perbedaan SEO dan SEM dalam digital marketing

Hai, Orbiters! Semoga selalu sehat dan rejeki kalian lancar, ya. Oia, kalian sudah paham tentunya bahwa mengoptimalkan website dan konten kalian dengan mempertimbangkan beberapa faktor dapat membantu peringkat halaman website kalian lebih tinggi dalam hasil pencarian. Nah, strategi SEM yang dibangun dengan baik juga dapat meningkatkan SEO website kalian dengan menarik traffic berkualitas tinggi. Tanpa berlama-lama, langsung simak saja yuk Perbedaan SEO dan SEM dalam Digital Marketing, Seberapa Pentingkah?

Pengertian SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya adalah proses meningkatkan web kalian untuk meningkatkan visibilitasnya ketika orang mencari produk atau layanan yang berkaitan dengan bisnis kalian di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. 

Semakin baik visibilitas halaman kalian dalam hasil pencarian maka semakin besar kemungkinan kalian untuk menarik perhatian dan menarik calon pelanggan serta pelanggan yang sudah ada ke bisnis kalian.

Mengapa SEO Penting untuk Marketing?

SEO adalah bagian mendasar dari digital marketing karena kita ketahui bersama bahwa orang melakukan triliunan pencarian setiap tahun, seringkali dengan tujuan komersial untuk menemukan informasi tentang produk atau suatu layanan suatu bisnis. Pencarian seringkali menjadi sumber utama traffic digital untuk brand dan melengkapi channel marketing lainnya. Nah, visibilitas yang lebih besar dan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada pesaing kalian dapat berdampak ke keuntungan bisnis kalian.

Singkatnya, SEO merupakan dasar dari ekosistem digital marketing. Ketika kalian memahami apa yang diinginkan pengunjung website kalian nih, selanjutnya kalian dapat mengaplikasikan pengetahuan itu di seluruh campaign kalian (berbayar dan organik), di seluruh website kalian, di seluruh properti media sosial kalian, dan banyak lagi.

Bagaimana SEO Bekerja?

Search engines seperti Google dan Bing menggunakan bot untuk merayapi halaman di web, pergi dari situs ke situs, mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam indeks. Okay, silakan kalian berpikir bahwa indeks itu seperti perpustakaan raksasa yang mana pustakawan dapat menarik buku (atau halaman web) untuk membantu kalian menemukan apa yang kalian cari saat itu.

Selanjutnya, algoritma akan menganalisis halaman website dalam indeks dengan mempertimbangkan ratusan faktor peringkat atau sinyal untuk menentukan urutan halaman yang akan muncul dalam hasil penelusuran untuk kueri tertentu. Nah, meneruskan pikiran kalian tadi tentang perpustakaan, misal dengan analogi perpustakaan, pustakawan telah membaca setiap buku di perpustakaan dan dapat memberitahu kalian dengan tepat mana yang akan memiliki jawaban atas pertanyaan kalian.

Faktor keberhasilan SEO dapat dianggap sebagai proxy untuk aspek customer experience. Begitulah cara bot pencarian memperkirakan dengan tepat seberapa baik website atau web page dapat memberikan apa yang mereka cari kepada pencari.

Tak seperti search engine ads, kalian tidak dapat membayar mesin pencari untuk mendapatkan peringkat pencarian organik yang lebih tinggi, yang berarti pakar SEO harus bekerja.

Pengertian SEM?

Search Engine Marketing adalah praktik marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul di Search Engine Results Pages (SERP). Pengiklan menawar keyword yang mungkin dimasukkan oleh pengguna layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu, yang memberi pengiklan peluang agar iklan mereka muncul di halaman utama untuk kueri penelusuran tersebut.

Iklan ini sering dikenal dengan istilah Pay-Per-Click ads, yang biasa ada dalam berbagai format. Beberapa iklan kecil, iklan berbasis teks, sedangkan yang lain, seperti product listing ads (PLA yang juga dikenal sebagai iklan Belanja) lebih visual, iklan berbasis produk yang memungkinkan konsumen untuk melihat informasi penting secara sekilas, seperti harga dan ulasan.

Perlu kalian ketahui bahwa cara ampuh dari search engine marketing adalah menawarkan suatu peluang kepada pengiklan untuk menyampaikan iklan mereka ke pelanggan. Nah, pelanggan di sini adalah pelanggan yang termotivasi, yang memang siap membeli pada waktu yang tepat. Dengan cara ampuh itulah, search engine marketing terbilang sangat efektif dan ini merupakan cara luar biasa untuk mengembangkan bisnis kalian.

Mengapa SEM Penting Digunakan?

Perlu kalian ketahui beberapa alasan penting terkait pentingnya SEM:

Meningkatkan Brand Awareness

Meski SEM sering dianggap sebagai channel marketing terbawah, SEM juga dapat mendukung brand awareness. Menurut Google, search ads dapat meningkatkan brand awareness hingga 80%.

Fokus Pada Conversion

SEM adalah pendorong konversi untuk campaign marketing jenis apapun. Alasannya adalah karena iklan berbayar biasanya ditautkan ke landing page yang berfokus pada konversi atau sales pages yang memindahkan web traffic melalui sales funnel.

Hasil organik biasanya tidak ditautkan ke landing page tapi paid ads langsung di-direct ke landing pages. Nah, dengan pemikiran ini, SEO dapat mendukung brand awareness dan aktivitas pada top of funnel. Sedangkan iklan berbayar benar-benar dapat berfokus pada sasaran tertentu dan end of funnel conversions.

Hasil yang Cepat

SEO dan bentuk marketing online lainnya cenderung menjadi strategi “long games” yang menghasilkan web traffic dalam jangka waktu yang lama (6+ bulan) sedangkan SEM berpotensi memberikan hasil langsung.

Ads biasanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibuat. Meskipun ada proses persetujuan yang harus dilalui semua ads sebelum muncul di SERP, waktu rata-rata antara pembuatan dan peluncuran ads adalah sekitar satu hari kerja. Setelah itu, kalian dapat duduk santai dan menonton klik yang masuk.

Membawa Lebih Banyak Qualified Leads

Salah satu manfaat terbesar dari search ads adalah kemampuan untuk mendatangkan traffic yang tepat. Kalian tak selalu dapat mengontrol siapa yang melihat hasil organic search kalian tetapi dengan SEM, kalian dapat membuat audiens khusus yang kemungkinan besar akan melihat dan terlibat dengan iklan kalian lebih besar daripada search rata-rata.

PPC search ads memungkinkan kalian untuk menargetkan demografi tertentu serta pengunjung di titik mana pun di sales funnel, yang berarti traffic yang kalian terima dari iklan berbayar lebih cenderung memenuhi syarat daripada traffic yang dihasilkan dari SEO organik.

Membantu Memahami Search Intent

SEM juga membantu kalian untuk menganalisis traffic dan menemukan search intent. Dari analisis data dari PPC search campaign, kalian dapat melihat pattern search audiens kalian, dengan ads kalian dapat mengidentifikasi siapa yang melakukan klik, siapa yang berhasil terkonversi, dan sebagainya.

Bagaimana SEM Bekerja?

SEO dan SEM harus menjadi bagian mendasar dari strategi online marketing karena algoritma yang menggerakkan search engine terus bertumbuh dengan canggihnya dari hari ke hari. Hal tersebut berarti strategi paid search advertising yang dipikirkan dengan matang telah menjadi kebutuhan mutlak jika kalian ingin memastikan peringkat tinggi dalam pencarian yang relevan dengan bisnis kalian.

Tools seperti Advertising Research dapat membantu kalian untuk memantau ads copy dan landing page pesaing, yang memungkinkan kalian memperoleh insight tentang cara mengoptimalkan campaign kalian sendiri serta apa yang dapat dilakukan untuk mengalahkan pesaing kalian.

Dalam search engine marketing, advertiser membayar impression yang menghasilkan visitor makanya dinamakan pay-per-click. Search engine marketing bertujuan untuk menjangkau pengguna saat mereka paling membutuhkan informasi yang ditawarkan, yang mana membuat iklan PPC idealnya tak terlalu mengganggu.

Okay, bisa disimpulkan bahwa algoritma penelusuran dirancang untuk memunculkan laman yang relevan dan otoritatif serta memberikan pengalaman penelusuran yang efisien kepada pengguna. Nah, strategi SEM dapat meningkatkan SEO website dengan menarik traffic berkualitas tinggi. Poin ini membuktikan kepada search engine seperti Google bahwa website kalian merupakan sumber resmi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peringkat kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Silakan sampaikan insight atau saran atau pengalaman kalian terkait SEO dan SEM dalam digital marketing di kolom komentar 🙂


Oia, kalian jangan lupa ya untuk melakukan optimasi performa website. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.



Stay safe and keep healthy 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment