apa-itu-osi-layer

Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya

Sharing is caring!

OSI Layer merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki aplikasi sebagai alat kerja dari berbagai bios. OSI layer juga merupakan gabungan dari model arsitektur di jaringan yang dikembangkan oleh badan internasional di Eropa pada tahun 1977 sebagai sistem Open System. Yuk baca aja Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya

Apa Itu OSI Layer

Setiap komputer dalam jaringan memiliki cara komunikasi masing-masing. Komputer bermerek A memiliki bahasa sendiri dan hanya bisa berkomunikasi dengan perangkat lain dengan merek yang sama.

Hal yang sama juga terjadi di sistem jaringan yang mana pertukaran informasi antar jaringan tidak bisa terjalin dengan baik. Sedangkan proses komunikasi dibutuhkan tidak hanya oleh komputer dalam satu sistem jaringan saja. 

Solusi atas permasalahan tersebut adalah dibutuhkannya standar khusus untuk memungkinkan komunikasi dapat terjalin secara menyeluruh. Di sinilah ISO (International Standard Organization) berperan, yakni menetapkan standar OSI Layer tentang protokol komunikasi untuk segala jenis sistem jaringan.

Maka OSI Layer adalah sebuah konsep yang memungkinkan pertukaran informasi terjadi antara berbagai jenis sistem komunikasi komputer dengan menggunakan protokol standar, yaitu TCP/IP. 

Fungsi OSI Layer

OSI layer terdiri dari tujuh lapisan sebagai berikut:

  • Physical Layer: layer pertama yang berhubungan dengan fisik, berhubungan erat dengan fungsi sebuah sinyal dan physical merupakan layer yang paling dekat dengan hardware.
  • Data Link Layer: layer yang berfungsi untuk memperbaiki kesalahan di setiap layer yang Anda buat.
  • Network Layer: layer yang berfungsi membantu mendefinisikan suatu alamat IP sehingga setiap komputer dapat saling berhubungan satu sama lain dengan satu jaringan.
  • Transport Layer: layer yang berfungsi sebagai pengantar suatu data yang dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain. Transport layer juga berfungsi memudahkan setiap data yang saling berjalan dari server menuju client tanpa ada gangguan apapun.
  • Session Layer: layer yang berperan utama untuk mendefinisikan bagaimana sebuah jaringan dapat dibangun. Session layer juga dapat berperan sebagai manajemen dari sebuah koneksi sehingga dapat untuk menghancurkan atau menjaga sebuah koneksi.
  • Presentation Layer: layer yang berfungsi sebagai penerjemah data yang akan ditransmisikan dari sebuah aplikasi atau untuk sebuah aplikasi.
  • Application Layer: merupakan perantara pada saat data mulai ditransfer dari satu komputer ke komputer lain dan merupakan lapisan akhir yang dilewati pada saat penerimaan data dari komputer client.

Cara Kerja OSI Layer

apa-itu-osi-layer-1

Berikut ini merupakan tahapan kerja dari OSI layer:

  • Application layer mengirim data ke komputer lain.
  • Presentation layer melakukan konversi email menjadi format jaringan.
  • Selanjutnya session layer membentuk sesi perjalanan data sampai proses pengiriman data selesai dilaksanakan.
  • Kemudian transport layer pengirim akan memecah data dan dikumpulkan kembali di transport layer penerima.
  • Setelah itu network layer akan membuat sebuah alamat dan menuntun data sampai ke tujuan.
  • Lalu data link layer akan membentuk data menjadi frame dan alamat fisik.
  • Kemudian di physical layer, data akan dikirim melalui medium jaringan ke lapisan transport penerima.
  • Selanjutnya alur berbalik dari physical layer ke application layer pada komputer penerima.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya
Artikel
Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
OSI Layer adalah perangkat komputer yang memiliki aplikasi sebagai alat kerja. Yuk baca Apa Itu OSI Layer, Fungsi OSI Layer, dan Cara Kerjanya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo