Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Sharing is caring!

Promosi adalah salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi. Umumnya, istilah promosi adalah digunakan dalam aktivitas pemasaran, meski terkadang dipakai juga dalam dunia pekerjaan. Lalu, apa itu promosi? Tanpa berbasa basi lagi, tentu kalian sudah penasaran dengan apa itu promosi, kan? Mari gali lebih dalam yuk tentang Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Apa Itu Promosi?

Promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi dan mempengaruhi orang agar bersedia membeli produk.

Jadi, maksud promosi adalah memasarkan produk ke sebanyak mungkin orang agar mereka tahu tentang produk apa yang ditawarkan dan manfaat apa yang akan mereka dapatkan.

Promosi memang bisa dilakukan lewat berbagai cara. Bisa dengan membuat konten visual di majalah atau di baliho, atau konten audio visual berupa iklan di radio dan televisi.

Yang paling menarik, kini banyak media yang bisa digunakan untuk mendukung sebuah upaya promosi yang efektif, mulai dari menggunakan sosial media, seperti Instagram, Facebook, YouTube hingga memanfaatkan website dan blog. 

Semua upaya untuk melakukan promosi secara online dikenal dengan digital marketing

Menjual produk melalui digital marketing cukup potensial. Sebab, ketika menjalankan promosi secara digital, kalian:

  • Mudah menjangkau target pasar yang lebih luas bahkan hingga ke miliaran pengguna internet di seluruh dunia.
  • Lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi dua arah dengan audiens.
  • Bebas menentukan waktu dan durasi pelaksanaan program pemasaran.

Tujuan Promosi 

Dalam melakukan promosi, para pemilik produk atau jasa biasanya melakukan promosi dengan sebuah tujuan tertentu. Adapun beberapa tujuan promosi adalah sebagai berikut:

1. Menarik perhatian pembeli

Tujuan promosi adalah untuk mengubah sudut pandang dan tingkah laku pembeli terhadap suatu barang atau jasa. Harapannya, setelah melihat promosi dari sebuah produk, pelanggan yang semula tidak tertarik untuk membeli barang atau menggunakan jasa menjadi tertarik dan ingin membeli produk atau menggunakan jasa.

2. Branding

Tujuan kedua promosi adalah untuk branding sebuah produk atau perusahaan. Artinya, promosi dilakukan dengan tujuan membentuk citra atau kesan produk atau jasa di benak pelanggan sesuai dengan yang diharapkan oleh pelaku usaha atau pemiliki brand tersebut. 

Demi melakukan branding atau mengenalkan brand kepada pelanggan, penjual harus menggunakan promosi yang menarik dan beda dari yang lain agar dapat memberi kesan kepada calon pelanggan.

3. Agar bersaing dengan kompetitor

Persaingan dengan kompetitor merupakan tujuan promosi yang paling sering digunakan oleh berbagai macam usaha. Promosi sangat mampu digunakan untuk menjaga angka pemasukan tetap stabil meski memiliki banyak pesaing dari sebuah bisnis. Promosi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa hingga bisa menarik minat pembeli.

4. Untuk meningkatkan keuntungan

Tujuan promosi selanjutnya adalah utamanya untuk mendapatkan keuntungan maksimal atau meningkatkan keuntungan. Apabila pelaku usaha ingin mendapatkan peningkatan keuntungan, tujuan promosi sebelumnya harus sudah tercapai. Mulai dari mengubah sudut pandang, membentuk citra sebuah usaha atau branding hingga mempertahankan pemasukan agar tetap stabil.

Keberhasilan dari proses promosi tersebut secara signifikan akan membuat keuntungan menjadi meningkat. Hal itu membuktikan bahwa sebuah usaha tersebut telah mampu bersaing dengan kompetitor.

5. Mendapatkan calon pelanggan baru

Tujuan promosi lainnya adalah untuk memperoleh pelanggan baru. Dengan begitu, tujuan promosi dapat terwujud dengan menjaga pelanggan untuk tetap percaya dengan produk atau jasa tetapi juga mendapatkan pelanggan baru.

6. Menyebarkan informasi

Keenam, tujuan promosi adalah untuk menyebarkan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa. Informasi yang bisa di bagian seperti penawaran dengan harga atau bonus yang menarik. Bisa disimpulkan bahwa tujuan promosi adalah agar pelaku dapat meningkatkan angka pada usahanya dengan melakukan penjualan. Sehingga dari kegiatan promosi, pelaku usaha mendapatkan keuntungan maksimal.

Fungsi Promosi

Promosi adalah termasuk sebagai salah satu langkah dalam membangun bisnis. Agar dapat melakukan optimalisasi program promosi yang sedang dijalankan maupun yang akan segera dijalankan, pelaku bisnis wajib memahami apa fungsi promosi.

Ada beberapa fungsi promosi yang akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.

Adapun lima fungsi promosi adalah sebagai berikut:

  • Mengenalkan informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan. 
  • Mengajak calon pelanggan yang potensial. 
  • Menjaga citra dan kesan bisnis yang dibangun agar tetap relevan. 
  • Melakukan peningkatan nilai pada bisnis yang sedang dijalankan.
  • Menjadi solusi dalam upaya untuk mempermudah proses bisnis lainnya.

Jenis-Jenis Promosi

Adapun berbagai jenis promosi yang dapat dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau barang tertentu. Berikut 3 jenis promosi yang sering kali dilakukan oleh seseorang atau sebuah perusahaan:

1. Physical promotions

Physical promotions atau biasa disebut promosi fisik, biasa dilakukan pada acara atau sebuah kegiatan tertentu, contohnya seperti pameran, konser, event tertentu, dan sebagainya. Kegiatan promosi ini biasanya penjual membuka booth untuk menawarkan produk yang ingin dipasarkannya.

Kelebihan dari promosi ini adalah memungkinkan sebuah pengusaha untuk menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen atau target pasar yang dituju.

Sedangkan kekurangan dari promosi ini adalah jumlah target pasar atau konsumen yang ditawarkan terbatas.

Kegiatan ini biasanya dilakukan atau diadakan di lokasi-lokasi tertentu, seperti perkantoran, lingkungan perkuliahan atau sekolahan, mall, dan lain-lain.

2. Promotion through traditional media

Promotion through traditional media adalah jenis promosi yang masih sangat efektif dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Promosi melalui media cetak, televisi, banner, baliho, dan lain-lain.

Jenis promosi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan physical promotions atau promosi fisik, yaitu dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu yang lama.

Namun, jenis promosi yang satu ini memiliki kekurangan, yaitu tingginya biaya promosi, baik dari segi media maupun biaya, serta kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

3. Promotion through digital media

Jika dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan media telah mengubah cara promosi di era digital saat ini. Promosi melalui digital kerap dilakukan melalui media sosial, jaringan website, search engine, dan sebagainya.

Saat ini perusahaan lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet atau digital media. Selain harganya yang lebih murah, promosi ini juga dapat menjangkau banyak orang. Proses promosi ini juga dinilai lebih mudah dan cepat, apalagi saat ini semua orang dapat mengakses internet dengan mudah.

Promosi ini juga memiliki keunggulan yang dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Namun, kekurangan promosi digital ini adalah perlunya kreativitas dalam berpromosi secara terus menerus karena banyaknya kompetitor yang melakukan promosi ini juga. Dengan kata lain, promosi ini dapat berhasil jika memiliki keunikan, kreativitas, dan tepat sasaran.

Contoh Promosi

Contoh promosi yang sering digunakan:

1. Coupons

pengertian promosi 1

Coupons atau kupon adalah promosi paling sederhana yang dapat dilakukan pengusaha dalam menjual produknya. Misalnya, jika kalian membeli makanan di toko X, setiap pembelian makanan kalian akan mendapatkan sebuah kupon dan jika dikumpulkan kalian akan mendapatkan makanan gratis.

2. Flash sale

Jika kalian menyukai sebuah bisnis yang tidak dapat menawarkan fleksibilitas dalam penetapan harga, flash sale sangat cocok untuk kalian. Mereka menciptakan rasa urgensi bagi pelanggan untuk membeli sekarang. Misalnya, seperti brand A menjual produk dengan harga biasa namun mereka menurunkan harga dan melakukan flash sale hanya untuk malam ini. Maka secara tidak langsung, kalian akan mendapatkan perasaan terburu-buru untuk membeli karena tidak akan ada lagi untuk besok. 

pengertian promosi 2

Kalian dapat mengatur flash sale setiap bulan atau setiap tahunnya. Kalian dapat menyiarkan flash sale pada sosial media sehingga kalian akan mendapatkan banyak pelanggan yang berpartisipasi dalam flash sale kalian.

3. Buy one get one free

pengertian promosi 3

Jika kalian memiliki produk baru atau produk yang harus dihabiskan segera, ini adalah bentuk promosi yang paling cocok. Kata gratis sendiri yang akan berbicara dan memikat hati para pelanggan. Contohnya, jika sebuah restoran melakukan promosi beli satu gratis satu, ini menggabungkan promosi tersebut dengan batas waktu tertentu. Sebuah restoran akan memiliki traffic penjualan yang tenang dalam waktu tertentu.

4. First order discount

Jika kalian ingin mendapatkan pelanggan yang setia atau memiliki first impression yang baik tentang perusahaan atau bisnis kalian, diskon pada pembelian pertama ini adalah promosi yang harus dilakukan.

Kalian dapat melakukan diskon seperti ini sepanjang tahun karena sistem promosi yang satu ini akan memastikan pelanggan baru mendapatkan pengalaman yang positif. Tak peduli berapa harga produk kalian, diskon pada pembelian pertama ini akan menarik pelanggan untuk mencoba produk yang dijual.

5. Loyalty program

Loyalty program atau program loyalitas adalah cara promosi mutakhir yang dapat dilakukan untuk menarik hati pelanggan. Pasalnya, 75% konsumen mengatakan bahwa mereka menyukai perusahaan yang menawarkan penghargaan.

Program loyalitas yang efektif adalah investasi cerdas dan hadiah yang terus diberikan. Kalian dapat membuat program VIP yang diaktifkan jika pelanggan atau konsumen telah mencapai jumlah poin tertentu berdasarkan seberapa sering atau seberapa banyak mereka membeli sebuah produk. Program ini memastikan bahwa pelanggan akan terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak poin untuk memenangkan atau mendapatkan hadiah.

Demikianlah penjelasan mengenai promosi. Sekarang kalian sudah tahu kan promosi apa yang paling cocok untuk diterapkan dalam bisnis kalian? Dapat disimpulkan bahwa promosi yang baik adalah promosi yang bisa mendapatkan hati pelanggan. Perlu digarisbawahi juga bahwa setiap bisnis tentu berbeda, begitu pula dengan audiensnya.

Nah, saat melakukan promosi nih, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Artikel
Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian penasaran dengan apa itu promosi, kan? Mari gali lebih dalam yuk tentang Promosi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like