pengertian-hardware

Banyak informasi lainnya yang bisa kalian ketahui mengenai hardware secara luas. Oke, baca yuk Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, dan Contoh Hardware selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Hardware

Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengan kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunaanya atau yang sering disebut dengan brainware (baca: Pengertian Brainware). Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Fungsi Hardware

Secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, di antaranya:

Menerima Input

Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

Mengolah Data atau Informasi

Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.

Memberikan Output

Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.

Menyimpan Data atau Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer namun ada juga yang dipasang di luar.

Jenis-jenis Hardware Beserta Contohnya

Di bawah ini beberapa hardware yang dibedakan menurut fungsi atau kegunaannya tersebut:

Perangkat input

Salah satu jenis hardware yang berguna untuk memasukkan informasi maupun data, baik dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan lain-lain ke dalam sebuah komputer. Berikut ini beberapa contoh hardware tersebut:

Mouse

Merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada di layar komputer. Selain itu, dengan menggunakan mouse, user juga akan lebih mudah dalam memilih menu apa saja yang diinginkan pada komputer.

Keyboard

Jenis hardware yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam memasukkan angka, simbol, dan huruf-huruf ke dalam komputer.

Scanner

Berguna mengubah dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Jenis hardware yang satu ini umumnya sangat penting untuk digunakan. 

Perangkat output

Merupakan jenis hardware yang berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan. Data ataupun informasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Contohnya adalah monitor, proyektor, printer.

Monitor

Merupakan komponen yang perlu dimiliki oleh setiap perusahaan dalam melakukan berbagai pekerjaan. Umumnya pekerjaan tersebut berhubungan dengan dokumen maupun data.

Printer

Salah satu jenis perangkat keras yang dapat Anda gunakan dalam mencetak segala macam keperluan dokumen yang diinginkan.

Proyektor LCD

Perangkat keras yang berguna untuk memudahkan Anda dalam menampilkan video maupun gambar ke layar LCD dari komputer. Hal ini berarti, saat menggunakan proyektor LCD, Anda bisa menampilkan suatu presentasi dengan lebih jelas.

Perangkat proses

Jenis perangkat keras yang satu ini dapat berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer. Process device tersebut, seperti CPU, RAM, VGA, dan sebagainya.

CPU

Merupakan perangkat yang berguna dalam mengatur seluruh proses kerja yang ada pada komputer. Baik itu dari instruksi, pengelolahan, sampai menghasilkan output yang diinginkan.

VGA

Perangkat yang berfungsi mengolah maupun memproses data grafis sehingga hasilnya nanti dapat Anda tampilkan pada layar monitor komputer.

RAM

Merupakan jenis perangkat keras yang dapat menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

Perangkat untuk menyimpan

Storage device atau yang lebih dikenal sebagai perangkat untuk menyimpan merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data komputer. Contohnya seperti di bawah ini:

Hard disk

Merupakan perangkat yang berfungsi dalam menyimpan informasi maupun data dalam komputer dengan kapasitas yang cukup besar. Perangkat ini memiliki bentuk seperti portable.

Flash disk

Merupakan alat penyimpan data dari komputer yang memiliki konektor berupa USB. Flash disk ini sendiri bisa Anda pakai untuk memindahkan sebuah data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Optical Disk

Merupakan media penyimpanan data yang bisa dibaca maupun ditulis oleh cahaya laser. Umumnya optical disk disini berupa CD/Compact Disk atau DVD/Digital Versatile Disc.

Perangkat tambahan

Perangkat tambahan berguna dalam membantu komputer menjalankan perintah user. Perangkat ini umumnya disebut dengan istilah periferal yang berguna dalam menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Salah satu contohnya adalah modem, yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sinyal analog menjadi sinyal digital.

Keberadaan hardware tentu sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari kita. Nah, jangan lupa juga ya untuk merawat semua perangkat tersebut dengan baik 🙂

Staf safe and keep healthy

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment