Apa Itu WWW (World Wide Web), Fungsi, dan Sejarah WWW

Sharing is caring!

Ketika mengakses internet, tentu kita tak asing lagi dengan adanya awalan www di setiap alamat situs yang kita kunjungi. WWW (World Wide Web) sendiri dianggap sebagai internet oleh kebanyakan orang. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi dasar mengenai WWW, kali ini kami ingin berbagi sedikit informasi tentang WWW. Yuk baca sampai selesai Apa Itu WWW (World Wide Web), Fungsi, dan Sejarah WWW

Apa Itu WWW

WWW (World Wide Web) adalah suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan URL untuk mengenali sumber daya yang berguna. World Wide Web merupakan bagian dari internet yang mengandung informasi-informasi, seperti suara, video, gambar, dan teks. Singkatnya, WWW adalah sistem untuk mengirimkan dan menyebarkan data melalui jaringan internet pada skala yang besar, yakni seluruh penjuru di dunia.

WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah nama yang diberikan agar semua bagian internet dapat diakses dengan sebuah software web browser. WWW juga sering disebut sebagai sebuah protokol di sebuah URL (Uniform Resource Locator). Sering pula disebut sebagai istilah untuk mengidentifikasikan sebuah media jaringan internet.

Sejarah WWW dan Perkembangannya

Pertama kalinya istilah WWW ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Berikut ini penjelasan terkait perkembangan World Wide Web yang telah melewati sejarah yang cukup panjang:

  • Tahun 1989: Tim Berners Lee dari CERN (Laboratorium Fisika Partikel) yang terletak di Jenewa, mengusulkan sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi. Selain itu, memungkinkan adanya sistem untuk saling berbagi info bahkan menampilkan dalam bentuk grafik dan tersebar di seluruh dunia. Sebelumnya, web browser dibuat dengan basis teks.
  • Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis web hingga saat ini, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991: Tim Berners Lee menemukan WWW. Awalnya ia memiliki kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya lalu ia mengembangkan Equire dan  dari sinilah cikal bakal lahirnya WWW.
  • Tahun 1993: Marc Andersen beserta tim dari NCSA, berhasil membuat web browser berbasis grafik untuk sistem X-Windows dan memberi nama Mosaic. Selanjutnya Mosaic mulai populer bagi pemakai lama maupun baru di internet. NCSA lalu mengembangkan versi lain dari Mosaic untuk komputer berbasis Windows, Macintosh, UNIX, dan NeXT.
  • Tahun 1994: Andersen memisahkan diri dari NCSA. Ia bersama Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser. Pada tahun tersebut, CERN dan MIT mendirikan konsorsium yang dinamakan dengan W3C (World Wide Web Consortium) dengan tujuan membangun standar teknologi web.
  • Tahun 1995: Di akhir tahun tersebut, telah ada sekitar 300.000 website dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 50 website. Pada tahun inilah WWW telah berhasil menggantikan FTP sebagai jaringan yang paling tinggi traffic-nya dalam internet.
  • Tahun 2009: Tim Berners Lee membangun World Wide Web Foundation yang bertujuan untuk membagikan open web kepada masyarakat luas.

Fungsi WWW

Secara umum, ada empat fungsi dari World Wide Web, antara lain:

  • Web Mail Service

Web mail service digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Layanan email gratis, misalnya dari Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan email berbayar biasanya untuk kebutuhan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.

  • Search Engine

Search engine merupakan layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan keyword tertentu.

  • Web Hosting

Web hosting merupakan tempat untuk menyimpan database sebuah website. Sebuah website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting.

  • Portal

Portal merupakan sebuah layanan di internet yang mana terdapat beberapa layanan sekaligus, misal email, news, chatting, tanya jawab. Salah satu portal yang cukup populer adalah Yahoo.com.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu WWW (World Wide Web), Fungsi, dan Sejarah WWW
Artikel
Apa Itu WWW (World Wide Web), Fungsi, dan Sejarah WWW
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi dasar mengenai WWW, yuk baca sampai selesai Apa Itu WWW (World Wide Web), Fungsi, dan Sejarah WWW
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo