perbedaan-unmetered-dan-unlimited

Sebelum Anda meluncurkan situs web baru, ada banyak keputusan yang harus Anda buat. Selain hal-hal seperti konten situs dan desain, Anda juga harus memilih jenis bandwidth yang Anda inginkan. Jadi sekarang keputusannya adalah antara bandwidth yang tidak diukur (unmetered) dan tidak terbatas (unlimited). Baca sampai selesai yuk artikel Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited.

Beberapa mengatakan bahwa diskusi unmetered vs unlimited tidak ada gunanya karena keduanya adalah hal yang sama.

Apakah benar-benar ada perbedaan antara bandwidth unlimited dan unmetered? Dan jika ada, mana yang lebih baik untuk situs web Anda, dan mengapa?

unmetered bandwidth vs unlimited bandwidth

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah jumlah data (konten situs dan trafik pengunjung) yang dapat ditransfer server dalam jumlah waktu tertentu. Data diukur dalam bits dan byte (megabits, megabytes, dan lain-lain), dan waktu diukur dalam detik. Jadi, bandwidth 60Mbps berarti bahwa 60 megabits informasi dapat ditransfer melalui server dalam rentang satu detik.

Jumlah bandwidth yang dibutuhkan situs web Anda akan bergantung pada jumlah trafik situs harian yang Anda harapkan untuk menerima serta pada taraf yang lebih rendah yakni dengan melihat jumlah konten yang ingin Anda host.

Mengapa Bandwidth Penting?

Bandwidth yang buruk memperlambat situs web Anda, terutama saat trafik situs padat. Lagi pula, tidak ada yang suka menunggu halaman dimuat.

Di sisi lain, bandwidth yang baik memungkinkan lebih banyak orang mengunjungi situs Anda sekaligus dan tetap menikmati pengalaman situs sebaik mungkin.

Apa Itu Unmetered Bandwidth?

Unmetered bandwidth adalah unlimited bandwidth yang diinginkan. Di sini, seperti namanya, jumlah transfer data tidak dipantau. Jadi, jika Anda memiliki paket bandwidth tidak terukur 50 Mbps maka kecepatan Anda dibatasi pada 50Mbps dan hanya itu.

Anda dapat mentransfer data pada 50 Mbps dan tidak ada batasan berapa banyak data yang Anda transfer. Itu tidak diukur. Ini seperti mendapatkan paket broadband tanpa batasan data. Jika Anda memilih paket 50 Mbps, Anda dapat menggunakannya sepanjang hari dan tidak ada biaya tambahan untuk itu.

Itu adalah inti dari rencana tak terukur (unmetered plan) – harga tetap sederhana untuk kecepatan tertentu. Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak data yang ditransfer oleh server Anda.

Jika perusahaan hosting menawarkan unmetered bandwidth berarti mereka menawarkan jumlah bandwidth yang ditetapkan (misalnya, 1Gbps) yang dapat Anda gunakan sebanyak yang Anda suka. Kecepatan server maksimum terbatas tetapi jumlah data yang dapat Anda transfer tidak.

Perbedaan antara unmetered bandwidth dan metered bandwidth mudah dilihat. Dengan hosting terukur, jumlah data yang Anda gunakan dipantau oleh tuan rumah dan Anda ditagih sesuai dengan jumlah itu setiap bulan (semakin banyak pengunjung situs yang Anda miliki, semakin banyak Anda akan ditagih).

Unmetered hosting tidak dimonitor (tidak ada batasan jumlah data yang dapat Anda transfer), hanya kecepatan di mana Anda dapat mentransfernya. Alih-alih ditagih untuk berapa banyak data yang Anda gunakan, Anda selalu ditagih satu tarif tetap yang dapat diprediksi.

Apa Itu Unlimited Bandwidth?

Banyak perusahaan hosting mengklaim menawarkan “unlimited” bandwidth dan terdengar seperti pilihan terbaik. Selain itu, kita semua menyukai hal-hal seperti unlimited streaming film dan unlimited food buffets jadi ketika ada tawaran unlimited bandwidth, Anda akan mengharapkan sesuatu yang tidak dibatasi.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang unlimited bandwidth adalah bahwa itu unlimited. Selalu ada faktor pembatas. Untuk satu, kecepatan pun terbatas. Jadi, Anda tidak mendapatkan kecepatan ‘unlimited’ – tidak ada hal seperti itu. Jadi, kecepatan terbatas pada paket apapun yang Anda pilih.

Bagian ‘unlimited’ adalah batas transfer atau setidaknya seharusnya begitu. Paket unlimited bandwidth adalah paket metered bandwidth dengan plafon lebih tinggi untuk jumlah data yang dapat Anda transfer.

Jadi, dengan koneksi terukur nih, jika Anda memiliki batas data 100 GB, unlimited bandwidth mungkin memiliki batas 500 GB. Hanya saja, perusahaan tidak repot-repot mengatakan itu dengan segera. Sebaliknya, mereka bertaruh pada fakta bahwa Anda tidak akan pernah menggunakan 500 GB, yang tentu saja, mungkin juga tidak demikian. Jadi, dengan paket unlimited bandwidth, silakan Anda selalu perhatikan baik-baik. Anda pasti akan menemukan batasan data yang sebenarnya di sana.

Faktor

Unmetered

Unlimited

Bandwidth tracking (Pelacakan Bandwidth)

Penggunaan bandwidth keseluruhan tidak dipantau sama sekali dan user hanya memiliki alokasi kecepatan bandwidth dasar.

Unlimited bandwidth secara teknis menyiratkan tidak ada batas atas penggunaan. Namun, penggunaannya masih dilacak.

Bagaimana jika Anda menghabiskan data yang dialokasikan?

Tidak ada batas atas (upper limit) sehingga tidak ada kemungkinan menghabiskan data.

Unlimited bandwidth adalah mitos semata dan umumnya memiliki plafon/batas (ceiling) yang tinggi. Jika Anda menghabiskannya, Anda harus membeli bandwidth tambahan.

Harga

Harga tetap hanya dikenakan untuk kecepatan, yang umumnya lebih tinggi dari metered bandwidth. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang data exhausting.

Seperti yang telah disebutkan, unlimited bandwidth tidak benar-benar unlimited. Anda dikenakan biaya untuk transfer data dengan plafon tinggi, yang lebih mahal daripada metered tetapi lebih murah daripada paket unmetered.

Siapa yang harus memilihnya?

Semua website yang data-heavy atau media-heavy atau high-traffic harus memilih unmetered bandwidth.

Selalu berhati-hati dalam membaca fine print dengan unlimited bandwidth untuk memahami batas paling atas. Website tingkat menengah yang membutuhkan bandwidth lebih tinggi dapat melakukannya.

Apakah Ini Permasalahannya?

Yang benar adalah tidak mungkin memiliki sepenuhnya”unlimited” bandwidth. Hal tersebut karena bandwidth adalah ukuran kecepatan. Kecepatan transfer data tidak dapat dibatasi (akan selalu ada yang maksimal). Dalam kebanyakan kasus, kata “unlimited” digunakan semata-mata sebagai perangkat pemasaran untuk membuat rencana hosting tampak lebih baik daripada yang sebenarnya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Unmetered Bandwidth?

Ada beberapa manfaat utama dari unmetered bandwidth, termasuk menjadi satu-satunya pengguna dari server Anda untuk sumber dayanya. Anda dan perusahaan Anda sendiri yang dapat mengontrol dan mengelola semua yang disimpan di server. Ini tentunya mengurangi downtime karena sistem tidak dibagikan. Hal ini juga berarti bahwa pengguna spesifik Anda yang mengakses informasi ini akan melakukannya dengan kecepatan penuh.

Unmetered bandwidth juga dapat membantu dalam poin keamanan. Perusahaan Anda akan dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke server karena dedicated server. Anda bahkan memiliki kendali atas alamat IP mana yang dapat diakses. Semua kontrol yang dapat disesuaikan ini tentu dapat meningkatkan keamanan.

Ada beberapa kelemahan dari unmetered bandwidth. Yang pertama adalah biaya. Seperti dedicated server, unmetered itu lebih mahal. Sebuah dedicated server biasanya digunakan oleh satu perusahaan untuk mengelola situs mereka. Mungkin ada biaya tambahan yang datang bersamaan dengan unmetered bandwidth dan dedicated server. Ini akan lebih mahal bagi pelanggan yang mencari unmetered bandwidth.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Unlimited Bandwidth?

Unlimited bandwidth juga disertai dengan pro dan kontra. Manfaat pertama dari unlimited bandwidth adalah akses tanpa adanya kerumitan ke server. Dikarenakan tidak ada batasan penggunaan bandwidth maka akses ke server menjadi lebih mudah. Ini tentunya bermanfaat jika perusahaan memiliki beberapa situs di bawah server yang sama.

Manfaat kedua dari unlimited bandwidth adalah kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs perusahaan Anda tentu akan memberi perusahaan lebih banyak kesempatan untuk menawarkan dan menjual barang atau jasanya. Tentu saja, ini tidak berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan tapi perusahaan memiliki lebih banyak peluang untuk hal ini bisa terjadi.

Unlimited bandwidth memang datang dengan beberapa kelemahan. Unlimited bandwidth biasanya dikaitkan dengan shared server, yang mana memiliki lebih banyak pengguna. Semakin banyak pengguna yang berada di sistem server maka bisa berarti kekurangan customer support. Jika ada masalah dengan salah satu server, mungkin saja ada antrian panjang untuk bantuan teknis.

Memiliki unlimited bandwidth mungkin juga membutuhkan beberapa biaya tambahan. Anda mungkin perlu membayar beberapa biaya tambahan untuk unlimited disk space, layanan domain, bandwidth hosting, dan database storage. Sekali lagi, mengetahui seluk beluk service agreement sangatlah penting.

bandwidth is important for business operations

Bahaya Unlimited Hosting

Penawaran unlimited hosting beberapa bisa menimbulkan kerugian untuk situs web atau aplikasi Anda. Hampir selalu ada catch hidden dalam fine print dan bisa sekecil pembatasan transfer data (berapa banyak konten yang dapat Anda tambahkan atau berapa banyak lalu lintas yang dapat Anda miliki pada satu waktu) atau sebesar host yang menghentikan situs web Anda untuk “penggunaan sumber daya yang berlebihan”. Jika mereka benar-benar “unlimited”, Anda dapat menggunakan sumber daya sebanyak yang Anda inginkan.

Namun, hal ini bukan untuk mengatakan bahwa kata “unlimited” itu sendiri selalu red flag. Meskipun Anda mungkin tidak dapat memiliki unlimited bandwidth, ada beberapa hal yang benar-benar tidak terbatas, termasuk hal-hal seperti jumlah trafik web yang dapat diterima situs Anda dan jumlah akun email yang dapat Anda buat.

Unmetered atau Unlimited?

Meskipun ada beberapa paket “unlimited” hosting yang sangat baik di luar sana, biasanya yang terbaik adalah menjalankan dengan paket unmetered hosting. Tetapi apapun jenis paket hosting yang akhirnya Anda pilih, penting untuk melakukan riset sebelumnya.

Ketika membahas ke bandwidth maka yang terbaik adalah berpikir realistis. Lebih baik meng-host situs web Anda dengan penyedia unmetered hosting yang transparan tentang apa yang mereka tawarkan daripada dengan rencana “unlimited” yang menyembunyikan fine print di balik bahasa pemasaran yang mencolok. Misalnya, paket JavaPipe unmetered VPS hosting mengungkapkan jumlah bandwidth yang tepat (1 atau 10Gbps), RAM, dan penyimpanan yang ditawarkan. Tidak ada tebakan, tidak ada kebingungan, dan tidak ada kejutan yang perlu dikhawatirkan nanti (hanya hosting yang cepat dan terjangkau di VPS yang aman).

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Selain itu, Jetorbit juga menyediakan VPS yang bisa Anda cek di sini.

Have a lovely day!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.4 / 5. Jumlah rate 15

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment