Perbedaan Username dan Password Serta Manfaatnya

Sharing is caring!

Selama berselancar di internet seperti membuat blog, email, pastinya kita diwajibkan untuk membuat username serta password. Yuk ketahui perbedaan username dan password serta manfaatnya bagi setiap pengguna internet dengan baca Perbedaan Username dan Password Serta Manfaatnya

Pengertian Username dan Password

Pernah kan ya kalian melakukan login terhadap situs atau suatu aplikasi? Pasti terlebih dulu kalian harus memasukan Sebuah Username dan Password, yang jika kalian belum memiliki akun maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu di situs atau aplikasi yang kalian kunjungi. 

User ID atau Username merupakan sebuah rangkaian kata dari beberapa huruf yang unik dan digunakan sebagai pengenal user untuk masuk ke halaman tertentu di internet. Username ini selalu disandingkan dengan password.

Password sendiri merupakan keamanan yang dibuat untuk melindungi profil atau data diri pengguna yang melakukan login tersebut dari oknum tidak bertanggung jawab seperti Hacker.

Oleh karena itu, password di internet akan berubah menjadi karakter (*) bintang ketika kita mengetiknya, yang mana tujuannya untuk menjaga data diri kalian. User Id atau username akan selalu berbeda dengan pengguna lain. Oleh karena itu, setiap pengguna pasti memiliki User Id yang berbeda-beda juga.

Contoh User ID dan Password Pada Akun Facebook

Contoh umum dari user id yang biasa kita lakukan ada di Facebook. Nah, di sini kalian melakukan login dan logout dengan mudah kan. Jika kalian lupa dengan password maka kalian akan dibawa ke halaman bantuan yang mana kalian diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Jika benar maka kalian akan diminta memasukan password baru.

Perbedaan Username dan Password Serta Cara Membuatnya

Sekarang saatnya mempelajari bagaimana caranya membuat username yang tepat. Mengingat kita sebaiknya tidak membuat perpaduan username dan password dengan sembarangan maka untuk mendapatkan username dan password, silakan perhatikan cara di bawah ini.

Cara Membuat Username

Username adalah langkah dan ketentuan awal bagi setiap pengguna yang ingin mendapatkan akun karena ini adalah alat yang berfungsi sebagai identitas sang pengguna.

Buat Nama Username yang Menarik

Username merupakan salah satu hal pertama yang dilihat oleh semua yang mengikuti media social kalian. Apabila kalian membuat nama yang menarik, tentu saja teman dan orang lain dapat menemukan kalain dengan mudah. Kalian dapat menggunakan unsur nama pribadi yang datang dengan keuntungan tersendiri seperti branding yang unik dan personal. 

Pastikan Tidak Ada yang Sama

Sudah digaris bawahi kalau username hanya satu, tidak ada yang sama meskipun pengguna sosialnya berbeda. Walaupun keinginan kalian tetap kekeh menggunakan nama yang sama tetapi akan ini ditolak oleh pihak media sosial nantinya. Biasanya namanya ada yang sama antara satu sama lain, hal tersebut tidak jadi masalah karena kalian dapat mengubah username dengan memberikan sedikit perbedaan. 

Buat Username yang Mudah Diingat

Selanjutnya adalah buatlah username yang mudah diingat dan mudah diketahui jika seseorang ingin mencarinya. Hal ini karena tentunya username tersebut akan digunakan setiap kalian login ke social media. Username ini juga mudah untuk kalian selaku pemilik untuk mengingatnya dengan mudah dan tidak mudah terlupakan karena terlalu rumit atau malah sangat sederhana.  

Cara Membuat Password

Langkah berikutnya adalah membuat pasangannya, yaitu password atau kata sandi yang juga harus dibuat dan ditentukan secara cermat lagi telitili. Perhatikan cara membuat password yang kuat dan tidak mudah diretas.

Buat Password Kombinasi

Semua akun social media menyarankan untuk membuat password kombinasi agar sulit ditebak oleh hacker. Meskipun kalian membuat password kombinasi, usahakan kalian sendiri dapat mengingat kombinasi tersebut. Jika lupa maka kalian tidak bisa masuk ke akun dan harus membuat password lagi. Salah satu tips membuat password kombinasi adalah dengan mengkombinasikan angka, nama hewan peliharan, nama kalian, kesukaan, dan sebagainya.

Hindari Memakai Password yang Sering Digunakan

Banyak sekali yang membuat password secara asal, misalkan password asal, yaitu “123456” urutan angka dari satu sampai enam. Buatlah password baru yang menurut Anda tidak mudah disamai apalagi diretas.

Gunakan Simbol Unik

Password juga dapat dibuat menggunakan simbol yang unik. Pasti kalian belum tahu kalau password bisa dibuat dengan simbol seperti 8*-_-*8, >,<17, ^-^1818, dan masih banyak simbol lainnya. Gabungkan semua simbol, angka, serta huruf besar dan kecil hingga menjadi kombinasi yang bagus.

Sebagai pemberi identitas dan pengamannya, berilah perhatian lebih baik pada perpaduan username dan password kalian. Jangan menggunakan kombinasi yang terlalu rumit atau membuat kalian sendiri justru kebingungan nantinya.

Good luck, Guys

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Username dan Password serta Manfaatnya
Artikel
Perbedaan Username dan Password serta Manfaatnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Yuk ketahui perbedaan username dan password serta manfaatnya bagi setiap user dengan baca Perbedaan Username dan Password Serta Manfaatnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment