laptop-notebook-dan-netbook

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Sharing is caring!

Meskipun sering disebut laptop atau notebook secara bergantian dan tidak ada orang yang menyalahkan, sebaiknya tetap kita ketahui perbedaan mendasar pada ketiganya. Yuk cari tahu perbedaan ketiganya dengan baca Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

Perbedaan laptop, notebook serta netbook biasanya ditentukan ukuran, spesifikasi, dan komponen. Namun, faktanya adalah produk di pasaran “tak beraturan” sehingga orang-orang lebih suka menyebut ketiganya sebagai laptop. Hal tersebut sebagai generalisasi yang mengacu pada komputer jinjing yang memiliki baterai internal, dapat dilipat, dan mudah dibawa kemana pun.

Laptop

Secara historis, laptop dibuat untuk mengganti kinerja komputer desktop. Desain memang dirancang agar dapat digunakan di atas pangkuan dan mudah dibawa kemana saja.

Notebook

Pengertian notebook sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop. Tidak heran beberapa orang mengira keduanya sama, yakni satu benda dan terkait nama bisa digunakan untuk penyebutan satu sama lain.

Netbook

Netbook paling mudah diketahui perbedaannya dibandingkan dengan laptop dan notebook. Kita tidak perlu membandingkan spesifikasi, cukup melihat dari ukuran layar pun sudah nampak perbedaannya. Kalau laptop dan notebook berukuran 12-18 inci tapi netbook hanya 7-12 inci. Sebuah perbedaan yang signifikan.

Tabel Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

JenisDetail
NetbookUkuran layar 6-13 inci
Tidak memiliki DVD-ROM Internal
Kapasitas RAM tidak lebih dari 2GB
Bobot ringan di bawah 1.5 Kg
NotebookUkuran layar 13-18 inci
Menggunakan prosesor dual-core hingga Core i7
Bobot 1.5 Kg hingga 2 Kg
LaptopUkuran layar di atas 17 inci
Lebih berat
Spesifikasi hampir sama dengan notebook atau lebih tinggi
Bobot umumnya lebih berat daripada netbook atau notebook
laptop-notebook-dan-netbook-1

One Netbook One Mix 3S Yoga 8.4″ 

laptop-notebook-dan-netbook-2

Asus Notebook A409UJ-BV352T | Slate Grey

laptop-notebook-dan-netbook-3

HP 17.3″ Laptop Jet Black

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. 

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook
Artikel
Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Laptop atau notebook disebut secara bergantian dan tidak ada yang menyalahkan. Yuk cari tahu detail di Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo