Perbedaan antara Unmetered dan Unlimited

Sharing is caring!

Sebelum Anda meluncurkan situs web baru, ada banyak keputusan yang harus Anda buat. Selain hal-hal seperti konten situs dan desain, Anda juga harus memilih jenis bandwidth yang Anda inginkan. Jadi sekarang keputusannya adalah antara bandwidth yang tidak diukur (unmetered) dan tidak terbatas (unlimited). Baca sampai selesai yuk artikel Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited.

Beberapa mengatakan bahwa diskusi unmetered vs unlimited tidak ada gunanya karena keduanya adalah hal yang sama.

Apakah benar-benar ada perbedaan antara bandwidth unlimited dan unmetered? Dan jika ada, mana yang lebih baik untuk situs web Anda, dan mengapa?

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah jumlah data (konten situs dan trafik pengunjung) yang dapat ditransfer server dalam jumlah waktu tertentu. Data diukur dalam bits dan byte (megabits, megabytes, dan lain-lain), dan waktu diukur dalam detik. Jadi, bandwidth 60Mbps berarti bahwa 60 megabits informasi dapat ditransfer melalui server dalam rentang satu detik.

Jumlah bandwidth yang dibutuhkan situs web Anda akan bergantung pada jumlah trafik situs harian yang Anda harapkan untuk menerima serta pada taraf yang lebih rendah yakni dengan melihat jumlah konten yang ingin Anda host.

Mengapa Bandwidth Penting?

Bandwidth yang buruk memperlambat situs web Anda, terutama saat trafik situs padat. Lagi pula, tidak ada yang suka menunggu halaman dimuat.

Di sisi lain, bandwidth yang baik memungkinkan lebih banyak orang mengunjungi situs Anda sekaligus dan tetap menikmati pengalaman situs sebaik mungkin.

Apa Itu Unmetered Bandwidth?

Jika perusahaan hosting menawarkan unmetered bandwidth berarti mereka menawarkan jumlah bandwidth yang ditetapkan (misalnya, 1Gbps) yang dapat Anda gunakan sebanyak yang Anda suka. Kecepatan server maksimum terbatas tetapi jumlah data yang dapat Anda transfer tidak.

Perbedaan antara unmetered bandwidth dan metered bandwidth mudah dilihat. Dengan hosting terukur, jumlah data yang Anda gunakan dipantau oleh tuan rumah dan Anda ditagih sesuai dengan jumlah itu setiap bulan (semakin banyak pengunjung situs yang Anda miliki, semakin banyak Anda akan ditagih).

Unmetered hosting tidak dimonitor (tidak ada batasan jumlah data yang dapat Anda transfer), hanya kecepatan di mana Anda dapat mentransfernya. Alih-alih ditagih untuk berapa banyak data yang Anda gunakan, Anda selalu ditagih satu tarif tetap yang dapat diprediksi.

Apa Itu Unlimited Bandwidth?

Banyak perusahaan hosting mengklaim menawarkan “unlimited” bandwidth dan terdengar seperti pilihan terbaik. Selain itu, kita semua menyukai hal-hal seperti unlimited streaming film dan unlimited food buffets jadi ketika ada tawaran unlimited bandwidth, Anda akan mengharapkan sesuatu yang tidak dibatasi.

Apakah Ini Permasalahannya?

Yang benar adalah tidak mungkin memiliki sepenuhnya”unlimited” bandwidth. Hal tersebut karena bandwidth adalah ukuran kecepatan. Kecepatan transfer data tidak dapat dibatasi (akan selalu ada yang maksimal). Dalam kebanyakan kasus, kata “unlimited” digunakan semata-mata sebagai perangkat pemasaran untuk membuat rencana hosting tampak lebih baik daripada yang sebenarnya.

Bahaya Unlimited Hosting

Penawaran unlimited hosting beberapa bisa menimbulkan kerugian untuk situs web atau aplikasi Anda. Hampir selalu ada catch hidden dalam fine print dan bisa sekecil pembatasan transfer data (berapa banyak konten yang dapat Anda tambahkan atau berapa banyak lalu lintas yang dapat Anda miliki pada satu waktu) atau sebesar host yang menghentikan situs web Anda untuk “penggunaan sumber daya yang berlebihan”. Jika mereka benar-benar “unlimited”, Anda dapat menggunakan sumber daya sebanyak yang Anda inginkan.

Namun, hal ini bukan untuk mengatakan bahwa kata “unlimited” itu sendiri selalu red flag. Meskipun Anda mungkin tidak dapat memiliki unlimited bandwidth, ada beberapa hal yang benar-benar tidak terbatas, termasuk hal-hal seperti jumlah trafik web yang dapat diterima situs Anda dan jumlah akun email yang dapat Anda buat.

Unmetered atau Unlimited?

Meskipun ada beberapa paket “unlimited” hosting yang sangat baik di luar sana, biasanya yang terbaik adalah menjalankan dengan paket unmetered hosting. Tetapi apapun jenis paket hosting yang akhirnya Anda pilih, penting untuk melakukan riset sebelumnya.

Ketika membahas ke bandwidth maka yang terbaik adalah berpikir realistis. Lebih baik meng-host situs web Anda dengan penyedia unmetered hosting yang transparan tentang apa yang mereka tawarkan daripada dengan rencana “unlimited” yang menyembunyikan fine print di balik bahasa pemasaran yang mencolok. Misalnya, paket JavaPipe unmetered VPS hosting mengungkapkan jumlah bandwidth yang tepat (1 atau 10Gbps), RAM, dan penyimpanan yang ditawarkan. Tidak ada tebakan, tidak ada kebingungan, dan tidak ada kejutan yang perlu dikhawatirkan nanti (hanya hosting yang cepat dan terjangkau di VPS yang aman).

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited
Artikel
Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebelum Anda meluncurkan situs web baru, ada banyak keputusan yang harus Anda buat. Baca yuk artikel Perbedaan Antara Unmetered dan Unlimited.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment