Perangkat Keras Komputer Dan Fungsi Lengkapnya

Sharing is caring!

Bagi Anda yang sudah familiar dengan perangkat keras komputer, tentunya Anda tahu apa itu perangkat keras komputer dan apa saja fungsi dari setiap perangkat keras komputer tersebut.

Namun jika Anda masih kurang familiar maka Anda bisa membaca lebih detailnya di artikel ini.

Apa Itu Perangkat Keras Komputer?

Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware merupakan seluruh perangkat komputer yang dapat dilihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistim komputer.

Pada umumnya terdapat 3 bagian utama dalam perangkat keras komputer yaitu bagian perangkat input, proses, dan perangkat output. Apabila salah satu bagian tersebut menemui kendala maka tentunya akan mempengaruhi kinerja komputer.

Perangkat Input (Input Device)

Contoh berbagai perangkat input komputer dapat dijelaskan di bawah ini:

  1. Keyboard             

Keyboard merupakan perangkat input komputer yang memberikan perintah masukan. Caranya dengan mengetikkan tombol apapun dari keyboard maka komputer akan membaca dan menyimpan perintah yang diketikkan.

  1. Mouse

Mouse mengarahkan kemanapun sesuai dengan keinginan pengguna. Selain berfungsi sebagai penunjuk atau pointer, mouse juga berfungsi untuk melakukan klik, double klik, dan scrool.

Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras komputer, mouse juga mengalami beberapa perubahan baik dari segi desain dan bentuk. Sebagai contoh pada laptop masa kini mouse konvensional telah bisa digantikan dengan adanya touchpad.

  1. Joystick

Joystick berfungsi untuk memberikan perintah masukan pada komputer.

  1. Scanner

Scanner biasanya di gunakan untuk menyalin atau mengcopy sebuah dokumen, seperti KTP atau dokumen penting lainnya, baik itu berupa text ataupun gambar. Hasil dari scan tersebut akan dimasukkan ke dalam komputer yang selanjutnya bisa dicetak oleh pengguna.

  1. Microfon

Microfon sering digunakan untuk merekam suara yang sinyal audionya kemudian akan ditangkap oleh perangkat microfon dan dikirimkan ke komputer sebagai perintah masukan. Microfon juga digunakan pada saat pengguna melakukan teleconference.

  1. Webcam

Webcam sering digunakan pada saat pengguna komputer melakukan video call.

 

Perangkat Proses (Process Device)

  1. RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komuter. Jadi saat Anda memberikan perintah masukan pada komputer maka memori RAM akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan dikirimkan ke processor untuk dieksekusi.

  1. Processor

Processor atau CPU (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang didapatkan lalu diberikan oleh memori RAM komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah.

  1. Motherboard

Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan, dan perangkat lainnya.

  1. Kartu Grafis

Kartu grafis merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah sinyal video agar menghasilkan akselerasi yan cepat dan tampilan yang tajam, halus dan cantik.

Penggunaan kartu grafis sudah merupakan hal yang wajib ada khususnya jika pengguna adalah orang yang senang memainkan game atau berprofesi sebagai desain grafis.

  1. Hardisk

Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Selain menyimpan data pengguna secara permanen, hardisk juga digunakan untuk menyimpan dan menjalankan file sistim operasi komputer baik itu windows, unix ataupun linux.

  1. Power supply

Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.

 

Perangkat Output (Output Device)

  1. Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar pada pengguna. Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras, screen atau monitor komputer juga mengalami beberapa perubahan.

Jika dahulu monitor masih dengan tipe tabung yang ukurannya besar dan konsumsi dayanya tinggi maka untuk saat ini monitor komputer sudah tersedia dengan banyak desain mulai dari tampilan yang begitu tipis, layar dengan model LED dan tampilan gambar yang lebih jelas, nyaman untuk dilihat dan lebih hemat daya.

  1. Printer

Printer merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk mencetak hasil atau output.

  1. Speaker

Speaker merupakan perangkat keras yang bertugas untuk mengolah sinyal audio sehingga suara yang dihasilkan komputer bisa didengarkan oleh pengguna. Speaker sendiri ada yang sudah disatukan dengan komputer, seperti laptop dan gadget lainnya.

 

Selanjutnya, tidak ada salahnya Anda mengetahui virus-virus berbahaya bagi komputer Anda yang bisa Anda baca di https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/ .

Lalu bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perangkat Keras Komputer Dan Fungsi Lengkapnya
Artikel
Perangkat Keras Komputer Dan Fungsi Lengkapnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi Anda yang sudah familiar dengan perangkat keras komputer, tentunya Anda tahu apa itu perangkat keras komputer dan apa saja fungsi dari setiap perangkat
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment