Kita kadang kala merasa panik sendiri ketika hal ini terjadi. Ternyata banyak faktor yang mempengaruhi mengapa server Anda down. Dalam hal ini, banyak kita temukan server yang tidak dapat diakses sebagaimana mestinya. Selain itu, server down biasanya terjadi pada website yang aksesnya sangat lama. Baca sampai selesai ya terkait Penyebab Mengapa Server Bisa Down

Website, server, dan data center meski menjamin memberikan layanan terbaik 24 jam seminggu namun masih memiliki celah untuk mengalami kegagalan sistem.

Sebenarnya apa saja penyebab layanan website atau server tersebut bisa down? Sebagai pemilik layanan website, tentu saja kita harus tahu agar dapat melakukan pencegahaan saat hal ini terjadi.

Beberapa kemungkinan server mengalami down:

  • Kualitas Hosting Kurang Baik 

Salah satu penyebab website down adalah layanan hosting Anda kurang memberikan performa yang optimal. Server harus mampu bekerja secara nonstop agar website bisa selalu online 24 jam. Namun, kadang muncul kendala yang menjadi penyebab server website down. Bisa jadi karena kualitas servernya, teknologi yang digunakan, hingga perawatan yang kurang maksimal

Idealnya, sebuah penyedia layanan hosting mampu memberikan jaminan uptime hingga 99% dan Jetorbit adalah salah satunya. 

  • Traffic membludak (Viral Effect)

Konten yang Anda sajikan di website sedang viral? Maka wajar menyebabkan down website yang sedang diakses kebanjiran banyak pengunjung. Solusinya adalah menaikkan kapasistas dari web hosting Anda. Anda dapat terlebih dahulu bertanya kepada penyedia layanan hosting untuk memberikan solusi tepat hosting spesial untuk website Anda.

  • DNS bermasalah

DNS yang bermasalah juga dapat menjadi penyebabnya. Coba pastikan lagi apakah hosting Anda terpasang DNS dengan benar. Apabila DNS bermasalah maka server tidak dapat ditemukan atau tidak terintegrasi dengan benar yang akhirnya menyebabkan tidak dapat diakses sama sekali.

  • IP Akses terblokir

Terlalu banyak mengakses server dapat disangka melakukan DDOS sehingga IP Anda terblokir oleh firewall server yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi server Anda. Sistem ini biasanya bekerja secara otomatis yang mana jika sistem mendeteksi aktivitas yang mencurigakan maka akan terblokir secara otomatis. Apabila terjadi hal ini maka Anda dapat bertanya kepada penyedia layanan agar IP computer Anda tidak diblokir.

  • Data Center yang down

Banyak proses yang terjadi pada server yang tidak Anda ketahui. Dalam proses inilah seringkali mempengaruhi kinerja server meskipun pihak pengelola telah membuat schedule backup pada waktu tertentu. Tetap saja dapat membuat server down. Apalagi jika ada kesalahan teknis pada data center.

  • Hacker Attack

Serangan dari hacker sangat sering terjadi pada sistem yang memiliki celah keamanan. Hal ini bisa disebabkan oleh kelalaian Anda untuk password atau lupa me-log out aplikasi atau website yang Anda akses. Pastikan Anda menghapus history dan cache ketika login system website di public space.

  • Power Outage

Power outage atau pemadaman listrik mendadak menjadi kondisi sangat berbahaya bagi infrarastruktur TI. Power outage bisa terjadi pada sebuah data center maupun lokasi pada jaringan internet. Power outage bisa menjadi alasan mengapa layanan tidak dapat diakses untuk sementara waktu.

  • Natural Disaster

Natural disaster atau sebuah bencana merupakan sesuatu yang terjadi tanpa bisa prediksi sebelumnya, seperti gempa, tsunami, longsor, dan lain-lain. Ketidakmampuan untuk memprediksi terjadinya natural disaster inilah maka menyiapkan perencanaan recovery menjadi hal terbaik yang dapat dilakukan. Perencanaan recovery bencana ini biasa disebut dengan Disaster Recovery Plan (DRP) bagi sebuah penyedia layanan. Adanya perencanaan DRP yang tepat inilah kerugian dari matinya layanan dapat diminimalisir bahkan dihindari.

  • Plugin atau Aplikasi Bajakan

Anda jangan pernah sembarangan dalam menginstal aplikasi yang belum memiliki kejelasan ke dalam hosting atau website Anda. Hal ini akan mempengaruhi kinerja hosting lainnya sehingga penyedia layanan harus menutup akses hosting yang bermasalah tersebut.

  • Kelemahan Sistem/Single Point Of Failure (SPOF)

Single point of failure (SPOF) adalah satu titik kelemahan dari sebuah sistem.  Apabila ada titik kelemahan akan terjadi failed, error atau gagal berjalan maka yang akan terjadi seluruh sistem tersebut akan berhenti berfungsi. Cara menghilangkan SPOF ini dapat dilakukan dengan merancang desain perencanaan yang baik. Selanjutnya adalah perencanaan pemilihan hardware, software serta monitoring, dan kontrol yang disiplin pada sistem yang berjalan.

  • Maintenance Server

Maintenance server merupakan kegiatan rutin penyedia layanan hosting dalam upaya pemeliharaan server. Maintenance bisa berupa update fitur hingga peralatan (hardware) atau pengecekan rutin lainnya. 

Proses maintenance tentu membuat akses website menjadi terkendala bahkan kadang tidak dapat diakses sama sekali untuk waktu tertentu. Namun, untungnya sebagian besar maintenance dilakukan di luar jam sibuk.

  • Kesalahan Coding 

Kesalahan dalam coding bisa jadi merupakan salah satu penyebab website down. Bisa jadi ada typo atau simbol yang kurang lengkap. Meskipun penyebabnya cukup sepele tapi kesalahan coding ini dapat mengacaukan website Anda secara keseluruhan. 

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengetahui kode mana yang error. Jika terjadi di WordPress, biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi Syntax Error. Anda juga akan mendapatkan informasi file beserta baris kode yang error. Silakan segera perbaiki file yang error tersebut jika Anda memang memiliki kemampuan teknis yang cukup.

Beberapa hal di atas adalah kemungkinan-kemungkinan yang terjadi apabila sebuah server down. Semoga hal-hal tersebut menjadikan Anda lebih bijak dalam memilih penyedia layanan juga membuat perencanaan sistem yang baik dan stabil. Jika Anda tidak memiliki kemampuan khusus untuk memperbaiki server yang sedang down, Anda bisa menghubungi CS penyedia layanan hosting Anda agar segera dicek dan diperbaiki.Semoga selalu sukses dan tetap semangat

 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

5 responses to “Penyebab Mengapa Server Bisa Down”

  1. […] Informasi di link berikut dapat menambah referensi Anda terkait penyebab server bisa down sehingga Anda segera tahu bagaimana cara mengatasinya : https://www.jetorbit.com/blog/penyebab-mengapa-server-bisa-down/ […]

  2. […] Bagaimana jika saat Anda upload video lalu tetiba server down? Anda pasti menjadi gusar. Berikut ini kami sampaikan terkait penyebab server bisa down sehingga Anda akan mendapatkan gambaran terkait solusinya https://www.jetorbit.com/blog/penyebab-mengapa-server-bisa-down/ […]

  3. […] Jika Anda mengalami loading lama karena server down, Anda perlu ketahui penyebabnya agar Anda pun paham harus melakukan apa untuk mengatasinya. Langsung saja klik  https://www.jetorbit.com/blog/penyebab-mengapa-server-bisa-down/ […]

  4. […] Informasi di link berikut dapat menambah referensi Anda terkait penyebab server bisa down sehingga Anda segera tahu bagaimana cara mengatasinya : https://www.jetorbit.com/blog/penyebab-mengapa-server-bisa-down/ […]

    1. silvia Avatar

      terima kasih sudah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment