Apa Itu Open Source?

Sharing is caring!

Sebagian besar software yang Anda beli atau unduh hanya datang dalam versi kompilasi yang siap dijalankan. Ingin tahu lebih detail? Yuk baca Apa Itu Open Source?

Dikompilasi berarti kode program aktual yang dibuat pengembang, yang dikenal sebagai source code, telah dijalankan melalui program khusus yang disebut kompiler yang menerjemahkan kode sumber ke dalam bentuk yang dapat dipahami oleh computer.

Sangat sulit untuk memodifikasi versi yang dikompilasi dari sebagian besar aplikasi dan hampir tidak mungkin untuk melihat secara persis bagaimana pengembang membuat bagian-bagian berbeda dari program.

Sebagian besar produsen software komersial melihat ini sebagai keuntungan, yang membuat perusahaan lain tidak menyalin kode mereka dan menggunakannya dalam produk yang bersaing.

Pengertian Open Source

Open source software berada di ujung spektrum. Kode sumber disertakan dengan versi yang dikompilasi dan modifikasi atau penyesuaian sebenarnya didukung. Pengembang software yang mendukung konsep open source percaya bahwa dengan mengizinkan siapa saja yang tertarik untuk memodifikasi kode sumber maka aplikasi akan lebih bermanfaat dan bebas kesalahan dalam jangka panjang.

Untuk dianggap sebagai open source software oleh industri pengembangan software, kriteria berikut ini harus dipenuhi:

  • Program ini harus didistribusikan secara bebas.
  • Source code harus disertakan.
  • Siapapun harus diizinkan mengubah source code.
  • Versi yang dimodifikasi dapat didistribusikan kembali.
  • Lisensi tidak boleh mensyaratkan pengucilan software lain atau mengganggu pengoperasian software lain.

Masalah umum bagi pengguna akhir yang ingin menggunakan open source software adalah kurangnya jaminan dan dukungan teknis. Karena lisensi software mendorong modifikasi dan penyesuaian, hampir tidak mungkin untuk didukung.

Itulah sebabnya mengapa Red Hat Software, yang didirikan pada tahun 1994, menciptakan “Official Red Hat Linux” dan dapat menjual software yang biasanya “gratis” ini. Nilai utama yang ditambahkan Red Hat ke paket adalah jaminan dan dukungan teknis.

Selain Linux, Mozilla, Apache (Web server), PERL (bahasa scripting Web), dan PNG adalah semua contoh software yang sangat populer yang didasarkan pada open source.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Open Source?
Artikel
Apa Itu Open Source?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebagian besar software yang dibeli atau diunduh datang dalam versi kompilasi yang siap dijalankan. Ingin tahu lebih detail? Yuk baca Apa Itu Open Source?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment