Pengertian Javascript Dan Kegunaannya

Sharing is caring!

Bagi pemula mungkin mereka hanya tahu namanya namun tidak tahu kegunaannya untuk apa. Silakan Anda baca pengertian Javascript dan kegunaannya di bawah ini dan mungkin Anda bisa mempraktekan dalam pemrograman web Anda.

Pengertian Javascript

Javascipt adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Pada umumnya Javascipt digunakan pada web browser untuk menciptakan halaman web yang menarik, interaktif serta merapkan berbagai fungsi pada halaman web. Javascript adalah salah satu pemrograman web yang harus kita pelajari selain HTML dan CSS.

Kegunaan JavaScript

Kegunaan utama JavaScript adalah untuk menuliskan fungsi yang disisipkan ke dalam HTML, baik disisipkan secara langsung maupun diletakan ke dalam file teks dan di link dari dokumen HTML. Secara fungsional, JavaScript dipakai untuk menyediakan akses script pada objek yang dibenamkan (embedded).

Contoh penggunaan JavaScript, yaitu merubah image kursor ketika melewati objek tertentu, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Javascript

Berikut ini beberapa kelebihan Javascript:

  • Mudah Dipelajari

JavaScript adalah bahasa semi pemrograman yang merupakan gabungan antara bahasa pemrograman Java dengan HTML sehingga disebut bahasa hybrid.

  • Terbuka

Karena bersifat terbuka, maka JavaScript bisa dibuat maupun di baca oleh semua jenis komputer.

  • Ukuran File Kecil

Script dari JavaScript memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga membuat web yang memiliki JavaScript ditampilkan di browser maka akses tampilannya akan lebih cepat.

  • Cepat

Hal tersebut dikarenakan diletakkan di dalam HTML dan langsung dicoba di web browser.

Berikut ini beberapa kekurangan Javascript:

  • Masalah Keamanan

Potongan JavaScript, setelah ditambahkan ke dalam halaman web mengeksekusi pada server klien dengan segera, karena itu juga dapat digunakan untuk mengeksploitasi sistem pengguna. Sementara pembatasan yang ditetapkan oleh standar web modern pada browser, kode yang berbahaya masih bisa dijalankan sesuai dengan batasan yang ditetapkan.

  • Kemampuan Terbatas

Walaupun JavaScript mampu membuat tampilan web menjadi interaktif dan dinamis namun JavaScript tidak mampu membuat program aplikasi sendiri seperti Java.

  • Keterbatasan Objek

JavaScript tidak dapat membuat kelas yang bisa menampung objek-objek tambahan seperti Java karena JavaScript sendiri sudah memiliki objek yang built-in pada struktur bahasanya.

Bagi kalian yang ingin tahu terkait web server, boleh lho klik link berikut agar tambah pintar https://www.jetorbit.com/blog/pengertian-web-server-dan-fungsinya/ .

Apakah Anda telah memiliki website untuk kepentingan personal? Jika belum, kami punya solusi untuk Anda. Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Javascript Dan Kegunaannya
Artikel
Pengertian Javascript Dan Kegunaannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Silakan Anda baca pengertian Javascript dan kegunaannya di artikel ini dan mungkin Anda bisa mempraktekan dalam pemrograman web Anda.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Pengertian Javascript Dan Kegunaannya”

Leave a Comment