Pengertian Email Marketing dan Keuntungan Email Marketing

Pengertian Email Marketing dan Keuntungan Email Marketing

Salah satu alasan kenapa email marketing tetap esensial adalah karena tidak semua orang menggunakan media sosial. Ya memang sih, tak dapat dipungkiri bahwa media sosial sat ini menjadi salah satu channel yang penting dalam perjalanan suatu bisnis. Jadi, meski ada yang tidak memiliki media sosial, ada kemungkinan besar tetap punya email yang mereka gunakan untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan. Okay, tanpa berlama-lama, simak yuk Pengertian Email Marketing dan Keuntungan Email Marketing

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah salah satu metode online marketing yang dilakukan dengan cara mengirimkan email ke konsumen atau calon konsumen. Tujuannya bervariasi, mulai dari mengedukasi calon konsumen, melakukan branding, hingga meningkatkan penjualan.

Cara kerja email marketing pun cukup sederhana. Pebisnis bisa mendapatkan email calon konsumen dengan memberikan penawaran menarik seperti ebook gratis, daftar webinar gratis, atau hak menggunakan free trial dalam jangka waktu tertentu.

Setelah mendapatkan alamat email calon konsumen, pebisnis bisa mengirimkan email-email menarik yang sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Sehingga, pada akhirnya calon konsumen bisa tertarik untuk mengenal bisnisnya lebih jauh dan melakukan pembelian.

Tahukah kalian bahwa strategi pemasaran melalui email pertama kali diciptakan pada 1978 lalu? Di masa awal, strategi ini sudah mampu menghasilkan pemasukan sebesar 13 juta dolar bagi pebisnis. Ini merupakan hasil yang sangat fantastis.

Keuntungan dari Menggunakan Email Marketing

Yuk simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai keuntungan menggunakan strategi pemasaran melalui email.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap mengirimkan email komersial kepada pelanggan, kesadaran mereka terhadap brand, produk, serta layanan juga akan semakin meningkat. Secara tidak langsung, hal ini juga bisa membantu untuk menjaga nama perusahaan atau brand supaya tetap atau mudah diingat.

Nantinya, brand kalian akan tetap menjadi pilihan utama ketika pelanggan atau calon pelanggan membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Oia, kalian juga harus tahu nih bahwa selain brand awareness, kepercayaan dan loyalitas pelanggan juga akan meningkat dengan menerapkan strategi email marketing. Nah, untuk mencapai tujuan yang satu ini, sebaiknya jangan mengirimkan pesan berupa penawaran produk dan sejenisnya melulu, ya.

Silakan jadwalkan juga pengiriman konten yang lain, seperti buletin. Pilih konten yang mungkin disukai oleh pelanggan atau calon pelanggan. Email sejenis ini akan membantu mereka juga loh dalam proses lebih mengenal dan mempercayai bisnis kalian.

3. Mudah Digunakan

Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan dalam penggunaannya. Kok bisa? Ya tentu bisa karena sekarang kan sudah banyak sekali perusahaan software dan penyedia jasa digital marketing yang siap membantu. Benar, kan?

Harga untuk layanan ini juga relatif terjangkau. Kalian hanya perlu mempersiapkan konten yang ingin dikirim serta daftar alamat email penerima.

4. Bisa Menyesuaikan Segmentasi Pasar

FYI, kalian juga bisa menyesuaikan segmentasi pasar sebelum mengirimkan email berisi pesan komersial. Jadi, pelanggan dapat diklasifikasikan berdasarkan perilaku, minat, serta demografi. Jika sudah memiliki data segmentasi seperti ini, kalian hanya perlu memilih akan mengirimkan email ke kelompok yang mana. 

Pemilihan segmentasi seperti ini sebenarnya memudahkan untuk menentukan jenis konten yang akan dikirimkan. Selain itu, memilih segmentasi pasar juga meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang satu ini.

5. Mudah Diukur

Keuntungan lain adalah kemudahan dalam mengukurnya. Sebab, akan ada laporan yang tersedia untuk setiap email yang sudah dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Laporan tersebut berisi angka rasio buka email, rasio klik dan penayangan, rasio email tidak terkirim, serta rasio konversinya. Data-data yang diberikan dalam laporan tersebut merupakan tolok ukur untuk mengetahui keberhasilan strategi marketing.

Oia, data tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai acuan dalam evaluasi, ya. Jadi, silakan kalian lakukan perbaikan supaya hasilnya lebih maksimal di masa mendatang.

Strategi Email Marketing

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, perlu menerapkan strategi yang tepat juga, ya. Simak yuk langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kenali kebiasaan calon pelanggan lebih dulu. Anyway, poin ini tidak hanya berlaku di marketing melalui email ya, berlaku juga untuk semua jenis marketing. 
  • Lakukan pencarian data bisnis yang sejenis dengan kalian juga deh, terkait berapa banyak pendapatan yang dihasilkan melalui marketing via email. Setelah itu, tetapkan target untuk bisnis kalian sendiri.
  • Jika sudah memiliki data pelanggan atau calon pelanggan, silakan pisahkan dalam beberapa kelompok. Bisa memilahnya berdasarkan lokasi, usia, dan minat.
  • Tentukan jenis campaign yang ingin dibagikan. Ingat ya, jadwal pengiriman juga perlu ditentukan dengan hati-hati.
  • Jika sudah mengirimkan email pemasaran, silakan lakukan evaluasi dan ukur bagaimana hasilnya.

Yuk Manfaatkan Email Marketing untuk Mensukseskan Bisnis Kalian!

Apapun model bisnis yang kalian tekuni, kalian bisa menggunakan email untuk membangun hubungan dengan calon konsumen hingga meningkatkan penjualan.

Jangan lupa untuk mempraktikkan strategi yang telah dijelaskan di atas supaya hasilnya maksimal, ya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like