pengertian-target-pasar

Sebagai pelaku bisnis, pasti menginginkan bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat dan memberikan banyak keuntungan finansial. Nah, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat dan efektif, seperti menentukan target pasar. Okay, yuk baca sampai selesai Pengertian Target Pasar, Manfaat, Strategi, dan Contohnya

Pengertian Target Pasar

Target pasar adalah sekumpulan konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Menentukan target pasar memiliki tujuan untuk mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri-ciri tertentu yang hampir sama.

Sebelumnya, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses memecah kelompok heterogen dari calon konsumen menjadi kelompok homogen atau lebih kecil. Segmentasi harus dilakukan sebelum menentukan target pasar.

Hal Penting Tentang Segmentasi Pasar

Beberapa hal penting tentang segmentasi pasar yang perlu diketahui:

Ukuran Segmen

Perusahaan besar cenderung memilih segmen pasar yang besar. Begitu juga sebaliknya, perusahaan kecil pun akan memilih segmen pasar yang lebih kecil.  Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan target perusahaan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pertumbuhan Segmen

Segmen pasar bersifat dinamis sehingga sangat memungkinkan untuk berubah-ubah. Menganalisis pertumbuhan segmen harus dilakukan sebelum menentukan target pasar. 

Posisi Persaingan

Segmen pasar yang dipilih harus memiliki potensi besar untuk mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, misal memilih segmen pasar dengan jumlah pesaing sedikit. Jumlah pesaing yang sedikit akan menguntungkan posisi perusahaan dalam memperoleh laba tentunya.

Analisis Situasi

Perusahaan harus melakukan analisis situasi secara cermat sebelum menentukan target pasar. Analisis tersebut berhubungan dengan konsumen, pemasok, serta distributor dan dapat menggunakan model SWOT.

Biaya Mencapai Segmen

Perusahaan perlu mempertimbangkan pengeluaran biaya untuk mencapai segmen pasar yang ditargetkan. Apabila biaya yang harus dikeluarkan terlalu tinggi maka sebaiknya jangan jadikan segmen pasar tersebut sebagai pilihan. 

Kesesuaian Tujuan

Setelah segmen pasar ditentukan, sebaiknya perusahaan tetap fokus pada segmen tersebut. Usahakan perusahaan tidak beralih ke segmen pasar yang tidak direncanakan sebelumnya karena risiko kerugian cukup besar.

Pelaksanaan

Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan target pasar. Untuk melakukannya tentu diperlukan proses yang urut dan sistematis, yakni sebagai berikut:

  1. Mengembangkan acuan pemasaran untuk menentukan segmen pasar yang telah ditarget.
  2. Memilih segmen pasar serta target perusahaan.
  3. Mengembangkan produk yang sesuai segmen pasar.
  4. Mengembangkan profil segmen pasar yang akan dihasilkan.
  5. Menambah kriteria segmen pasar apabila diperlukan.
  6. Melakukan identifikasi segmentasi pasar yang sudah ada.

Manfaat Target Pasar

Berikut ini beberapa manfaat dari target pasar:

  1. Meningkatkan penjualan.
  2. Mengelola keuangan secara tepat sasaran.
  3. Mengantisipasi persaingan dengan baik.
  4. Memudahkan dalam mempersiapkan konten promosi.
  5. Membangun komunikasi dengan pelanggan.
  6. Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.
  7. Mengatur produk sehingga lebih sesuai dengan target pasar.
  8. Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar yang ada.
  9. Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran

Strategi Target Pasar

Mari ketahui bersama terkait strategi target pasar:

Mass Marketing

Mass marketing merupakan upaya untuk menjual produk ke semua orang. Strategi ini memang tidak menerapkan segmentasi khusus untuk konsumen karena produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang, contoh shampoo.

Differentiated Marketing

Jika produk kalian sudah mulai ditujukan ke pengguna khusus maka kalian mesti mulai menggunakan differentiated marketing

Strategi ini mengharuskan kalian untuk menciptakan produk yang berbeda untuk target pasar yang berbeda, contohnya shampoo dewasa dan shampoo bayi.

Target pasar pada differentiated marketing sering ditentukan oleh faktor-faktor demografis.

Niche Marketing

Niche marketing adalah strategi target pasar yang lebih sempit karena terkait dengan karakteristik konsumen yang khusus, contoh penjualan pasta gigi untuk gigi sensitif. 

Meskipun memiliki pasar yang relatif kecil tapi tak jarang niche marketing memungkinkan kalian meraih penetrasi pasar yang lebih baik. 

Micro Marketing

Micro marketing menyasar pada target pasar yang lebih kecil. Strategi ini bisa diterapkan jika produk yang dihasilkan memiliki keterbatasan dari sisi lokasi, waktu atau jenis barangnya.

Contoh produk yang bisa menerapkan micro marketing adalah hotel, restoran, souvenir, dan lain-lain.

Contoh Target Pasar

Jika kalian seorang pengusaha di bidang krim untuk memperlambat penuaan dini maka contoh target pasar yang bisa kalian terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Produk yang dijual: krim anti aging yang dijual secara online.
  2. Target lokasi: kota-kota di Indonesia yang dapat dijangkau oleh kurir maksimal 4 hari kerja.
  3. Target demografi: perempuan dengan rentang usia 20-50 tahun.
  4. Karakter psikologis: terbiasa beraktivitas dengan lingkungan yang sering terpapar sinar matahari sehingga butuh perlindungan dari UVA dan UVB; terbiasa dengan internet dan media sosial; mengutamakan produk dari bahan-bahan yang aman, alami, halal.

Okay, Guys, jadi mengetahui target pasar memang sangatlah penting, baik bagi kalian yang baru saja memulai bisnis maupun yang ingin meningkatkan penjualan produk. Keberhasilan dalam menentukan target pasar dengan benar akan bisa membantu bisnis kalian berkembang dengan baik. 

Good luck and have a good day


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment