perbedaan vps dan rdp

Istilah VPS dan RDP ini memang seringkali disandingkan karena sekilas dinilai mirip. Secara umum, kedua istilah tersebut memang memiliki beberapa kesamaan tetapi kenyataannya VPS dan RDP merupakan dua hal yang berbeda, loh. Okay, tak perlu lama-lama, simak yuk Apa Saja 6 Perbedaan VPS dan RDP yang Wajib Kalian Ketahui?

Apa Itu VPS?

VPS adalah server virtual yang bisa dicacah menjadi beberapa server yang lebih kecil alias Virtual Machine (VM). Sehingga, server ini bisa digunakan oleh banyak pengguna tapi sumber dayanya tetap dedicated. Dengan kata lain, masalah di satu virtual machine tidak mempengaruhi pengguna lainnya.

Apa Itu RDP?

RDP (Remote Desktop Protocol) adalah fitur dari Microsoft Windows Server yang memungkinkan pengguna mengakses komputer dan aplikasi Windows dari jarak jauh. Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat tampilan layar komputernya, mengoperasikan komputer dan apps, serta mengirimkan data.

Apa Saja Perbedaan VPS dan RDP?

Perbedaan antara Virtual Private Server dengan Remote Desktop Protocol dapat dilihat dari 6 segmen, yaitu:

1. Hak Akses

Pada VPS, kalian punya hak akses penuh sebagai administrator. Kalian memiliki kebebasan dalam menjalankan software dan mengubah aturan konfigurasi server. 

Pada RDP, akses kalian terbatas. Kalian tidak bisa bertindak sebagai admin. Admin umumnya dipegang oleh pemilik server. Kalian juga tidak punya hak untuk menambah software sesuka hati, terutama sedang mengganti setting konfigurasi server. 

2. Variasi Operating System (OS)

VPS bisa berjalan di dua OS, yaitu Windows dan Linux. Kalian bisa mengubah OS pada server kalian dari OS linux ke Windows ataupun sebaliknya.

Sedangkan pada RDP, kalian hanya bisa memakai OS yang sudah ter-install pada server. Biasanya OS bawaannya adalah Windows. 

3. Penggunaan Sumber Daya Hardware

Resource yang terdapat pada hardware di VPS bisa dipakai 100 persen. Mulai dari pemakaian RAM, storage, bahkan CPU-nya.

Pada RDP, kalian tidak berhak menggunakan semua resources pada server. Konsekuensi yang harus ditanggung jika melanggar ketentuan ini adalah akun RDP kalian akan di-suspend, baik sementara maupun permanen.

4. Security Access

Pada VPS, keamanan data kalian pada server terjamin 100 persen. Pengguna lain tidak dapat mengakses server kalian.

Berbeda halnya dengan RDP. Pengguna lain bisa mengakses data kalian bahkan pada beberapa kasus tertentu data kalian bisa terhapus oleh pengguna lain.

5. Pengelolaan dan Instalasi

Kalian adalah admin tunggal pada VPS sehingga hanya kalian yang bisa melakukan maintenance pada server kalian dari jauh. Kalian juga bisa menginstal software yang kalian rasa butuhkan sebagai tambahan.

Di RDP, kalian tidak bisa mengelola server sendiri karena sudah ada admin khusus untuk melakukan maintenance. Kalian juga tidak bisa sesuka hati menginstal program baru karena server dipakai secara bersama-sama oleh pengguna lain.

6. Penggunaan

VPS cocok untuk menjalankan aktifitas PC, seperti gaming, encoding, mining, game server, dan lain-lain.

RDP sangat sesuai bagi kalian yang memiliki blog download. Blog yang memiliki fungsi untuk mengunduh atau mengunggah sebuah file. Meski komputer kalian mati tapi status blog kalian tetap berjalan 24 jam.

Kapan Harus Menggunakan VPS?

Kapankah kalian harus menggunakan VPS? VPS bisa digunakan untuk:

  • Traffic website terlalu tinggi.
  • Kalian ingin punya kontrol penuh terhadap website.
  • Kalian membutuhkan penyimpanan file berukuran besar.
  • Membutuhkan server yang lebih aman.
  • Memiliki pengetahuan cukup untuk mengelola VPS.

Kapan Harus Menggunakan RDP?

Lalu, kapan kalian harus menggunakan RDP? Kalian bisa menggunakan RDP untuk:

  • Melakukan pengiriman data dengan ukuran besar.
  • Memfasilitasi aplikasi yang harus berjalan 24/7. Sebab, RDP memungkinkan koneksi server tetap nyala meski komputer dimatikan.
  • Mengakses komputer dari lokasi mana saja.
  • Meningkatkan efisiensi koneksi internet.

Jetorbit Penyedia VPS Terbaik Indonesia!

Sampai di sini, tentunya kalian tidak lagi bingung dengan perbedaan VPS dan RDP, kan.

Ulasan di atas mungkin dapat membantu kalian untuk mengetahui perbedaan antara VPS dan RDP serta memutuskan dari keduanya, mana yang cocok untuk kebutuhan kalian.

Nah, apabila kalian kini sedang membutuhkan layanan VPS terbaik maka Jetorbit bisa menjadi solusi yang terbaik untuk kalian.

Tunggu apa lagi? Pilih VPS terbaik kalian!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment