Pengertian dan Fungsi Localhost

Sharing is caring!

Sebagian orang mungkin merasa asing mendengar istilah Localhost. Namun bagi Anda yang sudah terjun ke dunia web developer, istilah Localhost sangatlah familiar. Adanya teknologi Localhost dapat memberikan kemudahan bagi para pengembang web untuk menguji web yang telah dirancang. Berikut akan kami ulas terkait pengertian dan fungsi Localhost.

Localhost adalah …..
Definisi localhost itu sendiri adalah nama default yang digunakan untuk menjadikan komputer Anda sebagai server lokal.
Localhost membantu para web developer untuk merancang web yang bersifat dinamis yang mana web tersebut dilengkapi dengan database MySQL. Web developer akan menguji file yang menjadi komponen dalam web terlebih dahulu di localhost sebelum mereka melakukan kegiatan hosting di web server.
Untuk menjadikan komputer Anda dapat melakukan fungsi dari localhost maka Anda harus menginstal software yang mendukung localhost, seperti WAMP dan XAMPP.

Fungsi Localhost
Umumnya localhost digunakan untuk membuat komputer Anda sebagai server lokal. Hal ini dilakukan agar bisa mengakses database dengan phpmyadmin. Selain itu, Anda bisa leluasa menjalankan web dengan bahasa pemrograman, seperti CSS, HTML, PHP atau Javascript.
Localhost juga memungkinkan Anda untuk mengakses WordPress bahkan saat offline sekalipun tanpa terhubung dengan jaringan internet.
Dengan localhost, jalur data yang dilalui pun akan sangat cepat. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan perubahan script dan menyimpannya kembali di server lokal Anda.

Keuntungan Menggunakan Localhost
Keuntungannya adalah sebagai sarana latihan yang mana dengan adanya web server sendiri, Anda bisa berlatih bagaimana menjalankan WordPress. Selain itu, Anda juga dilatih untuk mengubah tampilan dan sebagainya. Localhost termasuk offline sehingga tidak perlu akses internet sehingga cukup menghemat uang.

Tips Memilih Localhost
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Localhost sendiri. Syarat tersebut berhubungan dengan software. Syarat utama memiliki localhost adalah memiliki PHP, mysql, Apache

Itulah sekilas penjelasan terkait pengertian Localhost. Semoga bermanfaat dan silakan dishare ke kawan-kawan ya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait Apache, klik saja langsung ke https://www.jetorbit.com/blog/apa-itu-apache-kelebihan-dan-kekurangannya/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.
Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian dan Fungsi Localhost
Artikel
Pengertian dan Fungsi Localhost
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Teknologi Localhost dapat memberikan kemudahan bagi para pengembang web untuk menguji web. Berikut kami ulas terkait pengertian dan fungsi Localhost
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment