pengertian conference

Siapa yang pernah ikut conference? Biasanya, semasa sekolah dan kuliah, ada praktik riil terkait conference bahkan pada masa kuliah, ada beberapa event yang di dalamnya berupa conference atau konferensi. Kalian sudah pahamkah, sebenarnya conference itu apa? Bagi yang belum paham, simak saja yuk Pengertian Conference, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Conference

Conference diterjemahkan dengan konferensi atau konperensi dalam Bahasa Indonesia yang mengandung pengertian yang sama. 

Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan, terutama mengenai bentuk-bentuk tata, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara para penguasa pemerintah atau perjanjian internasional mengenai topik tawanan perang dan sebagainya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, konferensi artinya rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Dikuti dari Evenues, konferensi umumnya dipahami sebagai pertemuan beberapa orang untuk membahas topik tertentu.

Konferensi adalah pertemuan untuk bertukar pendapat atau berunding mengenai suatu permasalahan secara bersama-sama atau musyawarah.

Tujuan Conference

Dalam sebuah konferensi, ide-ide inovatif dan informasi baru dipertukarkan di antara para anggota konferensi. Tujuan dari adanya konferensi, yaitu:

  1. Tujuan akademik, konferensi yang mempertemukan ilmuwan atau akademisi untuk memberikan hasil penelitian.
  2. Tujuan bisnis, diadakan untuk orang-orang yang bekerja di perusahaan dan mendiskusikan tren serta peluang baru yang berkaitan dengan bisnis.
  3. Tujuan perdagangan, mempertemukan masyarakat dengan vendor dan menjalin koneksi baru.

Kebanyakan konferensi memiliki satu atau lebih pembicara utama yang akan menyampaikan informasi atau pidato utama. Pembicara yang dipilih biasanya adalah tokoh-tokoh terkemuka di bidang terkait dan kehadiran pembicara tersebut dapat menarik lebih banyak orang untuk menghadiri konferensi tersebut.

Jenis Conference

Dalam buku Manajemen Event (2020) oleh Sa’diyah, terdapat tiga jenis konferensi, yaitu:

Konferensi Pers

Konferensi pers adalah kegiatan konferensi yang mengundang jurnalis berdialog. Tujuan dari konferensi tersebut diharapkan bisa dipublikasikan di media oleh jurnalis.

Jadi, konferensi pers merupakan pertemuan para jurnalis untuk mengumpulkan informasi mengenai beberapa topik yang menjadi bahan diskusi mendalam. Konferensi pers biasanya terjadi secara tiba-tiba atau mendadak dan di tempat improvisasi.

Nah, konferensi pers biasanya berlangsung sebelum atau sesudah acara penting. Biasanya dalam acara penting akan banyak sekali tokoh penting, seperti menteri yang bisa dijadikan narasumber.

Konferensi Kasus

Konferensi kasus yaitu kegiatan yang saling melengkapi atau mendukung dalam konseling serta bimbingan untuk membahas masalah seseorang atau konsultasi pertemuan. Ada pihak yang memberikan kemudahan, informasi, dan komitmen untuk menyelesaikan masalah seseorang. Konferensi kasus sangat penting ketika ada masalah rumit dan perlu melibatkan pihak lain.

Konferensi Video

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini cukup pesat dan membantu mengubah proses penyediaan informasi yang berbeda. Saat ini, konferensi juga bisa dilakukan secara video atau ditransmisikan secara visual. Dalam konferensi ini, peserta dari berbeda lokasi dapat mengikuti konferensi atau rapat bersama.

Konsep konferensi video ini sama dengan percakapan yang berlangsung antara dua orang atau lebih di sebuah runagan besar meski berada di lokasi yang berbeda.  

Okay, jadi itulah penjelasan mengenai pengertian conference, tujuan serta jenisnya. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkan!

Oia, ada kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment