurasi untuk caching WordPress. Oleh karena itu, WP Fastest Cache merupakan salah satu plugin caching WordPress termudah yang tersedia di repository plugin WordPress resmi.

Plugin ini menawarkan fitur minify file, menonaktifkan emoji, dan secara efektif mengimplementasikan cache browser.

Plugin ini memiliki versi gratis dan versi premium (berbayar). Versi premium dari plugin ini hadir dengan banyak fitur unik untuk meningkatkan kecepatan website kalian, seperti optimasi gambar, pembersihan basis data, caching seluler, dan sebagainya.

Harga WP Fastest Cache: tersedia versi gratis dan premium

Cache Enabler

Cache Enabler merupakan plugin cache WordPress ringan terbaik. Kalian wajib coba nih! Plugin ini akan membantu kalian dalam membuat file HTML statis website kalian dan melayani sebagian besar pengunjung website berdasarkan permintaan. Plugin ini membutuhkan konfigurasi minimal dan dilengkapi dengan semua fitur penting yang diperlukan dari plugin caching.

Perlu kalian ketahui bahwa Cache Enabler menyediakan dokumentasi yang ekstensif untuk membantu kalian dalam menjelajahi berbagai fitur plugin. Waow, keren kan! Dengan dokumentasi yang dilengkapi dengan screenshot dan video akan memandu kalian melalui berbagai aspek caching WordPress.

Harga Cache Enabler: gratis

Plugin Cache Bawaan dari Hosting

Caching membantu secara signifikan dalam mengurangi beban pada server hosting yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara optimal. Oleh karena itu, mengapa banyak perusahaan hosting WordPress yang dikelola sekarang menawarkan solusi caching bawaan mereka sendiri.

Jika situs web kalian di hosting dengan salah satu perusahaan hosting berikut, kalian dapat menggunakan plugin caching bawaan mereka untuk situs web kalian lho.

SG SuperCacher

SiteGround menawarkan solusi caching bawaan dengan semua paket hosting mereka dan ini dapat diaktifkan dari dashboard akun hosting kalian.

plugin-cache-wordpress-5

Setelah diaktifkan, caching WordPress dinamis mereka akan meningkatkan kecepatan situs web kalian mulai dari 50% – 500%. Mereka juga telah menambahkan opsi bagi pemilik situs untuk ikut serta mengaktifkan memcache.

Caching SiteGround secara keseluruhan telah meningkat banyak. Jadi, jika kalian menggunakan platform mereka, kalian benar-benar tidak membutuhkan plugin caching, seperti WP Rocket atau lainnya.

WP Engine Caching

WP Engine adalah salah satu perusahaan hosting WordPress dengan pengelolaan terbaik. Paket hosting mereka dilengkapi dengan caching bawaan dan pengoptimalan kinerja.

Kalian dapat mengelola pengaturan dan menghapus cache dari dashboard admin WordPress kalian. Caranya, cukup klik pada menu WP Engine dan di bawah tab General settings, kalian dapat mengatur pengaturan cache WP Engine.

Untuk opsi caching lanjutan, kalian dapat menginstal dan mengaktifkan plugin WP Engine Advanced Cache. Plugin ini memberi kalian beberapa kontrol tambahan untuk mengelola pengaturan cache WP Engine untuk situs web kalian.

Nah, Guys, jadi itu 7 rekomendasi plugin cache terbaik yang bisa kalian gunakan untuk mempercepat loading website kalian dan tentunya kalian bisa menggunakan salah satu plugin caching tersebut. Anyway, kalau kalian sudah pernah menggunakan plugin cache di atas, boleh banget lho sharing di kolom komentar 🙂

Guys, sudah tau dong ya kalau Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar pengunjung mudah mengingat nama identitas dari website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa Anda cek di sini.

Have a nice day!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Plugin Cache Wordpress Terbaik
Artikel
Plugin Cache Wordpress Terbaik
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalau kalian menuju repository plugin WordPress, kalian bisa menemukan banyak sekali plugin cache lho. Yuk baca Plugin Cache Wordpress Terbaik
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment