pengertian mac address

Ada yang masih asing dengan istilah MAC address? Eitss, ini merek laptop lho, ya. Lah, trus apa dong kalau bukan merek laptop? Tak usah lama-lama, langsung simak sampai kelar yuk Pengertian MAC Address, Fungsi, dan Cara Cek MAC Address 

Apa Itu MAC Address

MAC Address adalah kependekan dari Media Access Control Address. Alamat ini berfungsi sebagai identitas setiap perangkat yang bersifat unik sehingga satu alamat hanya dimiliki oleh satu perangkat saja.

Produsen berbagai perangkat biasanya menggunakan prinsip EUI (Extended Unique Identifiers) dalam pembuatan produknya. Memiliki panjang 48 bit dan tersusun dari 12 bilangan heksadesimal.

Nah, untuk 6 digit pertamanya itu biasanya menandakan pabrik pembuatan kartu jaringannya. Contoh, alamat MAC-nya adalah 01-26-56-65-6D-ab.

Lalu, perangkat apa saja sih yang memiliki alamat MAC? Ada beberapa perangkat, seperti router, komputer, laptop, handphone, modem, dan banyak perangkat lainnya.

Wait, kalau begitu perbedaan alamat MAC dengan alamat IP itu apa? Apakah keduanya sama? Keduanya merupakan hal yang berbeda namun saling berkaitan. Apa yang membedakan?

  • Alamat IP bisa diganti sesuai dengan kebutuhan penggunanya namun MAC Address bersifat mutlak dan tidak bisa diganti karena sudah teridentifikasi pada ROM.
  • Alamat IP berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah jaringan, sedangkan fungsi MAC address adalah sebagai nomor unik agar perangkat tersebut bisa terhubung ke internet.

Yuk kita analogikan!

Jadi, alamat MAC ini ibarat nomor mesin dari kendaraan yang bersifat unik dan hanya dimiliki oleh satu kendaraan saja. Jika ingin mengontrol WiFi di rumah maka bisa memanfaatkan alamat MAC. Caranya? Kalian harus mengetahui alamat dari setiap perangkat yang kalian miliki.

Fungsi MAC Address

Fungsi utama MAC Address adalah sebagai identitas agar perangkat tersebut bisa saling berkomunikasi dan saling terhubung. Eitss, ada fungsi lainnya, loh. Simak yuk.!

1. Sebagai filtering 

Alamat MAC bisa digunakan sebagai filtering jika menggunakan WiFi di rumah. Kok bisa? Kalian bisa mengatur router untuk menerima beberapa perangkat saja yang terhubung. Sehingga, tidak ada yang bisa curi WiFi di rumah kalian! Meskipun mengetahui password WiFi kalian namun perangkat tersebut tidak bisa terhubung karena sudah dibatasi oleh router.

2. Mencari dan melihat lokasi secara geografis

Perlu kalian ingat ya bahwa alamat MAC ini tidak boleh diberikan kepada siapapun secara sembarangan. Hanya pihak berwajib yang memang bertanggung jawab seperti kepolisian yang bisa mengetahuinya. Nah, pihak berwajib inilah yang biasanya memanfaatkan alamat ini untuk melakukan pelacakan lokasi geografis dari sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan.

Cara Cek MAC Address

Masih ingat kan bahwa setiap perangkat memiliki alamat yang berbeda. Nah tentu cara cek MAC Address untuk setiap perangkat juga berbeda, biasanya bergantung pada sistem operasi yang digunakan. Berikut ini cara cek MAC Address sesuai dengan sistem operasinya.

Cara Cek Mac Address pada Windows

Kalian bisa menggunnakan CMD (Command Prompt) dan juga pada menu Network Settings.

Menggunakan CMD

  1. Jika menggunakan CMD maka hal pertama yaitu membukanya dengan klik tombol Windows + R dan ketikkan CMD lalu klik enter.
  2. Lalu silakan ketikkan perintah ​​getmac, klik enter maka akan muncul beberapa informasi termasuk alamat MAC.

Melalui Menu Network Settings

  1. Klik Start dan ketikkan Control Panel.
  2. Jika sudah terbuka maka pada bagian bawah menu Network and Internet terdapat submenu View network status and tasks dan klik submenu tersebut.
  3. Pada menu bagian kiri pilih menu Change Adapter Settings dan klik kanan pada menu tersebut.
  4. Pilih salah satu pengaturan jaringan lalu klik kanan dan pilih menu Status.
  5. Jika sudah muncul maka klik tombol Details maka akan muncul detail informasi dan alamat MAC berada pada Physical Address.

Cara Cek Mac Address pada MAC OS

Trus, bagaimana cara cek MAC Address pada pengguna MAC OS? 

  1. Klik logo Apple pada pojok kiri atas.
  2. Pilih menu System Preferences.
  3. Jika sudah terbuka lalu pilih Network.
  4. Klik Advanced pada tombol bagian kanan bawah.
  5. Lalu pilih pada tab WiFi dan akan terlihat pada bagian Wi-Fi MAC Address.

Cara Cek Mac Address pada Linux

  1. Buka terminal pada komputer kalian atau bisa dengan cara CTRL + ALT + T.
  2. Saat terminal sudah terbuka maka ketikkan ifconfig. Perintah ifconfig digunakan untuk melihat beberapa informasi mulai dari alamat IP, alamat MAC, dan banyak lagi.
  3. Jika hanya ingin melihat informasi yang lebih spesifik seperti melihat informasi waln0 maka menggunakan perintah ifconfig wlan0.
  4. Selain itu, kalian juga bisa melihat dan melakukan perubahan pada alamat MAC atau biasa disebut dengan fake MAC Address dengan menggunakan tool yang bernama Macchanger. Untuk mengeceknya maka silakan menggunakan perintah macchanger -s wlan0.

Cara Cek Mac Address pada Android

Selain di laptop atau komputer, ternyata juga bisa cek pada handphone android milik kalian, loh.

  1. Pilih dan buka pada menu Pengaturan.
  2. Pilih Tentang Ponsel
  3. Akan terlihat pada Alamat MAC WiFi.
  4. Jika kalian pengguna android terbaru maka kalian juga bisa melihatnya pada menu Status (IMEI & IP).

Cara Cek Mac Address pada iOS

Oia, kalian juga bisa cek alamat tersebut pada perangkat iOS kalian dengan cara:

  1. Pilih menu Settings dan buka General.
  2. Di sana akan melihat beberapa informasi yang tertera dan alamat MAC ini berada pada daftar WiFi Address.

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa MAC Address adalah identitas unik dari sebuah perangkat dan memiliki fungsi utama agar perangkat tersebut bisa terhubung ke internet.

Untuk mengetahui alamat MAC dari perangkat maka silakan bisa mengikuti caranya untuk cek MAC Address melalui Windows, Mac OS, Android, hingga iOS.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment