Perbedaan Antara Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Sharing is caring!

Dalam komputasi, ada dua jenis prosesor yaitu, 32-bit dan 64-bit. Prosesor ini memberi tahu kita  terkait berapa banyak memori yang dapat diakses prosesor dari register CPU. Yuk baca sampai selesai Perbedaan Antara Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit

Perbedaan OS 32-bit dan 64-bit

Sebagian besar komputer yang dibuat pada 1990-an dan awal 2000-an adalah mesin 32-bit. Register CPU menyimpan alamat memori, yang merupakan cara prosesor mengakses data dari RAM. Satu bit dalam register dapat merujuk pada masing-masing byte dalam memori sehingga sistem 32-bit dapat menangani maksimum 4 GB (4.294.967.296 byte) RAM.

Batas aktual seringkali kurang dari 3,5 GB karena sebagian register digunakan untuk menyimpan nilai sementara lainnya (selain alamat memori). Sebagian besar komputer yang dirilis selama dua dekade terakhir dibangun pada arsitektur 32-bit karenanya sebagian besar sistem operasi dirancang untuk berjalan pada prosesor 32-bit.

Sebuah register 64-bit secara teoritis dapat mereferensikan 18.446.744.073.709.551.616 byte atau 17.179.869.184 GB (16 exabytes) memori. Ini beberapa juta kali lebih banyak dari yang perlu diakses oleh workstation rata-rata.

Hal yang penting adalah komputer 64-bit (yang artinya memiliki prosesor 64-bit) dapat mengakses lebih dari 4 GB RAM. Jika komputer memiliki 8 GB RAM, lebih baik memiliki prosesor 64-bit. Jika tidak, setidaknya 4 GB memori tidak dapat diakses oleh CPU.

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah perhitungan perdetik yang dapat mereka lakukan, yang mempengaruhi kecepatan di mana mereka dapat menyelesaikan tugas. Prosesor 64-bit dapat datang dalam versi dual core, quad core, enam core, dan delapan core untuk komputasi rumah.

Multiple core memungkinkan peningkatan jumlah perhitungan perdetik yang dapat dilakukan, yang dapat meningkatkan daya pemrosesan dan membantu membuat komputer berjalan lebih cepat.

Keuntungan 64-bit Dibanding 32-bit

  • Menggunakan 64-bit satu dapat melakukan banyak hal di multi-tasking, pengguna dapat dengan mudah beralih di antara berbagai aplikasi tanpa masalah windows hanging.
  • Gamer dapat dengan mudah memainkan game-game grafis tinggi, seperti Modern Warfare, GTA V, atau menggunakan software kelas atas, seperti Photoshop atau CAD yang membutuhkan banyak memori. Tentunya karena hal ini membuat multi-tasking dengan software besar menjadi mudah dan efisien bagi pengguna. Namun meningkatkan video card daripada mendapatkan prosesor 64-bit, akan lebih bermanfaat.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Antara Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit
Artikel
Perbedaan Antara Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Dalam komputasi, ada dua jenis prosesor yaitu, 32-bit dan 64-bit. Yuk baca sampai selesai Perbedaan Antara Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment